Obat Sakit Gigi Saat Hamil, Coba Perawatan Berikut!

Obat Sakit Gigi Saat Hamil, Coba Perawatan Berikut!

Karena perubahan hormonal cukup besar selama kehamilan, gusi Anda pun bisa menjadi sangat sensitif terhadap tindakan sederhana sekalipun, menyikat gigi misalnya. Masalah gigi tersebut dapat mengancam kehamilan yang hampir sempurna, karena dapat menyebabkan perdarahan, pembengkakan dan nyeri pada gusi. 

Padahal, ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat. Pun, fakta menyebutkan bahwa ada risiko lebih besar melahirkan bayi prematur jika Anda menderita sakit gigi dan penyakit gusi. Lalu obat sakit gigi apa yang sebaiknya diberikan untuk ibu hamil?

Obat sakit gigi dan gusi paling efektif selama kehamilan

  1. Lidah buaya

Tanaman multifungsi ini sangat ampuh dan tentu saja salah satu pilihan aman untuk obat sakit gigi selama kehamilan. Karena terdiri dari 99% air dan memiliki berbagai khasiat penyembuhan. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba. Selama kehamilan, ketika gusi menjadi sangat sensitif, ini akan membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan pendarahan pada gusi Anda. Mudahnya, lidah buaya tersedia dalam bentuk jus,  suplemen, gel, obat kumur, dan pasta gigi. 

  1. Daun kemangi

Daun kemangi dapat membantu Anda untuk mengobati sakit gigi selama kehamilan. Caranya, hancurkan atau haluskan daun kemangi bersama dengan merica dalam jumlah yang sama. Setelah halus, oleskan pada bagian gigi yang sakit. Atau, Anda dapat mengunyah daun kemangi pada gigi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan membuat ramuan rebusan daun kemangi dan merica dalam air, lalu berkumur dengan air rebusan tersebut. 

  1. Cengkeh 

Penggunaan minyak cengkeh untuk masalah gigi atau gusi sangat baik, karena mengandung antiseptik alami yang efektif. Hal ini bisa menghilangkan infeksi bakteri dan merupakan pengobatan gigi alternatif paling ampuh. Jika Anda sakit gigi, kunyah cengkeh atau oleskan minyak cengkeh pada gigi atau gusi untuk meredakan rasa sakit. 

  1. Buah delima

Delima dikenal memiliki sifat antibakteri yang kuat yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan melawan plak gigi dengan baik. Anda dapat minum jus delima dalam cangkir atau berkumur setiap hari untuk mencegah plak gigi. Hal tersebut juga dapat mengurangi infeksi bakteri yang menyebabkan sakit gigi dikemudian hari. 

  1. Bawang putih

Selama kehamilan, penting untuk menjauhi obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Bawang putih telah terbukti menjadi obat yang sangat efektif untuk wanita hamil. Kupas satu siung bawang putih dan kunyah langsung atau oleskan ke area yang sakit. Bawang putih dapat membunuh bakteri di area terinfeksi sehingga dapat mengurangi rasa sakit tanpa efek samping. 

Menjaga kesehatan mulut selama kehamilan

  • Gunakan pasta gigi sensitif. Pasta gigi sensitif memiliki bahan aktif stannous fluoride, yang secara klinis terbukti melindungi gigi dari sensitivitas nyeri. Pasta gigi jenis ini juga membuat perbedaan besar dalam kemampuan Anda mengikuti rutinitas perawatan mulut yang teratur. 
  • Gunakan sikat gigi bulu lembut. Kepekaan gigi membutuhkan perawatan yang lembut. Sikat berbulu lembut akan membersihkan sela-sela dan sekitar gigi Anda secara menyeluruh sambil dengan lembut mengurangi rasa sakit dan gusi berdarah.
  • Tingkatkan asupan kalsium. Kalsium dapat membantu melawan asam di mulut Anda yang dapat menyebabkan pembusukan. Ini juga membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang Anda. 
  • Bilas air garam. berkumur dengan air garam dapat membantu mencegah peradangan dan berfungsi untuk menyembuhkan gusi jika terjadi radang gusi. 
  • Obat kumur lainnya. Gunakan fluoride atau obat kumur antimikroba untuk mencegah penumpukan plak dan radang gusi. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh soda kue ke dalam air untuk digunakan sebagai obat kumur terutama setelah mual di pagi hari karena membantu mencegah asam yang merusak gigi. 
  • Jaga kebersihan mulut. Sangat disarankan untuk menyikat gigi dua kali setiap hari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena akan memberikan perlindungan ekstra. Saat melakukannya pastikan juga untuk membersihkan dengan dental floss setidaknya sekali sehari. 
  • Kurangi mengonsumsi permen. Bakteri di mulut Anda akan berkembang pesat saat Anda mengonsumsi makanan bergula dalam jumlah tinggi. Akibatnya, bakteri melepaskan lebih banyak asam yang dapat merusak dentin, yang membuat gigi mudah rusak, sensitif, dan nyeri. 
  • Kunjungi dokter gigi. Pastikan untuk mengikuti pemeriksaan rutin gigi Anda. Jangan lupa juga untuk memberi tahu dokter gigi, bahwa Anda sedang hamil sehingga mereka dapat melakukan tindakan pencegahan yang tepat atau memberikan obat sakit gigi yang tepat, seperti menghindari jenis rontgen tertentu. 

Beberapa jenis obat sakit gigi alami di atas dapat Anda coba lakukan di rumah. Namun, jika dalam beberapa hari sakit gigi tak kunjung hilang, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dan, beritahukan dokter gigi bahwa Anda sedang hamil.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*