Mengenal Histidin dan Asam Amino Esensial Lainnya

Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino berbeda untuk menjaga kesehatan dan fungsi normal tubuh. Anda perlu mendapatkan asupan 9 dari asam amino tersebut (seperti lysine, histidin, threonine, methionine, valine, isoleucine, leucine, phenylalanine, dan tryptophan) dari berbagai jenis makanan, seperti daging, telur, tahu, kedelai, quinoa, dan produk susu. Saat seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung protein, tubuh memecah protein tersebut dan merubahnya menjadi asam amnino. Tubuh kemudian mengkombinasikan asam amino dalam berbagai cara untuk memenuhi fungsi.

Asam amino membentuk otot, menyebabkan reaksi kimia di dalam tubuh, mengirim nutrisi, mencegah penyakit,dan melakukan fungsi penting tubuh lain. Defisiensi asam amino dapat menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh, gangguan pencernaan, depresi, kemandulan, dan pertumbuhan lambat pada anak-anak. Beberapa jenis asam amino esensial di antaranya adalah:

  • Histidin

Histidin mendukung pertumbuhan, penciptaan sel darah, dan perbaikan jaringan. Histidin juga membantu pelindung khusus yang menutupi sel saraf yang dikenal dengan nama selubung myelin. Tubuh melakukan metabolisme histadin dan mengubahnya menjadi histamin, yang mana penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan reproduktif, dan pencernaan.

  • Lysine

Asam amino esensial ini penting untuk pembentukan otot, menjaga kekuatan tulang, mendukung pemulihan pasca cidera atau operasi, dan mengatur hormon, antibodi, dan enzim. Lysine juga memiliki efek antivirus.

  • Threonine

Threonine sangat penting untuk kulit dan gigi yang sehat, terutama karena asam amino esensial ini merupakan salah satu komponen dalam enamel gigi, kolagen, dan elastin. Threonine membantu metabolisme lemak dan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan pencernaan, kecemasan, dan depresi ringan.

  • Methionine

Methionine memainkan peran dalam menjaga kesehatan dan kelenturan kulit dan rambut. Asam amino esensial ini juga membantu menjaga kuku kuat, dan mendukung penyerapan selenium dan zinc serta membersihkan logam berat seperti timah dan merkuri.

  • Valine

Valine sangat penting untuk fokus mental, koordinasi otot, dan ketenangan emosional. Orang-orang menggunakan suplemen valine untuk pertumbuhan otot, pergaikan jaringan, dan energi.

  • Isoleucine

Isoleucine membantu penyembuhan luka, sistem kekebalan tubuh, regulasi gula darah, dan produksi hormon. Isoleucine umumnya terdapat di jaringan otot dan mengatur level energi.

  • Leucine

Leucine membantu mengatur kadar gula darah dan mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot dan tulang. Leucine juga dibutuhkan untuk penyembuhan luka dan produksi hormon pertumbuhan.

  • Phenylalanine

Phenylalanine membantu tubuh menggunakan asam amino lain serta protein dan enzim. Tubuh mengubah phenylalanine menjadi tyrosine,, yang dibutuhkan untuk fungsi otak tertentu. Defisiensi phenylalanine dapat menyebabkan pertambahan berat badan yang sulit pada bayi. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan eksim, kelelahan, dan gangguan ingatan pada orang dewasa.

  • Tryptophan

Tryptophan sangat penting untuk pertumbuhan bayi yang lebih baik, dan merupakan pelopor serotonin dan melatonin. Serotonin merupakan sebuah neurostransmitteryang mengatur nafsu makan, tidur, suasana hati, dan rasa sakit. Melatonin penting untuk mengatur tidur. Oleh karena hal itu, tryptophan sering digunakan untuk sedative, dan merupakan bahan penting beberapa obat tidur. Sebuah studi mengindikasikan bahwa suplemen tryptophan dapat membantu energi mental dan proses emosional pada wanita yang sehat.

Agar fungsi tubuh dapat terjaga dengan pria, Anda perlu memenuhi kebutuhan histidin, leucine, tryptophan, dan asam amino esensial lainnya dari diet makanan seimbang, seperti daging, telur, susu, tahu, dan makanan lainnya. Namun, apabila Anda mengikuti gaya hidup vegetarian dan vegan, Anda dapat memenuhi kebutuhan asam amino tersebut di atas dari diet atau menu sayuran yang bervariasi.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*