Obat Sendi: Apa yang Perlu Anda Lakukan dan Apa yang Harus Dihindari

Obat sendi penting Anda gunakan untuk mengurangi nyeri sendi. Anda seharusnya tahu betul betapa sakitnya ketika serangan itu datang.

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai sumber penyakit dan kondisi. Mulai dari cedera akibat trauma fisik atau karena peradangan di persendian tersebut.

Penyakit ini umum menyerang orang dewasa hingga orang tua. Meski begitu, banyak juga kasus nyeri sendi di usia muda karena berbagai penyakit yang mendasari.

Bagi Anda penderita kondisi ini, tentu Anda tahu pentingnya mengonsumsi obat sendi yang tepat. Lalu apa saja langkah-langkah pengobatan yang bisa Anda lakukan?

Kenali diri

Sebelum bicara soal obat sendi, langkah pertama yang paling penting adalah mengenali diri Anda sendiri. Anda harus tahu kapan atau aktivitas apa yang akan memicu nyeri sendi tersebut.

  • Pelajari segala hal tentang kondisi Anda, termasuk tipe nyeri sendi yang mengganggu Anda dan kesehatan sendi Anda
  • Minta bantuan dokter, keluarga, dan teman Anda untuk mengatasi rasa nyeri
  • Konsultasi dengan dokter jika rasa nyeri Anda berubah

Rutinitas harian

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mengatasi dan mengurangi nyeri sendi. Meski sulit, sebaiknya Anda coba tetap beraktivitas.

  • Gerakkan sendi. Lakukan peregangan otot dan tulang setiap hari, coba paksa gerakan Anda sampai ke titik maksimal.
  • Jaga postur tubuh. Bagi Anda yang belum mengalami masalah nyeri sendi, coba jaga postur tubuh Anda saat duduk dan berdiri sejak usia muda.
  • Kenali batasan Anda. Aktivitas memang penting, tapi terlalu banyak aktivitas buruk bagi kesehatan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengubah gaya hidup untuk meringankan nyeri sendi.

  • Kurangi berat badan. Berat badan berlebihan akan menambah beban di sendi Anda dan menimbulkan komplikasi radang sendi. Tentunya, coba kurangi berat badan dengan metode yang tidak mengganggu kesehatan Anda.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat menimbulkan stres pada jaringan ikat yang dapat meningkatkan rasa nyeri sendi.

Olahraga

Ketika Anda mengalami masalah nyeri sendi, sebenarnya Anda perlu terus melatih sendi tersebut untuk mengurangi rasa nyeri dan kaku.

Artinya, Anda harus tetap bergerak dan berolahraga untuk meningkatkan jangkauan, memperkuat otot, dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Yang boleh dilakukan

Pilih olahraga dan aktivitas yang tepat bagi Anda, yaitu olahraga yang bisa mengembangkan otot di persendian Anda tanpa merusak dan menambah beban sendi tersebut.

Anda bisa berkonsultasi dengan terapis fisik profesional untuk mendapatkan saran-saran aktivitas yang tepat bagi Anda. Tentunya, Anda tidak boleh berolahraga terlalu ekstrem.

Fokus pada olahraga peregangan, menambah rentang gerak, dan coba meningkatkan kekuatan Anda secara bertahap. Tentu Anda juga perlu berolahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, atau berenang.

Yang tidak boleh dilakukan

Hindari aktivitas atau olahraga yang memberikan dampak besar bagi sendi Anda dan dilakukan dalam gerakan berulang, di antaranya:

  • Berlari
  • Melompat
  • Aerobik tingkat tinggi
  • Gerakan olahraga yang sama terus-menerus (seperti latihan bisep dengan barbel)

Obat sendi

Ada banyak obat sendi yang dapat Anda gunakan untuk meredakan nyeri sendi. Sebagian besar obat dapat dibeli dengan bebas, tetapi Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Setidaknya ada tiga kelompok obat bebas yang dapat Anda gunakan untuk meredakan nyeri sendi. Obat-obat ini dapat membantu Anda meredakan nyeri yang sesekali dipicu oleh aktivitas yang tidak biasa dilakukan oleh otot dan persendian Anda, yaitu:

  • Acetaminophen (Tylenol, dsb)
  • Ibuprofen (Advil, dsb)
  • Naproxen

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan obat oles krim yang mengandung capsaicin. Cara ini juga dapat membantu Anda mengurangi rasa nyeri.

Sebaiknya hindari:

  • Overtreatment. Terlalu banyak konsumsi obat sendi yang dapat dibeli dengan bebas juga bisa jadi masalah.
  • Undertreatment. Membiarkan rasa nyeri tidak terobati atau dibiarkan juga tidak baik. Anda mungkin mengalami peradangan atau masalah lainnya.
  • Stres. Nyeri sendi biasanya disertai dengan rasa frustrasi, yang berujung pada depresi.

Coba terapi sebagai obat sendi

Modern ini, nyeri sendi atau radang sendi juga bisa diobati dengan beberapa pengobatan alternatif. Nyeri sendi biasanya mengganggu mental, sebab aktivitas harian saja bisa menimbulkan rasa nyeri.

Untuk itu, ada beberapa terapi yang menghubungkan pikiran dan tubuh Anda. Tubuh yang nyeri juga dapat diobati dengan pikiran yang sehat.

  • Cognitive behavioral therapy. Terapi ini sudah teruji secara klinis. Kombinasi berbicara dengan terapis dan melakukan modifikasi perilaku diyakini efektif membantu Anda dalam mengidentifikasi siklus negatif pikiran yang merugikan.
  • Relaxation therapy. Lakukan meditasi, yoga, atau terapi napas. Anda juga dapat mendengarkan musik yang menenangkan. Intinya, lakukan aktivitas yang membantu Anda rileks.
  • Akupunktur. Sebagian orang dapat mengurangi rasa nyeri dengan perawatan akupunktur. Perawatan ini membutuhkan bantuan profesional ahli akupunktur dan butuh beberapa pekan untuk melihat efeknya.
  • Heat and cold. Gunakan kompres hangat atau panas, bisa juga menggunakan heating pads. Tempelkan pada sendi yang nyeri selama beberapa menit. Namun, jika Anda merasa lebih terbantu dengan terapi air dingin, coba gunakan es.
  • Pijat. Memijat area nyeri juga dapat membantu meredakan rasa sakit. Namun, pastikan Anda menggunakan jasa pijat profesional, sebab kesalahan dalam titik pijat justru dapat memperburuk kondisi Anda.

Nah itu dia beberapa obat sendi dan perawatan alternatif untuk nyeri sendi yang bisa Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*