Selain untuk Otak, Ini Manfaat Ikan Salmon bagi Tubuh

manfaat ikan salmon

Manfaat ikan salmon cukup beragam untuk kesehatan. Ikan salmon adalah salah satu makanan paling bernutrisi di dunia.

Salmon kaya akan kandungan omega-3, sehingga tak jarang ikan laut ini dimasukkan ke dalam salah satu menu makanan si kecil untuk mendukung perkembangan dan fungsi otaknya.

Salmon juga kerap dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan jantung. Sayangnya masih banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat ikan salmon lebih dari kedua hal tersebut.

Manfaat ikan salmon

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus mengonsumsi ikan salmon secara rutin. 

  1. Kaya akan asam lemak omega-3

Salmon merupakan sumber terbaik omega-3 EPA dan DHA. 100 gram salmon budidaya memiliki sekitar 2,3 gram omega-3. Adapun untuk porsi yang sama salmon tangkap liar mengandung sekitar 2,6 gram omega-3. 

Omega-3 adalah asam lemak esensial, yang berarti harus didapat dari makanan karena tubuh tidak membuatnya secara alami. Omega-3 rantai panjang telah terbukti mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan fungsi otak dan mencegah dari risiko demensia. 

  1. Sumber protein tanpa lemak

Sebagian besar protein hewani juga memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, misalnya daging merah. Salmon adalah sumber protein tanpa lemak sehingga bisa dikonsumsi tanpa khawatir.

Protein memainkan peranan penting di dalam tubuh, termasuk mempercepat pemulihan pasca cedera, menunjang kesehatan tulang, serta mencegah kehilangan massa otot selama penurunan berat badan dan proses penuaan.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Salmon bukannya tidak mengandung lemak sama sekali. Ikan ini justru disebut sebagai ikan berlemak karena kandungan omega-3 nya yang merupakan lemak sehat. 

Mengonsumsi ikan salmon akan meningkatkan asupan asam lemak esensial (EFA). Asupan EFA yang seimbang dan cukup bisa sebagai sumber energi dan membantu membakar lebih banyak lemak tubuh, yang pada akhirnya menurunkan berat badan. 

Sebuah penelitian pada anak dengan penyakit hati berlemak non-alkohol menemukan bahwa mengonsumsi DHA, omega-3 utama dalam salmon, menghasilkan penurunan lemak hati dan lemak perut yang jauh lebih besar daripada plasebo. 

Selain itu, manfaat ikan salmon tersebut berasal dari kandungan proteinnya yang cukup tinggi dan kadar kalorinya yang rendah. 

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Asam lemak esensial yang terkandung dalam ikan salmon bisa membuat kulit  tampak lebih bercahaya, kenyal, dan halus. Antioksidan astaxanthin pada salmon juga bekerja sama dengan omega-3 untuk mencegah kerusakan kulit.

Dalam sebuah penelitian, kombinasi suplemen astaxanthin 2 mg dengan 3 gram kolagen selama 12 minggu dapat meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit. 

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menjaga kesehatan kulit, astaxanthin berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi osidasi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). 

Sebagian besar orang memiliki kadar omega-6 yang tinggi dalam darahnya. Penelitian menemukan ketidakseimbangan asam lemak omega-3 dan 6 dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Dengan mengonsumsi salmon, kadar omega-3 dalam darah ikut meningkat dan menyeimbangkan kadar omega-6. Mengonsumsi ikan salmon dan ikan berlemak lainnya juga terbukti menurunkan trigliserida. Maka itu risiko penyakit jantung menurun. 

Cara memilih ikan salmon

Manfaat ikan salmon budidaya atau tangkap liar adalah sama, namun salmon liar memiliki nutrisi yang jauh lebih tinggi. Jika sulit didapat, Anda tetap bisa mengonsumsi salmon budidaya atau salmon kaleng. 

Ikan salmon dengan kualitas baik memiliki daging yang cukup padat, aroma harum manis bukan amis, serta bening dan lembab. Hindari membeli sarmon dengan harga murah karena bisa jadi ikan yang dijual kurang segar. 

Untuk mendapat manfaat ikan salmon terhadap otak, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen omega-3. Tanyakan pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ sebelum mulai mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. 

Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play Store. 

Referensi:

Berkeley Wellness. https://www.berkeleywellness.com/healthy-eating/food/article/how-choose-best-salmon Diakses pada 04 Februari 2021.

Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/9-incredible-benefits-of-salmon-fish-you-may-not-have-known-1788147 Diakses pada 04 Februari 2021.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-salmon#TOC_TITLE_HDR_13  Diakses pada 04 Februari 2021.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*