Manfaat Olahraga Tabata adalah Membakar Lemak dalam 4 Menit, Benarkah?

Manfaat Olahraga Tabata adalah Membakar Lemak dalam 4 Menit, Benarkah?

Di tengah kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, banyak orang melakukan antisipasi dengan berolahraga agar tubuh tetap prima dan tidak terpapar radikal bebas. Salah satu jenis olahraga yang belakangan ini cukup ramai diperbincangkan oleh banyak orang adalah Tabata. Tabata adalah jenis olahraga yang mencakup latihan dengan interval intensitas tinggi atau high intensity interval training (HIIT). Meskipun tergolong berat, manfaat olahraga tabata terbukti mampu meningkatkan kesehatan serta imunitas tubuh. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa olahraga ini mulai banyak digandrungi.

Selain itu, olahraga tabata juga tidak menghabiskan waktu yang lama untuk melakukannya. Anda dapat mulai melakukan tabata selama 4 menit saja untuk dapat merasakan manfaatnya. Berbicara soal manfaat, berikut ini beberapa manfaat dari tabata yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Proses Pembakaran Lemak

Dikarenakan intensitasnya yang tinggi, gerakan dalam tabata sangat ampuh dalam membantu Anda membakar lemak di sekitar tubuh. Lemak dan kalori yang dibakar kemudian diubah menjadi bentuk energi. 

Dalam membantu proses pembakaran lemak, olahraga tabata bekerja dengan meningkatkan intensitas kerja dan paru-paru hingga menempuh batas kapasitas maksimalnya. Selanjutnya ia akan memacu otot jantung dan paru agar lebih kuat sehingga mampu mengalirkan darah yang mengikat oksigen lebih banyak dan cepat. Hasilnya  proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat dan efektif.

2. Meningkatkan Massa Otot

Tabata adalah salah satu jenis olahraga yang dapat menambah massa otot tubuh Anda. Dengan gerakan tabata, tubuh akan menciptakan stress fisik secara otomatis. Nantinya stress fisik akan membentuk luka-luka sobek berukuran mikro pada serat-serat otot dan jaringan ikat tubuh.

Jika kondisi tersebut telah terbentuk, maka selanjutnya tubuh akan terpacu untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan mengganti sel otot yang usang dengan sel otot baru yang lebih sehat. Nah, dari kemampuan tubuh untuk merekonstruksi jaringan-jaringan otot tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan ukuran, kekuatan, dan massa otot tubuh Anda.

3. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat tabata berikutnya yang dapat Anda rasakan adalah adanya peningkatan stamina tubuh secara berangsur-angsur. Peningkatan stamina tubuh pada olahraga tabata jauh lebih terasa dibandingkan olahraga lainnya. Tabata memiliki peningkatan kapasitas aerobic lebih dari 14 persen dan anaerobik hingga 28 persen.

Kapasitas aerobic merupakan kesanggupan maksimal tubuh untuk menyerap oksigen. Sedangkan kapasitas anaerobic adalah total maksimum energi yang diproduksi tubuh tanpa menggunakan oksigen. Dari adanya manfaat tersebut, tentunya setelah melakukan olahraga tabata, Anda akan merasa lebih berstamina dan tidak mudah lelah.

4. Membantu Meningkatkan Daya Konsentrasi

Manfaat olahraga tabata selain dapat dirasakan oleh fisik dan tubuh secara langsung, juga berpengaruh pada kondisi mental. Olahraga tabata adalah olahraga yang dilakukan dengan intensitas tinggi, oleh karena itu ia juga berperan dalam meningkatkan daya konsentrasi pikiran Anda.

Meskipun demikian, Anda tetap harus berhati-hati, dikarenakan intensitasnya yang tinggi tersebut, olahraga tabata sebetulnya kurang cocok untuk dilakukan oleh pemula. Jika Anda masih pemula, Anda dapat mencoba melakukan olahraga lain yang lebih ringan sebelum pada akhirnya melakukan olahraga tabata.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tabata adalah jenis olahraga yang cukup berat dan memiliki intensitas tinggi. Tak heran jika terdapat manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh jika Anda melakukannya secara teratur. Manfaat-manfaat tersebut bisa dirasakan jika Anda melakukan tabata secara rutin. Selamat mencoba!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*