Penyebab dan Gejala Infeksi Telinga Termasuk Bagian Dalam

Infeksi telinga bagian dalam adalah kondisi peradangan pada telinga, baik itu pada telinga bagian luar maupun bagian tengah atau dalam.

Kondisi ini tentu saja menyebabkan rasa sakit yang cukup perih, dan sangat menganggu penderitanya terutama jika mendengar suara, baik pelan maupun kencang atau tersentuh benda di luar atau benda tersebut masuk ke dalam.

Infeksi telinga ini dapat menyerang siapa saja, yaitu anak-anak dan orang dewasa. Pada anak-anak kondisi ini merupakan kondisi yang ringan dan cepat berlalu karena bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 hari.

Sedangkan pada orang dewasa tidak jarang infeksi telinga yang terjadi merupakan kondisi yang sangat berat serta sulit hilang, dan kemungkinan merupakan gejala suatu kondisi kesehatan yang serius sehingga dalam penanganannya harus melibatkan operasi.

Penyebab

Terjadinya infeksi telinga bagian dalam umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang melalui udara atau benda-benda yang masuk telinga, dan bergantung bagian telinga yang terinfeksi.

Pada bagian luar, infeksi terjadi karena adanya air yang tertinggal yang diakibatkan oleh berenang atau mandi.

Kondisi ini pada akhirnya membuat telinga luar lembap dan bakteri pun berkembang biak. Bakteri ini pun dapat menjadi infeksi apabila bagian telinga luar Anda tersebut secara tidak sengaja tergores atau karena iritasi akibat benda di luar telinga.

Sedangkan pada bagian dalam atau tengah umumnya disebabkan oleh flu atau masalah pernapasan lain.

Infeksi yang ada dapat berpindah dari satu telinga ke telinga lainnya melalui saluran eustachius yang terletak di dalam telinga serta menyebabkan iritasi dan pembengkakan yang ditandai dengan adanya cairan yang jika tidak mengering dapat menumpuk di gendang telinga sehingga berbahaya bagi pendengaran.

Gejala

Gejala pada infeksi telinga ini cukup beragam. Jika pada bagian dalam adalah peradangan, pusing, mual, muntah serta menumpuknya cairan di gendang telinga. Pada bagian luar adalah telinga menjadi gatal, menyakitkan, lembut, merah, dan bengkak.

Komplikasi

Pada beberapa kasus, infeksi telinga dapat menyebabkan komplikasi. Adapun komplikasi yang dapat timbul adalah:

Gangguan pendengaran, ini adalah komplikasi yang umum terjadi serta bersifat ringan. Komplikasi ini bisa hilang dengan sendirinya.

Kemampuan bicara terhambat, jika infeksi telinga terjadi pada bayi akan menghambat kemampuannya untuk dapat berbicara, dan dapat menghambat tumbuh-kembang.

Infeksi menyebar, infeksi ini berupa tonjolan di belakang telinga atau mastoid yang dapat memicu kerusakan pada tulang dan membentuk nanah.

Gendang telinga robek, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, dan bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 72 jam atau melalui operasi.

Pengobatan dan pencegahan

Umumnya infeksi pada telinga ini dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi dalam beberapa hal Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengatasinya, yaitu:

  • Kompres telinga dengan air hangat
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti Ibuprofen dan Asetaminofen
  • Gunakan obat tetes telinga
  • Konsumsi obat dekongestan

Apabila pengobatan-pengobatan di atas tidak memberikan efek yang bagus, dan semakin memperparah keadaan, Anda disarankan untuk ke dokter untuk diberikan antibiotik khusus atau dokter akan menyarankan untuk melakukan pembedahan jika infeksi yang Anda derita cukup parah.

Selain mengatasi, Anda juga perlu melakukan pencegahan supaya tidak terkena kondisi yang sama.

Pencegahan-pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan telinga luar dan dalam dengan rutin mencuci tangan, hindari asap rokok, dan melakukan vaksinasi untuk menghindari penyakit penyebab infeksi telinga bagian dalam seperti flu dan pneumokokus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*