Obat Migrain Alami yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

Air susu ibu atau ASI terbentuk dari perkembangan atau peningkatan hormon yang memengaruhi kelenjar susu. Oleh karenanya, kualitas ASI amat dipengaruhi oleh kondisi tubuh, termasuk apa yang dikonsumsi ibu. Banyak obat yang bisa terserap ke dalam ASI, termasuk obat migrain. Dengan begitu, ada baiknya ibu menyusui memilih obat migrain alami.

Kendati demikian, tak semua obat hasil produk farmasi yang dibuat khusus untuk mengatasi sakit kepala tak sepenuhnya berbahaya, meski terserap ke dalam ASI, dan kemudian dikonsumsi oleh bayi. Ada memang obat-obatan untuk sakit kepala yang aman dikonsumsi ibu hamil, misalnya ibuprofen, paracetamol, hingga naproxen.

Mungkin, sebagian dari para pembaca ada yang tetap memilih menghindari penggunaan obat-obatan, dan memilih cara alternatif dalam mengatasi migrainnya. Jika kamu salah satunya, berikut beberapa bahan yang dapat dijadikan obat migrain alami yang bisa dicoba: 

  • Air putih

Sakit kepala, termasuk migrain, bisa disebabkan oleh dehidrasi. Terlebih bagi kamu yang tengah dalam masa menyusui. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sangat berbahaya bagi kondisimu. Pastikan kebutuhan cairan harian kamu terus tercukupi, ya.

Cobalah mengonsumsi air putih hangat saat kamu mengalami migrain. Siapa tahu, sakit kepalamu itu terjadi lantaran dehidrasi.

  • Pisang

Beberapa senyawa penting yang dapat dimanfaatkan sebagai obat migrain alami adalah magnesium dan potasium. Keduanya dipercaya dapat mengatasi sakit kepala lebih ampuh daripada obat lain yang mengandung bahan kimia.

Sementara bahan makanan yang punya banyak kandungan senyawa itu adalah pisang. Dengan begitu, ibu menyusui dapat mengonsumsi pisang dengan maksud meredakan migrain yang tengah dialaminya.

Namun, jika kamu tidak suka pisang, beberapa bahan makanan lain, mulai dari kacang-kacangan; biji-bijian; dan sayuran hijau seperti brokoli; atau olahan susu; daging; dan coklat, juga kaya akan magnesium dan potasium.

  • Wijen 

Biji wijen dapat menjadi obat migrain alami yang aman bagi ibu menyusui karena kaya akan vitamin E. Selain itu, sama seperti yang disebutkan di atas, kandungan magnesium yang tinggi di dalam biji wijen juga dapat berfungsi sebagai cara menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain.

  • Teh herbal

Teh herbal sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengobati sakit kepala. Bahkan ada beberapa jenis teh herbal yang dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Ibu menyusui yang masih “takut” menggunakan obat kimia dapat mencoba teh chamomile, teh jahe, teh peppermint, teh lavender, dan teh bunga krisan sebagai obat migrain alami mereka.

  • Jahe

Khasiat dari tanaman herbal satu ini tak perlu diragukan lagi. Dari sekian banyak manfaat yang dapat diberikan jahe bagi kesehatan tubuh manusia, mengatasi migrain terselip di sana.

Beberapa studi menyebutkan bahwa bumbu dapur ini memiliki khasiat yang sama dengan salah satu jenis obat untuk mengobati migrain.

Ibu menyusui yang tengah mengalami migrain dapat menyeduh jahe dalam air panas dan mengonsumsinya dalam keadaan hangat. Selain mengatasi sakit kepala, ini juga dapat membuat kamu menjadi lebih santai.

Dari sekian banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi migrain, kamu bisa mencoba satu atau beberapa bahan yang tertulis di atas. Obat migrain alami yang direkomendasikan tersebut memang belum sepenuhnya terbukti, tetapi tak ada salahnya mencoba. Toh, bahan-bahan di atas aman dikonsumsi dan minim risiko bagi ibu menyusui.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*