Obat Alami Asma, Dari Madu Hingga Temu Ireng

Apabila Anda memiliki asma yang parah dan obat-obatan biasa tidak dapat memberikan ketenangan yang Anda butuhkan, mungkin Anda penasaran apakah ada alternatif lain yang dapat membantu meredakan gejala asthma. Untungnya, beberapa obat herbal alami, seperti madu dan temu ireng, diklaim dapat meredakan gejala asma, mengurangi jumlah obat-obatan yang perlu Anda konsumsi dan secara umum dapat meningkatkan kualitas hidup. Obat herbal ini akan bekerja dengan lebih baik apabila dikonsumsi tanpa melupakan obat asma yang diresepkan secara teratur.  Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendetail.

Temu Ireng

Temu ireng banyak dikenal dapat meningkatkan nafsu makan. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma aeruginosa ini biasanya diolah sebagai jamu. Temu ireng kaya akan antiokidan serta antimikroba flavonoid, sehingga sangat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Manfaat temu ireng yang lain adalah kemampuannya dalam meredakan asma. Etanol yang diekstrak dari temu ireng memiliki efek anti asma berdasarkan aktivitas tracheospasmolytic. Oleh sebab itu, Curcuma aeruginosa atau temu ireng dapat dikembangkan sebagai sumber obat anti asma baru.

Perubahan diet

Meskipun tidak ada diet khusus untuk orang-orang yang menderita penyakit asma, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meredakan gejala yang ditimbulkan. Obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih sering menyebabkan asma menjadi semakin memburuk. Sangat penting untuk menjaga diet yang seimbang dan sehat, dalam arti Anda harus makan banyak buah dan sayur. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber antioksidan seperti beta karoten dan vitamin C dan E yang baik, dan nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu mengurangi peradangan yang ada di sekitar saluran pernapasan Anda. Apabila Anda menderita gejala asma setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan, cobalah untuk mengindari makan makanan tersebut. Ada kemungkinan Anda menderita alergi makanan yang dapat membuat gejala asma menjadi semakin memburuk. Bicarakan dengan dokter untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

Bawang dan jahe

Selain temu ireng, tanaman herbal lain yang efektif dalam mengatasi gejala asma adalah bawang putih dan jahe. Bawang putih mengandung beberapa manfaat kesehatan seperti sifat anti-peradangannya. Karena asma merupakan sebuah penyakit peradangan, bawang putih dapat membantu meringankan gejala asma yang Anda. Meskipun demikian, hal ini hanyalah sebatas klaim mengingat belum ada bukti konklusif bahwa bawang putih efektif dalam mencegah asma kambuh.

Begitu pula dengan jahe. Jahe adalah tanaman herbal yang memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengatasi asma. Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2013, suplemen jahe dihubungkan mampu meringankan gejala asma. Meskipun demikian, penemuan ini tidak serta merta mengkonfirmasi bahwa jahe dapat meningkatkan fungsi paru-paru secara menyeluruh.

Madu

Madu sering digunakan sebagai obat rumahan atasi demam atau flu, sekaligus membantu menenangkan tenggorokan yang meradang dan mengurangi batuk. Anda bisa mencampur madu dengan minuman panas seperti teh herbal untuk menyediakan ketenangan pada gejala asma Anda. Bukti ilmiah mengenai klaim ini masih sangat terbatas.

Beberapa jenis obat-obatan alami tersebut di atas seperti jahe dan temu ireng mungkin dapat membantu mengurangi gejala asma. Namun, Anda tetap harus mengikuti anjuran dokter dan tetap mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dan diberikan oleh dokter. Selain itu, obat-obatan herbal di atas masih memiliki bukti yang terbatas, atau bahkan tidak sama sekali, tentang keefektifannya dalam mengatasi asma. Bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukan terapi tambahan baru guna menghindari adanya efek samping tertentu.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*