Menu Diet Tinggi Protein Aman Bagi Tubuh

Diet tinggi protein merupakan salah satu jenis diet yang cocok untuk lansia, binaragawan, serta Anda yang mudah mengalami kenaikan berat badan. Bagi lansia, diet tinggi protein akan membantu menjaga fungsi tubuh tetap kuat. Binaragawan membutuhkan asupan protein yang cukup karena sedang membangun tubuh. Sedangkan bagi yang mudah mengalami kenaikan berat badan, diet protein bermanfaat untuk membuat Anda tidak mudah merasa lapar. Selain berbagai manfaat yang ada, diet protein cukup populer sebab termasuk diet yang enak. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan makanan yang dikonsumsi rasanya lezat dan umumnya disukai oleh banyak orang. Berikut ini beberapa menu diet tinggi protein yang aman bagi tubuh Anda.

  1. Daging ayam

Menu diet tinggi protein berupa daging ayam dapat Anda coba. Pilih bagian dada dan makan tanpa kulitnya. Untuk menghindari lemak yang tinggi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kulit ayam. Satu dada ayamt tanpa kulit mengandung 53 gram protein.

  • Ikan

Ikan menjadi salah satu menu andalan untuk diet tinggi protein. Selain kadar lemak yang rendah, terdapat pula omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Satu ekor ikan yang setara 25 gram memiliki kandungan berupa 50 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram lemak. Variasi olahan ikan juga cukup banyak sehingga Anda tidak akan bosan untuk memakannya.

  • Telur ayam

Telur ayam mengandung protein rendah lemak yang dapat membantu perbaikan sel di dalam tubuh. Selain itu, telur ayam juga berguna untuk membentuk otot tubuh. Untuk aturan diet tinggi protein menggunaka telur ayam tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu mengonsumsi putih telurnya dan sedikit saja kuning telur. Dalam satu minggu, kuning telur hanya boleh dikonsumsi maksimal sebanyak 3 porsi saja. Hal itu dikarenakan kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

  • Kacang-kacangan

Selain protein hewani, Anda juga dapat melakukan diet tinggi protein dengan menambah konsumsi protein nabati berupa kacang-kacangan. Menu ini sangat disarankan terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Berbagai makanan yang berupa kacang-kacangan di antaranya tempe, tahu, kacang merah, kacang kedelai, dan kacang polong.

  • Oats

Untuk sarapan, menu diet tinggi protein berupa oats bisa menjadi pilihan. Oats terbuat dari tanaman haver yang bebas lemak jenuh. Selain itu, oats memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan protein. Terdapat kandungan protein sebanyak 13 gram dalam secangkir oats mentah.

  • Keju

Keju merupakan salah satu menu diet tinggi protein yang dapat Anda coba. Kandungan protein pada keju cukup tinggi sekitar 25 gram pada sepotong keju ukuran sedang. Selain protein, keju mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin B2, fosfor, dan kalsium.

  • Yogurt

Yogurt menjadi menu yang digemari pada diet tinggi protein. Selain rasanya yang enak, yogurt dipercaya membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Pilih yogurt rendah lemak dan rendah gula untuk dikonsumsi pada menu diet Anda. Konsumsi yogurt secara teratur juga membantu kinerja pencernaan, lho!

Diet tinggi protein juga memiliki dampak buruk bagi tubuh terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Pada tahap awal menjalani diet tinggi protein, Anda dapat merasa lemas, mual, dan pusing. Selain itu, tubuh yang mendapat asupan protein berlebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol dan penyakit tertentu seperti batu ginjal. Untuk menghindari kemungkinan dampak buruk yang muncul, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani diet tinggi protein.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*