Mengenal Domperidone, Kandungan dalam Obat Vometa Tablet

Jika pernah mengalami masalah mual muntah hingga lambung, mungkin kamu pernah diresepkan obat vometa tablet. Biasanya obat ini diresepkan untuk orang-orang dengan masalah dispepsia, ketidaknyamanan pada perut, atau masalah mual dan muntah. Obat ini memiliki kandungan aktif yaitu domperidone. Nah seperti apa sih penggunaan dan dosis domperidone yang tepat? Berikut ulasan lengkapnya!

Vometa FT tablet adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah

Apa itu domperidone?

Domperidone adalah kandungan obat yang berfungsi meningkatkan pergerakan usus atau sistem pencernaan. Biasanya kandungan ini digunakan pada obat-obat yang membantu permasalahan perut dan mencegah mual muntah pada beberapa jenis pengobatan.

Terkadang obat ini juga digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, untuk yang satu ini dokter harus membuatkan resep khusus untuk ibu menyusui. Domperidone diproduksi dalam berbagai bentuk mulai dari kapsul, tablet, dan juga sirup. Salah merk satu obat yang menggunakan kandungan ini adalah vometa tablet.

Cara kerja domperidone

Domperidone bekerja dengan cara memblokir pesan antara sistem pencernaan dengan otak. Hal ini akan membuat kamu tidak merasa sakit karena otot di pintu masuk lambung mengencang dan otot di pintu keluar perut rileks.

Pada kasus peningkatan suplai ASI, domperidone bekerja dengan cara menstimulasi pelepasan prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang merangsang produksi ASI.

Apakah domperidone pada vometa tablet aman untuk semua orang?

Tidak semua orang boleh mengonsumsi obat dengan kandungan domperidone. Oleh karena itu obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

Berikut beberapa golongan orang yang tidak boleh mengonsumsi obat domperidone :

  • Orang yang alergi dengan obat domperidone atau sejenisnya
  • Berat badan di bawah 35 kg
  • Pernah atau memiliki perdarahan perut
  • Baru saja melakukan operasi seperti caesar atau operasi hernia
  • Memiliki tumor kelenjar hipofisis
  • Orang yang memiliki masalah pada hati dan ginjal
  • Memiliki masalah jantung atau detak jantung tak teratur
  • Punya masalah obstruksi usus, penyakit crohn, atau divertikulitis

Sebelum kamu diberikan resep oleh dokter, ada baiknya kamu menceritakan semua riwayat kesehatan kamu. Di antaranya:

  • Apakah kamu punya alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu
  • Memberitahu apa saja obat, vitamin, dan suplemen yang tengah kamu konsumsi. Sebab obat domperidone juga bisa bereaksi terhadap obat lain
  • Apakah kamu baru saja melakukan operasi
  • Jelaskan soal riwayat penyakit kamu termasuk penyakit pada pencernaan, jantung, dan hati

Apakah domperidone aman untuk anak-anak?

Obat mengandung domperidone seperti vometa tablet umumnya bisa diberikan kepada orang dewasa serta anak-anak di atas 12 tahun. Pada beberapa kasus, obat ini juga diresepkan untuk anak yang usianya lebih muda, bahkan bayi. Kembali lagi, penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Jadi, dokter biasanya akan memberikan resep yang aman dan sesuai dengan kebutuhan anak. Jangan pernah sekalipun memberikan domperidone tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Apakah domperidone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Obat ini biasanya tidak direkomendasikan untuk ibu yang sedang hamil. Namun, pada beberapa kasus obat ini digunakan pada ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Penggunaannya tidak sepenuhnya direkomendasikan, karena kandungan obat ini bisa terbawa ke ASI dan terminum oleh bayi dan sebabkan masalah detak jantung tak teratur.

Maka dari itu, jika ibu menyusui ingin mencoba obat ini untuk menaikkan suplai ASI, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dosisnya bisa disesuaikan. Nah itu dia beberapa ulasan mengenai kandungan domperidone yang ada pada obat vometa tablet. Ini adalah obat keras, jadi selalu gunakan dengan resep dokter ya!

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*