Pilihan Pengganti Baking Powder untuk Hindari Overdosis

pengganti baking powder

Baking powder umum digunakan pada adonan kue atau makanan panggang agar lebih mengembang dan memiliki tekstur lembut ketika digigit. Terkadang baking powder dan baking soda sulit dibedakan karena keduanya memiliki nama, tampilan, dan kegunaan yang hampir sama.

Baking soda atau soda kue memiliki sifat basa yang akan aktif jika dikombinasikan dengan bahan asam dan cairan. Setelah aktivasi, soda kue akan membuat makanan yang dipanggang mengembang.

Sedangkan baking powder adalah ragi yang mengandung basa dan asam agar produk mengembang. Zat ini akan aktif jika dicampur dengan cairan, atau ketika adonan dipanaskan. Perbedaan lainnya adalah baking powder bisa membuat makanan lebih renyah, sehingga bahan ini lebih sering digunakan pada adonan kue kering.

Menuangkan terlalu banyak baking powder ke dalam adonan akan menciptakan rasa pahit. Selain itu, menelan baking powder dalam jumlah banyak bisa menyebabkan overdosis atau reaksi alergi. Menggunakan pengganti baking powder bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

Baking powder beracun

Bubuk kue memiliki sifat netral karena mengandung  natrium bikarbonat, zat basa yang juga ditemukan pada soda kue, dan zat asam seperti krim tartar. Baking powder juga mengandung tepung jagung atau produk serupa agar bubuk tidak menggumpal selama masa penyimpanan.

Komplikasi serius dapat terjadi akibat overdosis atau reaksi alergi. Gejala overdosis baking powder meliputi:

  • Haus berlebih
  • Sakit perut
  • Mual

Kondisi yang parah ditandai dengan muntah dan diare yang sangat parah.

Pengganti baking powder

Kasus overdosis baking powder sangat jarang terjadi, karena penggunaan dalam jumlah banyak akan membuat adonan terasa pahit.

Namun Anda bisa menggunakan bahan berikut sebagai pengganti baking powder ketika stok di rumah dirasa kurang:

  • Soda kue dan krim tartar

Ketika Anda menggunakan soda kue sebagai pengganti baking powder, maka Anda perlu memasukkan bahan tambahan untuk mendapatkan sifat asam dan mengaktifkan soda kue, seperti krim tartar.

Menukar baking soda dengan soda kue juga tidak mudah, karena baking soda memiliki kekuatan ragi yang lebih kuat daripada bubuk pengembang. Sekitar 1 sendok teh baking powder setara dengan ¼ sendok teh soda kue. Anda perlu mengatur perbandingannya dengan hati-hati.

  • Plain yogurt

Selain krim tartar, yogurt tawar memiliki pH asam sehingga cocok digunakan sebagai pengganti baking powder jika dicampur dengan soda kue. Campurkan ¼ sendok teh soda kue dengan ½ cangkir (122 gram) yogurt tanpa rasa pada adonan.

Ketika Anda menggunakan yogurt tawar, jumlah cairan yang digunakan dalam resep juga harus dikurangi tergantung pada banyaknya yogurt yang ditambahkan.

  • Cuka putih

Cuka merupakan produk fermentasi yang digunakan di banyak makanan panggang. Kandungan asam dan baunya yang kuat juga sering dimanfaatkan dalam proses pengawetan ikan agar bau amis dan bakteri yang terdapa didalamnya hilang.

Cuka dan soda kue bisa digunakan sebagai pengganti baking powder dalam pembuatan kue dan biskuit. Takaran yang disarankan adalah 1 gram soda kue dan ½ sendok teh (2,5 gram) cuka.

  • Jus lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat yang sangat tinggi. Untuk mengganti 1 sendok teh baking powder dalam resep masakan,  Anda membutuhkan ½ sendok teh (2,5 gram) jus lemon yang dicampur dengan ¼ sendok teh (1 gram) soda kue.

Metode ini cocok digunakan pada hidangan yang membutuhkan baking powder dalam jumlah relatif sedikit.

  • Putih telur

Putih telur kocok sering dijadikan pengganti baking soda dalam pembuatan pancake dan jenis kue tertentu. Metode ini menghasilkan tekstur kue menjadi lebih ringan dan lembut ketika dimakan.

Jumlah putih telur yang digunakan bervariasi tergantung resepnya, bisa 2 hingga 12 putih telur. Kocok putih telur dengan kecepagan rendah sampai berbusa, lalu tingkatkan kecepatannya sampai telur kaku.  

Catatan

Baking powder mungkin bukan agen pengembang adonan terbaik, maka itu Anda tak perlu khawatir karena pengganti baking powder seperti putih telur dapat membuat hidangan Anda jauh lebih lezat.   

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*