Obat Serolin: Kegunaan, Dosis, dan Efek Sampingnya

Penderita gangguan jantung mungkin sudah mengenal sedikit banyak tentang obat serolin ini. Obat ini, merupakan obat jantung yang di dalamnya memiliki kandungan utama Necorgoline. Manfaatnya yakni untuk obat jantung serta pembuluh darah. 

Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk penyakit yang terjadi pada otak serta migraine. Ingin tahu informasi lebih banyak tentang obat jantung satu ini? Silakan simak informasi lengkapnya pada bagian berikut, ya. 

Ringkasan Singkat

Serolin memiliki kandungan bahan aktif berupa Nicergoline. Di pasaran, obat ini dijual dengan kemasan 1 dos berisi 2 setrip x 21 tablet salut gula. Dari segi manfaat serolin bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah vaskulo-metabolik serebral akut dan kronis seperti trombosis, gangguan sirkulasi, dan juga emboli. 

Selain itu, serolin juga bisa digunakan sebagai obat gangguan vaskulo-metabolik perifer akut dan juga kronis. Misalnya saja, obstruksi vaskular pada ektremitas, syndrome Raynaud, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk dosis pemakaiannya yakni sebagai berikut: 

  • Bagi orang dewasa, dosisnya yakni 30-60 mg dalam 2-3 dosis yang dibagi. 
  • Sebaiknya, obat dikonsumsi ketika dalam keadaan perut kosong. 

Jika kamu ingin mendapatkan obat ini, silakan minta resep atau saran dari dokter. Tanpa resep atau rekomendasi tersebut, apotik dan beberapa toko obat-obatan di manapun tidak akan memberikan obat ini. 

Perlu Diperhatikan

Tentu saja, konsumsi obat ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika mengkonsumsi obat ini. Misalnya saja, kamu tidak boleh mengkonsumsi serolin 30 mg jika sedang hamil atau sedang menderita porphyria.

Efek Samping

Sebagaimana penggunaan obat lainnya, konsumsi serolin juga memiliki efek samping. Tapi mungkin, dalam beberapa kasus, efek samping tidak dirasakan bagi sebagian pengguna. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui apa saja efek samping yang mungkin dirasakan. 

Nantinya, jika kamu khawatir terhadap efek samping yang dirasakan, kamu bisa langsung mengkonsultasikannya kepada dokter yang merawatmu. Berikut ini informasi mengenai efek samping dari konsumsi obat satu ini:

  • Efek samping yang umumnya terjadi: ada beberapa efek samping yang umum terjadi seperti gangguan gastrointestinal ringan, mengantuk, insomnia, atau terkadang merasakan adanya sensasi panas di wajah.
  • Efek samping lainnya: ada juga beberapa efek samping lain yang mungkin terjadi. Terkadang ada perbedaan efek samping tergantung pada kondisi pasien. 
  • Jika kamu merasakan kondisi tidak enak badan atau mengalami kondisi tertentu setelah mengkonsumsi obat ini, silakan beritahu dokter sesegera mungkin untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Penyimpanan

Dalam setiap obat, tentu juga ada aturan penyimpanan yang harus dilakukan. Biasanya, aturan penyimpanan mesti dilakukan agar obat tidak berubah bentuk atau malah mengurangi efektivitas dari penggunaan obat. Penasaran tentang bagaimana metode penyimpanan obat ini? Berikut ini informasi lengkap mengenainya: 

  • Silakan simpan obat ini di tempat yang kering dan juga sejuk
  • Usahakan menyimpan obat ini pada suhu di bawah 25 derajat celcius
  • Usahakan tempat penyimpanan jauh dan tidak dapat dijangkau oleh anak-anak
  • Jangan pernah menggunakan obat ini jika telah masuk tanggal kadaluarsa. Akan hal ini, silakan untuk mengecek tanggal kadaluarsa obat yang sudah tertera pada kemasan. Jika tidak ada, silakan minta konfirmasi masa berlaku obat dari tempat kamu membeli obat ini

Kamu bisa mendapatkan obat serolin ini di pasaran dengan harga Rp 170.000 – Rp 220.000 / strip untuk dosis 10 mg. Sedangkan untuk serolin 30 mg dibandrol dengan harga Rp 275.000 – Rp 450.000 / strip. 

Sekadar informasi, beberapa uraian yang ada di atas hanya sedikit pengetahuan mengenai obat ini saja. Akan lebih baik jika kamu mendapatkan informasi secara langsung dari dokter maupun apoteker yang memang mengerti tentang kelengkapan dari obat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*