Pentingnya Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat bagi Single Parent

Pentingnya Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat bagi Single Parent

“Bagi single parent, gaya hidup sehat menjadi hal yang penting untuk diterapkan agar tetap bugar serta bisa mengurangi stres. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, aktivitas olahraga, hingga menjaga kesehatan mental seperti berikut ini.”

Jika menjadi single parent bisa sehat dan bahagia secara fisik dan mental, anak Anda juga akan merasakan hal yang sama. Karena itu, jika memiliki gaya hidup yang sehat, ciptakanlah lingkungan yang sehat serta penuh kasih sayang yang tiada habisnya untuk anak Anda. Dengan mencontohkan pola hidup yang sehat kepada anak, keluarga Anda pun akan terbiasa menjaga kesehatan.

Mulai Terapkan Gaya Hidup Sehat bagi Single Parent  

Berikut ini beberapa hal yang perlu diterapkan oleh single parent kepada keluarga untuk menumbuhkan gaya hidup yang sehat agar lebih sejahtera. 

1. Jaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Bagi para single parent, kesibukan dalam berbagai aktivitas untuk mengasuh anak serta mengelola banyak keperluan di dalam keluarga merupakan hal yang wajar. Meski begitu, upayakan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani dengan berbagai cara. Anda bisa mulai dengan makan dengan baik dan berolahraga, istirahat cukup, hingga tetap menjaga kesehatan mental agar seimbang.

2. Pola Makan Sehat bagi Single Parent

Penting bagi single parent untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Sebab, selain untuk menambah energy, makan makanan yang kaya akan nutrisi bisa membuat hidup lebih menyenangkan. Berdasar The Australian Guide to Healthy Eating, Anda bisa memilih lima kelompok makanan utama.

Di antaranya, buah, sayur, makanan kaya protein seperti ayam, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, hingga susu rendah lemak. Bahkan, para single parent bisa mengetahui detail terkait porsi yang direkomendasikan tersebut melalui Accredited Practicing Dietitian (APD).

3. Aktivitas Fisik atau Olahraga bagi Single Parent

Sebagai single parent, aktivitas fisik bisa membuat tubuh semakin bugar. Jika Anda tidak sempat atau bahkan tidak punya waktu untuk berolahraga, hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Karena itu, rutinlah untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan yang bisa dilakukan sewaktu-waktu tanpa mengurangi aktivitas sehari-hari.

Single parent bisa menerapkan olahraga ringan seperti berjalan rutin di sekitar rumah atau berjalan-jalan ke supermarket bersama anak Anda. Yang terpenting, Anda harus bergerak sekitar 30 menit dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin, hal itu bisa mengangkat energi Anda sehingga bisa membantu meningkatkan kesehatan. 

4. Kurangi aktivitas dan istirahat yang cukup 

Menjadi single parent merupakan tanggung jawab yang besar bagi Anda untuk memenuhi segala pekerjaan yang ada di rumah. Namun, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu Anda untuk istirahat. Tak hanya tidur, Anda bisa melakukan aktivitas ringan yang menyenangkan seperti membaca buku hingga melakukan meditasi agar Anda makin tenang dan tak mudah lelah. 

Jaga Kesehatan Mental dan Kesejahteraan Single Parent

Melewati masa-masa sulit memang wajar dihadapi bagi para single parent. Bahkan, Anda merasakan bahwa hidup ini terlalu berat lantara tanggung jawab yang diemban tak ada hentinya. Meski begitu, Anda harus memperhatikan kesehatan mental Anda agar hidup lebih seimbang seperti tips berikut.

1. Menjadi Lebih Produktif

Lakukanlah beberapa aktivitas yang membuat peran Anda sebagai single parent lebih produktif. Sebab, hal tersebut bisa membantu Anda dalam menghadapi lika-liku kehidupan serta bermanfaat bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Memiliki lebih banyak energi sehingga tidur lebih nyenyak.
  • Beberapa kegiatan bisa teralihkan dan tak perlu merasa khawatir untuk sementara waktu.
  • Memiliki kepercayaan diri yang lebih baik.

2. Tetap menjalin koneksi

Sebagai single parent, tetap memiliki koneksi dengan orang lain dapat membantu Anda untuk mendapatkan dukungan. Anda bisa mengagendakan waktu untuk minum kopi bersama atau berbelanja bersama. Apabila tidak bisa hadir secara langsung, Anda bisa memanfaatkan sosial media atau melalui forum online agar koneksi tetap lancar dan menumbuhkan komunikasi yang baik. 

3. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan single parent untuk menghabiskan waktu bersantai. Di antaranya, mengasah hobi atau melakukan hal menyenangkan lainnya seperti berikut ini.

  • Meditasi mindfulness atau latihan relaksasi otot hingga pernapasan.
  • Ciptakan ruang untuk diri sendiri agar bisa lebih tenang dan bebas dari gangguan siapa pun.
  • Membaca buku atau menonton film kesukaan sebagai hiburan.
  • Menulis sebuah jurnal kegiatan yang membuat Anda merasa terhibur.
  • Mandilah dengan air panas dengan menggunakan wangi-wangian agar lebih fresh.

4. Lebih Terorganisir

Tak dimungkiri, kebiasaan dalam menata segala keperluan dengan rapi dan teratur bisa mengurangi stres bagi single parent seperti berikut.

  • Agendakan sesuatu yang dinantikan sejak lama seperti perjalanan piknik atau pesta.
  • Buatlah daftar tugas serta tagihan yang diperlukan agar tetap bisa mengontrol berbagai pekerjaan serta pengeluaran.
  • Lakukan apa yang paling disukai dan menguntungkan serta tinggalkan apa yang merugikan Anda.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*