Apa Saja Manfaat Vitamin K2?

Apa Saja Manfaat Vitamin K2?

Setiap orang dihimbau untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan manusia untuk menerapkan pola tersebut, salah satunya termasuk mengkonsumsi makanan sehat. Makanan-makanan yang sehat mengandung berbagai sumber yang bermanfaat seperti vitamin K2. Manfaat vitamin K2 beragam untuk tubuh.

Manfaat Vitamin K2

Vitamin K2 bisa Anda peroleh melalui produk hewani seperti ikan salmon dan makanan yang difermentasi seperti keju. Selain itu, manfaat vitamin K2 mampu mencakup beberapa aspek penting bagi tubuh manusia, antara lain:

  • Aktivasi protein untuk pembekuan darah.
  • Metabolisme tulang.
  • Metabolisme kalsium.
  • Kesehatan jantung.
  • Penghasilan energi pada mitokondria sel.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K2, Anda akan memperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat yang Anda peroleh ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K2 adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K2 mampu mengaktivasi protein yang dapat mengikat kalsium untuk tidak hanya menjaga kesehatan tulang, namun juga membantu pembekuan darah.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat lain yang Anda peroleh adalah mampu menjaga kesehatan gigi, karena zat osteocalcin tampak di bagian tulang, termasuk gigi. Meskipun demikian, para peneliti belum menemukan bukti untuk pernyataan tentang hal tersebut. 

  1. Mengurangi risiko osteoporosis

Vitamin K2 mampu mengurangi risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang pada wanita yang mengalami menopause.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Vitamin K2 mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi menyatakan bahwa vitamin K2 dapat mencegah kalsium agar tidak mengendap pada bagian dinding pembuluh darah.

  1. Mengurangi risiko kanker

Vitamin K2 merupakan salah satu sumber yang bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker, karena mengandung antioksidan. Meskipun bermanfaat dalam mengatasi kanker, penelitian masih diperlukan untuk memperoleh bukti yang kuat untuk mengetahui apakah pernyataan tersebut benar atau tidak.

  1. Menjaga kadar gula darah

Vitamin K2 diklaim mampu menjaga kadar gula darah manusia. Jika manusia memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka akan menimbulkan rasa cemas, depresi, dan gangguan kognitif.

Sebuah penelitian yang melibatkan tikus yang diberikan vitamin K2 selama 10 minggu, mengungkapkan bahwa hasil eksperimen tersebut mampu menurunkan kadar gula darah dan dapat menenangkan perasaan manusia.

Penggunaan Vitamin K2

Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K2 setiap hari, maka asupannya adalah sebagai berikut:

  • Jika jenis kelamin Anda laki-laki, maka asupannya adalah sebesar 120 mcg.
  • Jika jenis kelamin Anda perempuan, maka asupannya adalah sebesar 90 mcg.

Jika Kondisi Anda Memburuk

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K2 itu penting, karena dapat menjaga kesehatan tulang dan jantung. Jika Anda mengalami kondisi medis tertentu, Anda dapat menghubungi dokter. Sebelum Anda bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki kebiasaan tertentu sehingga Anda bisa mengalami kondisi tersebut?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat menentukan pengobatan untuk mengatasi kondisi yang Anda alami. Selain itu, dokter juga menghimbau Anda untuk menerapkan pola hidup yang sehat seperti berolahraga untuk mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung.

Kesimpulan

Manfaat vitamin K2 beragam dan mampu menjaga kesehatan manusia. Ada berbagai makanan yang mengandung vitamin K2 yang bisa Anda konsumsi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa tanyakan ke dokter tentang vitamin K2.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*