Mengapa Work Life Balance Penting

work life balance

Sebelum Anda menyerah pada mimpi work life balance Anda, Anda perlu mengetahui alasan mengapa keseimbangan itu penting. Karena memahami pentingnya work life balance itu penting untuk menciptakan kehidupan yang seimbang. Sebenarnya apa itu work life balance?

Work life balance adalah kondisi di mana seseorang berhasil meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Ketika berhasil meraihnya, hidup tidak terbebani atau hanya berfokus pada pekerjaan semata sehingga akan terasa lebih bahagia.

Karena work life balance dibuat (tidak ditemukan), sangat penting untuk memahami alasan mengapa work life balance itu penting. Selain itu, menciptakan work life balance adalah tentang membuat pilihan yang sulit. Untuk membuatnya, Anda perlu:

  1. Prioritaskan apa yang benar-benar penting (dan hilangkan sisanya),
  2. Kendalikan jalur karier Anda, dan
  3. Sederhanakan hidup Anda.

Semua ini membutuhkan keberanian, kekuatan mental, dan ketahanan (karena itu bukan hal yang mudah dilakukan). Untuk membuat pilihan sulit ini, Anda pasti menginginkan kejelasan seputar kenapa dan itulah yang akan menginspirasi Anda untuk bertindak dengan keberanian. Berikut beberapa alasan kenapa work life balance penting:

  • Work life balance artinya sedikit stres

Stres di tempat kerja diperkirakan menjadi hal yang sangat umum. Selain itu, banyan orang yang mengidentifikasi pekerjaan sebagai sumber stres nomor satu mereka.

Masalah terbesar adalah kebanyakan orang mengira mereka tidak punya pilihan. Tapi itu tidak benar.

Ingatlah bahwa work life balance pada akhirnya dibuat melalui pilihan Anda, hal itu juga yang menyebabkan Anda stres. Dengan menyetujui untuk mengambil lebih banyak pekerjaan saat Anda tidak memiliki kapasitas atau tidak mendelegasikan pekerjaan yang dapat didelegasikan, Anda menciptakan lebih banyak tekanan untuk diri Anda sendiri. Berikut adalah pilihan yang dapat Anda mulai buat sendiri untuk menghilangkan banyak stres dan kecemasan Anda:

  1. Mengatakan tidak pada hal-hal yang bukan merupakan prioritas.
  2. Mendelegasikan sebanyak yang bisa didelegasikan.
  3. Memilih untuk melakukan hal-hal yang menjadi prioritas (dan melepaskan non-prioritas).
  4. Memprioritaskan kesejahteraan Anda sendiri.

Hasil akhirnya adalah beban kerja yang lebih mudah dikelola dan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang penting bagi Anda. Hal itu akan sangat mengurangi tingkat stres dan kecemasan Anda.

  • Work life balance akan meningkatkan kesehatan mental Anda

Salah satu alasan terbesar mengapa work life balance penting berkaitan dengan kesehatan mental Anda. Saat Anda merasa seimbang, Anda lebih mampu menghadapi emosi dan pikiran negatif.

Otak manusia tidak dimaksudkan untuk merasa stres dan tertekan sepanjang waktu. Menciptakan lebih banyak keseimbangan dalam hidup Anda memberi Anda ruang bernafas untuk berpikir, yang memungkinkan pikiran bawah sadar Anda meluap ke permukaan. Hal itu akan membantu Anda untuk lebih memahami perasaan Anda, mengetahui pikiran Anda, dan benar-benar menghadapinya.

  • Work Life Balance berarti kesehatan fisik Anda menjadi lebih baik

Bagian dari menciptakan keseimbangan untuk diri sendiri termasuk menjaga kesehatan fisik Anda. Dan ya, itu termasuk hal-hal seperti:

  1. Makan makanan sehat,
  2. Mengurangi asupan gula dan alkohol,
  3. Kebiasaan tidur yang sehat,
  4. Latihan rutin.
  • Work life balance meningkatkan hubungan Anda

Bekerja terlalu banyak berarti lebih sedikit waktu dengan orang yang Anda cintai dan juga berarti lebih sedikit waktu yang berkualitas. Sangat sulit untuk hadir dan memberi orang lain perhatian penuh Anda saat kelelahan. Gaya hidup yang seimbang berarti lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman yang berkualitas tinggi. Bayangkan apa yang akan dilakukan untuk hubungan Anda. Selain itu, pikirkan tentang bagaimana hal itu akan mempengaruhi pandangan Anda (baik secara umum maupun dalam karier Anda).

Ada efek baik yang akan membantu Anda menjadi lebih positif tentang kehidupan, karier, dan bahkan hubungan kerja Anda.

Work life balance sendiri adalah tentang merasa puas, tentang siapa Anda dan keputusan yang Anda buat. Hal ini dimulai dengan pola pikir Anda dan hal tersebut bukan sesuatu yang Anda temukan. Work life balance adalah suatu keseimbangan yang Anda buat sendiri.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*