Rangkaian Perawatan untuk Menghilangkan Benjolan di Daun Telinga

Rangkaian Perawatan untuk Menghilangkan Benjolan di Daun Telinga

Daun telinga yang bengkak akan terlihat kemerahan, sakit, dan tidak nyaman. Benjolan di daun telinga biasanya disebabkan oleh kista, tapi bisa juga dikarenakan infeksi, alergi, dan trauma. 

Kebanyakan kasus benjolan di daun telinga bisa hilang hanya dengan bantuan obat dan kompres. Namun, ada kalanya benjolan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sehingga harus dioperasi.

Penyebab munculnya benjolan di telinga

Benjolan di daun telinga disebabkan oleh beberapa kondisi dengan gejala yang berbeda-beda, antara lain:

  1. Tindikan anting

Telinga bengkak dan sakit adalah reaksi umum dari tindik anting, dan akan hilang dalam hitungan hari. Pembengkakan juga bisa disebabkan oleh penolakan tindik atau lubang tindik yang terinfeksi. 

  1. Reaksi alergi

Reaksi alergi, terutama terhadap jenis perhiasan tertentu, bisa menyebabkan munculnya benjolan di salah satu atau kedua daun telinga. Perhiasan yang paling sering menyebabkan alergi adalah anting nikel. 

  1. Jerawat

Daun telinga adalah salah satu lokasi potensial untuk perkembangan jerawat. Jerawat di telinga bisa disebabkan oleh kulit mati atau minyak dari kulit kepala. Penggunaan topi atau ikat kepala yang kotor atau terlalu ketat juga bisa menyebabkan jerawat di daun telinga. 

Jerawat di daun telinga hampir mirip dengan kista daun telinga. Namun kista tidak terasa sakit jika disentuh, kecuali jika meradang. 

  1. Gigitan serangga

Gigitan serangga dapat menyebabkan benjolan di daun telinga, sensasi menyengat, dan gatal. Jika Anda terbangun dengan telinga bengkak dan gatal, kemungkinan Anda digigit oleh kutu busuk atau serangga lainnya.

  1. Abses

Abses berisi nanah biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Pembengkakan akibat abses dapat meningkat seiring waktu, dan apabila tidak segera diobati abses yang pecah akan menyebarkan nanah dan bakteri ke area sekitarnya. 

Benjolan akibat abses biasanya disertai dengan gejala lain seperti demam, mual, panas dingin, dan peradangan.

  1. Bisul

Bisul adalah sebab umum lain dari benjolan di daun telinga. Bisul adalah infeksi bakteri yang terjadi di bawah permukaan kulit yang melibatkan folikel rambut. Seringkali bisul muncul berkelompok yang disebut dengan karbunkel (carbuncle).

Ukuran bisul bisa bervariasi, dan tak jarang disertai dengan gejala antara lain:

  • Gatal
  • Pegal-pegal
  • Kelelahan
  • Demam
  • Pengerasan kulit
  1. Kista kulit

Kista kulit (kista sebasea) merupakan kelainan pada kulit yang berisi cairan. Meski tidak berbahaya, ini membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika ukuran kista terus membesar dan menyebabkan rasa sakit.

Cara mengatasi benjolan di daun telinga

Ada banyak pengobatan rumahan yang efektif membantu meredakan benjolan di telinga. Misalnya, mengompres benjolan dengan kompres dingin dapat menurunkan aliran darah ke daerah yang terdampak sehingga pembengkakan berkurang. 

Jika benjolan telinga disebabkan oleh kista, pilihlah kompres hangat. Meminum obat pereda nyeri juga bisa membantu meredakan nyeri akibat lesi. 

Dalam kasus infeksi bakteri, Anda memerlukan antibiotik oral atau oles yang bisa didapat sesuai rekomendasi dokter. Pembengkakan akibat gigitan serangga atau reaksi alergi bisa diatasi dengan antihistamin atau krim topikal hidrokortison.

Adapun untuk mengobati benjolan di daun telinga akibat jerawat, Anda bisa menggunakan produk perawatan bebas dengan kandungan yang meliputi:

  • Asam azelaic, berguna membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Benzoil peroksida, membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi produksi sebum, dan sebagai eksfoliator. Benzoil peroksida efektif untuk mengobati jenis jerawat kistik. 
  • Sulfur, berguna membantu membersihkan pori-pori dan membunuh bakteri serta mengontrol minyak berlebih.
  • Asam salisilat, berfungsi mengangkat kulit mati, membuka pori-pori, dan mengurangi peradangan.

Catatan

Jika benjolan di daun telinga tidak mereda dengan pengobatan rumahan, malah semakin sakit atau muncul gejala baru, segera buat janji bertemu dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*