Tips Memilih Susu Formula Bayi Sesuai Manfaatnya

Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi susu setiap hari. Susu dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya termasuk nutrisi. Ada berbagai jenis susu yang dapat dikonsumsi manusia, salah satunya termasuk susu formula bayi.

Manfaat Susu Bagi Bayi

Susu formula bayi merupakan jenis susu yang dapat dikonsumsi bayi yang berusia antara 0 hingga 12 bulan. Walaupun susu tersebut tersedia khusus bayi yang berada pada usia tersebut, bayi yang baru lahir perlu mengkonsumsi ASI (air susu ibu) terlebih dahulu.

Setiap bayi membutuhkan ASI sebelum dapat mengkonsumsi susu formula bayi, karena hal tersebut dapat membantu pertumbuhan bayi pada masa awal. ASI juga dapat memberikan bayi nutrisi berupa protein, vitamin, dan lemak. ASI merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan agar tubuh bayi terlindung dari virus dan bakteri.

Selain itu, bayi yang mengkonsumsi ASI selama enam bulan pertama, tanpa mengkonsumsi susu formula bayi, akan memiliki risiko yang rendah terhadap gangguan berikut:

  • Alergi.
  • Asma.
  • Diare.
  • Infeksi pada bagian telinga.
  • Penyakit pernafasan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI selama periode tersebut akan memiliki skor IQ yang lebih tinggi pada masa awal pembelajaran. Tidak hanya itu, penelitian yang telah dilakukan juga mengungkapkan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI akan memiliki risiko yang rendah terhadap obesitas, diabetes, dan penyakit kanker tertentu, walaupun membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Walaupun ASI dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh bayi, tidak semua ibu dapat menyediakan bayi kebutuhan yang cukup melalui cara tersebut. Oleh karena itu, jika Anda merupakan seorang ibu yang baru memiliki bayi, namun tidak memiliki jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi melalui ASI, Anda dapat menggunakan produk susu formula bayi.

Pilihan Susu Formula Bayi

Ada berbagai pilihan susu formula bayi yang dapat Anda coba. Jika Anda bingung untuk memilih susu yang mana untuk bayi Anda, berikut adalah pilihan yang dapat dikonsumsi:

  • Enfamil A+ 1

Enfamil A+1 adalah susu formula bayi yang dapat dikonsumsi bayi yang berusia antara 0 hingga 6 bulan. Produk ini tersedia dalam kemasan box dan kaleng sebanyak 400 gram dan dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 150.000,00.

Susu tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan bayi karena tersedia dengan kandungan laktosa, konsentrat whey protein, minyak nabati, sirup jagung padat, galakto oligosakarida (GOS), susu bubuk skim, susu bubuk full cream, dan minyak sel tunggal.

  • Enfamil A+ 2

Enfamil A+ 2 adalah susu formula bayi yang dapat dikonsumsi bayi yang berusia antara 6 hingga 12 bulan. Produk ini tersedia dalam kemasan box dan kaleng sebanyak 400 gram dan dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 150.000,00.

Susu tersebut dapat membantu mendukung pertumbuhan bayi karena mengandung kalsium, asam folat, protein, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zinc, fosfor, iodium, niasin, asam pantotenat, magnesium, fosfor, mangan, dan selenium.

  • Nutricia Bebelove 2

Nutricia Bebelove 2 adalah susu formula bayi yang dapat dikonsumsi bayi yang berusia antara 6 hingga 12 bulan. Produk ini tersedia dalam kemasan box sebanyak 400 gram dan dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 75.000,00.

Susu tersebut juga bermanfaat bagi tubuh bayi karena mengandung laktosa, minyak nabati, whey protein, konsentrat whey protein, susu skim bubuk, galakto oligosakarida, frukto oligosakarida, minyak sel tunggal, dan minyak ikan.

  • SGM BBLR

SGM BBLR adalah susu formula bayi yang dapat memberikan nutrisi pada bayi prematur dan bayi berat badan rendah. Produk ini tersedia dalam kemasan box sebanyak 200 gram dan dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 40.000,00.

Kesimpulan

Susu formula bayi bisa menjadi bahan alternatif bagi ibu yang tidak memiliki ASI yang cukup untuk memberikan nutrisi pada bayi. Ada sejumlah pilihan yang dapat dikonsumsi dan harga yang dijual juga terjangkau.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*