Telinga Berdengung Sebelah, Apa Penyebabnya?

Telinga berdengung sebelah bisa muncul sebagai gejala suatu penyakit atau gejala gangguan pada telinga. Secara medis kondisi berdengungnya telinga disebut dengan tinnitus dan bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi lansia lebih berisiko untuk mengalaminya. Telinga berdengung sebelah atau kedua telinga berdengung bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya sebagai berikut ini.

  • Adanya infeksi pada telinga
  • Gangguan gendang telinga
  • Kotoran telinga atau penumpukan cairan di dalam telinga
  • Kelainan telinga karena penyakit Meniere
  • Pertumbuhan tulang yang tidak normal di telinga bagian tengah (otosklerosis)
  • Pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat aspirin dalam dosis yang tinggi, obat antimalaria, obat antibiotik jenis tertentu, atau kemoterapi untuk kanker
  • Ketegangan otot di telinga bagian dalam
  • Cedera kepala dan leher
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi

Tinnitus ditandai dengan sensasi mendengar bunyi, padahal tidak ada suara di sekitarnya. Penderita tinnitus bisa mengalami sensasi bunyi hanya pada salah satu telinga, atau pada kedua telinga. Sensasi bunyi itu dapat berupa dengung, desis, detak, gemuruh dan raung. Pada beberapa kondisi, sensasi suara seakan terdengar sangat keras, sampai mengganggu konsentrasi dan menutupi suara nyata di sekitarnya. Telinga berdengung bisa terjadi dalam jangka panjang atau hilang timbul. Sebagian besar bunyi tinnitus hanya bisa didengar oleh penderitanya. Pada kasus yang jarang terjadi, tinnitus juga bisa didengar oleh dokter yang memeriksa telinga pasien.

Anda harus mengetahui mengenai penyebab langsung yang mempengaruhi munculnya gejala tinnitus, seperti beberapa kondisi berikut ini.

1. Infeksi saluran pendengaran

Arti telinga berdengung pada tiap orang tentu tidak sama. Terkadang, kondisi ini umum disebabkan karena adanya penyumbatan di sekitar saluran pendengaran. Suara-suara yang mengganggu akan hilang saat infeksi terobati. Meski infeksi sudah teratasi, gejala ini tetap bisa muncul kembali.

2. Suara bising

Biasanya dalam waktu lama atau pada intensitas tinggi, telinga yang berdengung dapat berlanjut hingga pendengaran hilang secara perlahan. Hal inilah yang kadang mempengaruhi  seberapa besar kerusakan sel koklea pada telinga bagian dalam. Tinnitus ataupun gangguan pendengaran lainnya akan lebih mungkin dialami oleh pekerja di lingkungan dengan tingkat kebisingan yang tinggi. Ambil contoh seperti musisi, pilot, pemotong kayu, dan pekerja konstruksi.

Jika kondisi dari telinga berdengung ini sudah sangat mengganggu aktivitas, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini guna mengatasi telinga berdengung.

1. Pembersihan kotoran di telinga

Prosedur ini dilakukan jika penumpukan kotoran di telinga menjadi penyebab utama telinga berdengung sebelah. Dokter akan membersihkan kotoran telinga dengan menyemprot liang telinga menggunakan air hangat. Bisa juga kotoran dihisap dengan alat khusus.

2. Terapi pendengaran

Terapi ini dilakukan dengan alat bantu dengar yang berfungsi meredakan gejala tinnitus. Alat bantu ini akan mengeluarkan suara alami seperti suara ombak di laut, suara hujan, dan beberapa jenis suara lainnya untuk menutupi dengungan yang muncul. 

3. Mengonsumsi obat-obatan

Obat-obatan akan diperlukan jika telinga berdengung sebelah disebabkan oleh penyakit tertentu yang membutuhkan pengobatan. Misalnya, dokter dapat memberikan obat untuk mengatasi infeksi atau peradangan jika telinga berdengung disebabkan oleh hal tersebut.

Dokter juga bisa meresepkan obat-obatan untuk meredakan keluhan telinga berdengung, misalnya obat golongan antidepresan atau obat penenang. Namun, apabila telinga berdengung merupakan efek samping suatu pengobatan, dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti jenis obat yang diberikan.

Selain yang telah disebutkan di atas, cara mengobati telinga berdengung sebelah juga bisa dilakukan secara mandiri, misalnya dengan mendengarkan musik yang menenangkan, melakukan relaksasi agar terhindar dari stres, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan agar Anda tidak memikirkan dengungan yang muncul di telinga.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*