Mengenal Lebih Dalam Tentang Obat Dolo Neurobion

Dolo Neurobion adalah obat pengurang rasa sakit dan nyeri yang diakibatkan karena gangguan saraf trigeminal (saraf di bagian wajah dan kepala).  Dolo neurobion adalah obat yang mengandung Acetaminophene (paracetamol) dan vitamin B kompleks seperti Thiamine Mononitrate (vitamin B1), Pyridoxol Hydrochloride (vitamin B6), dan vitamin B12.

Kandungan tersebut mampu membuat obat dolo neurobion efektif mengatasi rasa nyeri. Biasanya setelah dikonsumsi, ambang rasa sakit seseorang akan meningkat sehingga rasa nyeri bisa ditoleransi. Selain itu, vitamin B1, B6 dan B12 juga bisa memelihara fungsi sel-sel saraf. Obat ini termasuk dalam golongan obat bebas dan bisa diminum oleh orang dewasa sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kandungan dolo neurobion

Paracetamil yang terdapat pada dolo neurobion berfungsi sebagai penurun demam dan analgesic untuk meredakan nyeri. Obat ini akan melawan enzim Cyclooxygenase (COX) yang bertugas membentuk rasa nyeri. Sedangkan, vitamin B komplek juga tidak kalah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara itu, vitamin B6 bisa mengubah protein menjadi energi dan metabilosm asam empedu.

Efek samping dolo neurobion

Walaupun dolo neurobion dijual bebas dan bisa dikonsumsi tanpa resep dari dokter. Tetap saja ada efek samping yang perlu Anda ketahui dan biasanya reaksinya pun akan berbeda-beda pada setiap orang. Umumnya yang terjadi adalah reaksi alergi seperti gatal-gatal, bersin, bengkak, ruam merah, hingga sulit bernapas. Selain itu, bisa juga terjadi gangguan pencernaan seperti muntah, diare, dan mual.

Dosis obat

Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter yaitu 2-3 x 1 tablet perhari.

Jangan digunakan bersamaan dengan: Chlestyramine, rifampisin, fenitoin, fenobarbital, karbamazepin, primodon, dan probensind.

Perhatian khusus

Pada penderita penyakit ginjal, penderita yang mengonsumsi alcohol bisa meningkatkan risiko kerusakan fungsi hati; pengguaan jangka Panjang dapat menimbulkan sindroma neuropathy; tidak untuk mengoabti sakit otot, rematik, limbago, sakit punggung, bursitis, dan sindrom bahu lengan.

Dolo neurobion tidak untuk dikonsumsi pada penderita gangguan fungsi hati yang berat, seperti hipersensitf.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*