Manfaat Vitamin E yang Terdapat Dalam Eturol

Eturol, suplemen makan yang mengandung vitamin E. Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak atau dikenal dengan nama tokoferol, yang berasal dari kata Yunani “tocos” (keturunan) dan “phero” (melahirkan). Di masa lalu, vitamin E diyakini sebagai nutrisi penting yang membantu kesuburan dan perkembangan janin dan anak berkembang secara normal. Selain itu, peran vitamin E yang ada di dalam Eturol meliputi beberapa poin berikut ini.

1. Antioksidan

Selama proses biokimia seluler, banyak radikal bebas yang dihasilkan sebagai produk sampingan, yang dapat mempercepat kerusakan sel, menyebabkan penuaan sel dan memicu perubahan karsinogenik (penyebab kanker) dalam sel. Vitamin E bekerja sebagai penangkal radikal bebas karena aksi antioksidannya, mampu menghancurkan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkannya.

Radikal bebas dan antioksidan merupakan pemicu potensial untuk peradangan sel yang diamati pada penyakit, seperti hipertensi, diabetes dan aterosklerosis. Banyak peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin E dapat mempercepat kejadian kardiovaskular dengan mempengaruhi tingkat low-density lipoprotein (LDL).

Ketika LDL di dinding sel terkena radikal bebas, ia dapat mengalami perubahan kimia, yang menyebabkan pembentukan plak aterogenik di sepanjang lapisan dalam pembuluh darah, memfasilitasi aterogenesis.

2. Membantu kesuburan

Vitamin E mungkin memiliki peran dalam kesehatan sperma yang baik serta membuat leher rahim lebih layak huni untuk sperma. Hal ini dikenal untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita, karena sifat antioksidannya.

3. Perlindungan hati

Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin E secara teratur dapat membantu melawan kerusakan hati yang terlihat pada kasus penyakit hati berlemak non alkohol (NAFLD).  Sifat antioksidan vitamin E dapat membantu menghentikan atau memperlambat jaringan parut yang terlihat pada sel yang terkena. Namun, efeknya tergantung pada dosis yang ada di kemasan sebelum mengonsumsi suplementasi vitamin E seperti Eturol. 

4. Menjaga daya tahan tubuh 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Eturol, suplementasi vitamin E dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama pada wanita paruh baya.

5. Menjaga kesehatan ulkus lambung

Vitamin E dapat mempercepat pemulihan dari tukak lambung yang disebabkan oleh konsumsi alkohol atau obat penghilang rasa sakit. Kondisi ini mungkin juga memiliki peran dalam eliminasi Helicobacter pylori (H pylori adalah bakteri yang terlibat dalam kanker lambung dan tukak lambung berulang).

6. Degenerasi makula terkait usia (AMD)

Orang-orang yang berisiko kehilangan penglihatan bertahap karena AMD telah menunjukkan peningkatan yang menjanjikan ketika memakai vitamin E dosis besar yang dikombinasikan dengan vitamin C, seng dan antioksidan lainnya.

7. Kegunaan vitamin E dalam dermatologi

– Membantu mengurangi sengatan matahari

– Mencegah dan merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari

– Melasma (pigmentasi wajah akibat kehamilan)

– Luka bakar ringan, mencerahkan bekas luka, serta mempercepat penyembuhan luka

– Sering ditemukan dalam produk perawatan kulit, aplikasi vitamin E menghidrasi stratum korneum (SC, lapisan kulit superfisial) kulit dan membuatnya lebih kenyal.

8. Pengobatan luka tekan

Suplementasi vitamin E telah menunjukkan hasil yang baik dalam pengobatan luka tekan dan borok vena.

9. Pencegahan atau perlindungan kanker

Satu studi mengkonfirmasi penurunan 32 persen dalam kejadian kanker prostat dan penurunan 41 persen dalam kematian akibat kanker prostat pada perokok pria yang menelan 50 mg (75 unit) alfa-tokoferol (vitamin E) selama lima sampai delapan bertahun-tahun.

Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin E?

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen vitamin E, Eturol adalah bersamaan dengan makan siang karena suplemen paling baik diserap dengan makanan dan menyebabkan kembung atau keasaman minimal. Sedangkan jenis minyak vitamin E sering dioleskan ke wajah untuk kegunaan regeneratifnya. Waktu terbaik untuk melakukannya sering pada malam hari karena ritual kulit malam hari ini memungkinkan vitamin untuk mengendap di lapisan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*