Menilik 8 Manfaat Neutransmitter GABA

Sebagian orang mungkin belum terlalu akrab dengan istilah neutransmitter GABA. Padahal fungsi senyawa kimia sangat penting bagi kondisi kesehatan otak manusia secara khusus dan kesehatan tubuh secara menyeluruh secara umum.

GABA merupakan singkatan dari asam gamma-aminobutirat yang berperan penting sebagai penyampai pesan bagi sel saraf yang satu dengan sel saraf yang lain. Dengan tercukupinya neutransmitter GABA, seseorang akan lebih membuat sistem saraf lebih rileks sehingga manfaat ketenangan bisa Anda peroleh secara langsung.

Hanya saja, manfaat neutransmitter yang satu ini bukan sekadar memberikan ketenangan bagi pikiran Anda. Ada banyak manfaat lain yang bisa membuat Anda merasa sangat membutuhkan GABA. Berikut ini adalah beberapa manfaat GABA yang akan membuat Anda takjub dan merasa keberadaan neutransmitter ini amat penting dalam tubuh.

  1. Antimabuk Perjalanan

Tercukupinya neutransmitter GABA dalam tubuh akan membuat Anda merasa lebih rileks dan santai. Kondisi ini bisa menghindarkan Anda dari serangan mabuk perjalanan. Mengonsumsi suplemem GABA terbukti bisa mengurangi gejala keringat dingin, mengigil, sampai rasa mual dan muntah yang umum dirasakan oleh seseorang yang kerap mengalami mabuk perjalanan.

  • Turunkan Tekanan Darah

Jika Anda termasuk orang yang kerap bermasalaj dengan masalah tekanan darah tinggi, cobalah mengonsumsi produk suplemen yang mengandung GABA. Pasalnya, neutransmitter yang satu ini dianggap mampu menurunkan tekanan darah. Kemampuan tersebut berhubungan dengan kapasitas GABA sebagai penyampai pesan antar sel saraf yang membuat otak dan tubuh lebih rileks.

  • Kurangi Gejala Meningitis

Neutransmitter GABA bahkan mampu mengurangi gejala radang selaput otak alias meningitis. Pasalnya, GABA bisa mereduksi gangguan otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia. Berkurangnya gangguan otak secara otomatis akan membuat peradangan berkurang sehingga gejala meningitis bisa ditangani.

  • Atasi Insomnia

Sulit tidur tidak bisa dipandang remeh. Apalagi jika Anda sudah mengalami insomnia, artinya Anda akan lebih mudah lelah dan fungsi organ-organ vital pada tubuh sangat mungkin terganggu. GABA nyatanya bisa menjadi jawaban bagi Anda yang mencari cara mengatasi insomnia. Dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung GABA, orang-orang akan lebih mudah terlelap.

  • Reduksi Stres

Neutransmitter GABA juga bisa menjadi jawaban guna membuat kondisi otak Anda lebih rileks. Orang-orang yang mengonsumsi GABA secara teratur terbukti mampu mereduksi tingkat stres mereka. Dengan kondisi tingkat stress yang lebih terkendali, Anda akan lebih mudah untuk mencari solusi atas tiap masalah dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

  • Tekan Sindrom Crushing

Sindrom crushing merupakan suatu keadaan di mana hormon kortisol dalam tubuh terus mengalami peningkatan sehingga menyebabkan gejala yang buruk bagi tubuh. Beberapa gejala sindrom ini, yakni kenaikan berat badan drastis, otot melemah, sampai rasa cemas yang berlebihan sehingga Anda sulit beraktivitas. GABA bisa menekan sindrom crushing sebab salah satu fungsi dari neutransmitter ini adalah menurunkan tingkat kadar hormone kortisol dalam tubuh.

  • Minimalkan Kejang

Penyakit epilepsi kerap menimbulkan kejang bagi penderitanya. Gejala kejang ini sebenarnya bisa diminimalkan dengan mengonsumsi suplemen GABA. Manfaat GABA untuk mengurangi gejala kejang sudah dibuktikan lewat penelitian, hanya saja memang baru memasuki tahap awal sehingga diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

  • Hilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala disebabkan banyak faktor. Salah satu pemicu keluhan sakit kepala biasa didapatkan karena Anda mengalami kondisi stress berlebih atau tekanan darah yang terlalu tinggi. Di mana kedua pemicu tersebut sebenarnya bisa ditangani dengan mengonsumsi GABA. Artinya pula, dengan mengonsumsi neutransmitter GABA, Anda bisa menghilangkan keluhan sakit kepala yang tidak tertahan.

Dengan manfaat yang begitu beragam, tidak ada alasan ragu untuk bisa meningkatkan neutransmitter GABA dalam tubuh. Mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung GABA ataupun mengonsumsi suplemen khusus bisa meningkatkan jenis neutransmitter ini di dalam tubuh.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*