Olahraga Interval Training: Cara Tetap Bugar di Tengah Kesibukan

Sibuk sehari-hari bukan menjadi alasan Anda untuk tidak berolahraga, lho. Banyak cara untuk tetap bugar di tengah kesibukan, seperti dengan melakukan olahraga interval training. Sudah pernah dengar interval training? Jika belum, maka informasi yang satu ini layak disimak bagi Anda yang berkeinginan untuk tetap bugar di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

interval training

Apa itu interval training?

Olahraga Interval training adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara intens, namun dalam waktu yang cukup singkat. Singkatnya, Anda tidak membutuhkan banyak waktu maupun pergi ke gym selepas bekerja untuk melakukan olahraga ini.

Anda dapat melakukan latihan fisik selama 30 detik dan dilanjut dengan durasi yang lebih panjang, namun intensitas gerakan yang lebih rendah, sekitar tiga hingga empat menit. Konsep olahraga interval training ini pada dasarnya menggabungkan intensitas olahraga yang tinggi, namun dalam interval waktu yang lebih singkat dan cepat. Di luar konsep tersebut, Anda dapat menyesuaikan durasi interval training sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan kegiatan berjalan sebagai olahraga inti dan mengombinasikan dengan jogging dalam durasi singkat, sebelum dilanjut Kembali dengan berjalan seperti biasa. Kegiatan ini perlu Anda lakukan hingga beberapa kali sampai Anda merasa lelah atau cukup berolahraga.

Cara kerja tubuh ketika melakukan olahraga interval training adalah dengan membakar gula dan karbohidrat dalam tubuh. Ketika Anda melakukan aktivitas dalam intensitas tinggi dan cepat, tubuh akan membakar glikogen dalam otot. Lalu, ketika Anda kembali melakukan olahraga dengan intensitas rendah, tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai bahan baku energi.

Olahraga interval training dirasa dapat mencegah Anda merasakan pegal pada otot, karena dipercaya dapat beradaptasi lebih baik dengan asam laktat pada tubuh. Dengan begitu, Anda dapat beraktivitas bebas dari rasa nyeri dan pegal.

Apa manfaat olahraga interval training?

Beberapa ahli meyakini bahwa olahraga interval training tidak hanya memberikan Anda alternatif ideal dalam latihan fisik, namun juga memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Menguatkan kardiovaskular

Olahraga interval training diyakini dapat memperkuat kemampuan tubuh untuk menyalurkan oksigen ke otot-otot seluruh tubuh.

  • Lebih banyak kalori yang terbakar

Olahraga interval training memberikan manfaat dalam membakar lebih banyak kalori. Hal ini disebabkan oleh intensitas aktivitas fisik yang dilakukan. Walaupun durasi olahraga ini singkat, namun intensitas gerakan olahraga terhitung tinggi jika dibanding dengan olahraga pada umumnya.

  • Tidak memerlukan alat bantu

Jika Anda ingin mencoba olahraga interval training, Anda tidak perlu untuk menyiapkan perlengkapan khusus. Pasalnya, olahraga ini hanya membutuhkan konsistensi, komitmen, dan waktu untuk mencapai hasil yang maksimal.

Apakah olahraga interval training dapat dilakukan oleh siapa saja?

Sayangnya, olahraga interval training tidak cocok untuk semua orang. Beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu atau yang sebelumnya tidak pernah berolahraga secara rutin, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Olahraga interval training pada dasarnya termasuk olahraga berat. Maka dari itu, Anda perlu untuk mempersiapkan diri terlebih dulu. Jika tidak, Anda malah dapat melukai otot, sendi, atau tulang. Lakukanlah olahraga ini dengan satu atau dua interval intensitas tinggi selama masa permulaan olahraga. Setelah itu, Anda dapat meningkatkan interval atau memodifikasi gerakan-gerakannya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*