Pembersih Mata dan Makanan yang Menyehatkan Mata

pembersih mata

Berbagai kegiatan sehari-hari yang sering Anda lakukan bisa jadi menjadi penyebab kerusakan mata Anda, mulai dari melihat matahari dengan mata telanjang ataupun terlalu lama menatap layar gawai seperti handphone maupun laptop. Berbagai risiko kerusakan mata, seperti rabun hingga penurunan fungsi penglihatan dapat menimpa Anda di kemudian hari dengan lebih cepat apabila kebiasaan-kebiasaan yang merusak tersebut terus dilakukan. 

Sebenarnya, banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko kerusakan penglihatan akibat kebiasaan sehari-hari. Anda bisa menggunakan pembersih mata berupa cairan yang dapat meringankan iritasi ringan pada mata sehingga meminimalkan risiko masalah mata yang lebih besar. Pilihan lainnya, Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mendukung kesehatan mata. 

Makanan yang mendukung kesehatan mata tidaklah sulit untuk didapat. Anda bahkan mungkin sering mengonsumsinya setiap hari. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambah porsi makanan-makanan pendukung kesehatan mata ini supaya risiko kerusakan bisa dipangkas, bukan?

Kiwi 

Mengonsumsi vitamin C ternyata bukan hanya berpengaruh baik untuk menunjang imunitas tubuh. Makanan-makanan dengan vitamin C tinggi juga berpengaruh ke menurunnya tingkat risiko katarak. Bukan hanya jeruk, nyatanya Anda juga bisa mendapatkan vitamin C tinggi dari buah kiri. Jenis buah yang satu ini sangat baik untuk mata sebab selain memiliki kandungan vitamin C tinggi, terdapat pula pigmen zeaxanthin dan lutein. Ini merupakan dua senyawa yang kaya antioksidan yang memungkinkan memberi perlindungan terkait paparan cahaya ke mata yang merusak retina Anda. Jadi, risiko katarak dan degenerasi makula dapat dipangkas. 

Telur 

Luteindan zeaxathin yang merupakan vitamin mata bukan hanya terdapat di kiwi. Kedua senyawa tersebut juga dengan mudah Anda dapatkan dari telur. Karena alasan inilah, mengonsumsi telur setiap hari tergolong efektif mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat usia yang terus bertambah. Telur semakin baik untuk mata dikarenakan adanya pula kandungan vitamin E, C, juga zinc yang tinggi pada protein hewani yang satu ini. 

Ikan 

Makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 sangat diperlukan apabila Anda ingin memiliki mata yang lebih sehat. Sejumlah penelitian telah menemukan fakta, asam lemak omega-3 nyatanya bisa ampuh mengatasi mata kering, seperti yang bisa dilakukan oleh cairan pembersih mata. Asam omega-3 inilah yang dapat Anda banyak temui di berbagai jenis ikan lauk berlemak, mulai dari ikan salmon, tuna, ikan sarden, bahkan teri sekalipun. Jadi, ayo makan ikan untuk mata yang senantiasa berfungsi baik! 

Tiram 

Senyawa zinc merupakan salah satu komponen yang menunjang kesehatan mata. Senyawa ini bisa ditemukan banyak dalam berbagai jenis makanan laut, khususnya tiram. Dengan asupan zinc ini, retina maa menjadi lebih terlindungi. Tentunya selain senyawa zinc, tiram juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menjadi pengganti pembersih mata selain cairan yang bisa Anda beli di toko-toko. 

Wortel 

Anda tentu sudah tidak asing mendengar wortel yang punya kemampuan untuk menjaga kemampuan penglihatan mata Anda. Hal tersebut bukanlah mitos sebab wortel memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang cukup tinggi. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kedua nutrisi ini berpengaruh baik untuk penglihatan yang jelas. Namun selain itu, wortel ternyata juga memiliki komponen proten berjenis rhodopsin. Komponen ini membantu retina menyerap cahaya sehingga Anda bisa melihat lebih jelas. 

Sayuran Hijau 

Untuk mata yang baik, Anda perlu mengonsumsi banyak makanan yang kaya antioksidan. Pasalnya dengan asupan antioksidan yang mencukupi, sumber-sumber perusak mata seperti sinar matahari, asap rokok dan polusi udara bisa ditangkis sehingga tidak sampai mengganggu penglihatan Anda. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin mata berupa lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk mata Anda. 

Pembersih mata kadang-kadang Anda perlukan apabila mengalami mata kering. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan yang menyehatkan mata untuk mencegah kerusakan mata yang lebih parah. 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*