Minyak Angin Cap Lang dan Solusi Perut Kembung

minyak angin cap lang atasi perut kembung

Banyak kebiasaan sehari-hari yang membuat perut menjadi kembung. Salah satunya adalah mengunyah makanan terburu-buru, makan sambil berbicara, sampai langsung tidur setelah makan. Biasanya ketika mengalami perut kembung, menggunakan minyak angin, seperti minyak angin Cap Lang, kerap menjadi pilihan. 

Minyak angin Cap Lang selama ini lebih dikenal sebagai minyak aroma terapi yang ampuh redakan gejala flu. Padahal, minyak ini juga memiliki khasiat meredakan berbagai masalah pencernaan. Khususnya, Anda dapat menggunakan minyak angin Cap Lang sebagai solusi untuk perut kembung atau gejala mual dan muntah. 

Khusus untuk masalah perut kembung, banyak solusi lain yang bisa menjadi pilihan Anda untuk meredakan gejalanya. Berikut ini adalah beberapa pilihan efektif untuk membuat gas di perut Anda berkurang sehingga perut tidak lagi terasa kembung. 

Tegakkan Badan 

Ketika gas dari lambung mulai naik ke saluran pencernaan atas dan membuat perut kembung, salah satu solusi tercepat adalah memperbaiki postur tubuh Anda. Semakin tegak badan Anda, semakin gas dalam perut bisa lebih cepat turun kembali sehingga masalah perut kembung lekas teratasi. 

Berjalan-jalan 

Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur. Ini dapat membantu melepaskan kelebihan gas dan tinja yang menjadi penyebab perut kembung. Karena itu, tidak ada salahnya segera keluar dari rumah dan menjalan-jalan di sekitar kompleks ketika mulai merasa kembung. Anda bisa sangat terpukau karena sehabis berjalan-jalan, kondisi perut Anda akan membaik sebab tekanan gas yang menimbulkan perut kembung jauh berkurang. 

Minum Air Hangat 

Banyak orang merasa ketika perut kembung, tidak disarankan minum air karena bisa membuat cairan di lambung makin penuh dan gejala kembung makin parah. Padahal sejatinya, minum air justru bisa membantu penurunan gas dalam perut sehingga perut kembung lebih mudah teratasi. Namun, pastikan Anda mengonsumsi air hangat untuk menjadi pereda perut kembang. Jika memilih air dingin, perut kembung justru dapat bertambah buruk. 

Kunyah Permen Karet 

Mengunyah permen karet bisa membuat gas tidak terus naik sampai ke kerongkongan. Metode ini terbukti efektif untuk meredakan masalah refluks lambung. Anda seharusnya juga sudah bisa menyangka bahwa mengunyah permen karet pun bisa dipertimbangkan untuk meredakan perut kembung yang juga terjadi karena tekanan gas yang naik ke bagian saluran cerna atas. 

Lakukan Pijatan Perut 

Memijat perut dapat membantu melancarkan buang air besar juga meredakan perut kembung. Pijatan yang efektif melawan perut kembung adalah pijatan yang dibuat dengan gerakan melingkar seara jarum jam di kisaran pinggul sampai rusuk. Tidak hanya itu, beri pula variasi pijatan lurus melintasi area perut bagian atas arah tulang rusuk bagian kiri. Supaya lebih efektif, Anda dapat menggunakan minyak angin Cap Lang untuk melakukan pijatan. Penggunaan minyak ini bisa membuat proses pijat lebih mudah, sekaligus memberi manfaat tambahan untuk meredakan perut kembung lewat aromanya. 

Manfaatkan Minyak Aroma Terapi 

Penggunaan minyak aroma terapi untuk meredakan sakit sudah mulai populer saat ini. Minyak angin Cap Lang sendiri sebenarnya tergolong sebagai minyak aroma terapi yang mengandung L-menthol, ekstrak kayu putih, sampai ekstrak pala. Minyak angina ini terkenal efektif mengurangi gejala nyeri. Namun siapa sangka, dengan menghirup uap dari minyak ini, perut Anda yang kembung juga dapat lekas membaik. 

Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat dapat meredakan sakit perut. Ini juga membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks yang berpengaruh baik bagi kelancaran saluran pencernaan. Dengan saluran pencernaan yang lebih lancar dan sehat, perut kembung pun bisa lekas menghilang. 

Mengobati pilek dan perut kembung hanya beberapa khasiat jitu dari minyak angin Cap Lang. Selain itu, minyak aroma terapi ini juga efektif mengurangi pegal-pegal sampai mencegah mabuk perjalanan. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/cap-lang-minyak-angin-24-ml
https://www.brighamandwomens.org/patients-and-families/meals-and-nutrition/bwh-nutrition-and-wellness-hub/special-topics/gas-beat-the-bloat
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322525
https://www.everydayhealth.com/excessive-gas/home-remedies-for-gas/
https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/photo-stories/6-easy-and-effective-home-remedies-to-treat-stomach-bloating/photostory/64586549.cms

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*