Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit, Benarkah Untuk Pelembab?

manfaat minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang sudah mulai cukup banyak digunakan, baik itu sebagai tambahan masakan atau untuk perawatan tubuh. Banyak yang menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab kulit. 

Beberapa produk perawatan tubuh pun banyak yang menggunakan minyak kelapa sebagai kandungannya. Lantas apa manfaat minyak kelapa untuk kulit? Dan benarkah bermanfaat sebagai pelembab? Berikut penjelasannya.

Minyak kelapa untuk pelembab

Mengutip Healthline, minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab, tetapi tidak dapat bekerja dengan sendirinya. Minyak kelapa memang bekerja untuk menyegel kelembapan ke dalam kulit, tetapi dokter kulit bersertifikat, Dr. Purvisha Patel mengatakan itu tidak boleh menggantikan langkah pelembab dalam rutinitas Anda.

“Minyak kelapa bertindak sebagai sealant, karena membantu menjebak air ke dalam kulit agar tetap lembab. Tetapi alangkah lebih baik digunakan di atas pelembab, atau pada kulit lembab.” Jelas Patel.

Manfaat minyak kelapa untuk kulit

Ada beberapa manfaat menggunakan minyak kelapa pada kulit, antara lain:

  • Mencegah kehilangan air (dehidrasi kulit)

Menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan, menggunakan produk abrasif, atau mandi memang sangat penting, terlebih di era pandemi ini. Tapi perlu Anda ketahui juga, terlalu banyak mencuci dapat menyebabkan kerusakan pada bagian stratum korneum epidermis kulit. 

Stratum korneum adalah lapisan kulit paling atas, yang berfungsi untuk mencegah kehilangan air dan infeksi. Menurut sebuah studi, jika lapisan ini terus rusak, kulit dapat menjadi meradang, rentan terhadap infeksi, dan, pada beberapa orang, meningkatkan risiko pengembangan peradangan kulit kronis dari waktu ke waktu.

Produk yang menghidrasi dan memperbaiki kelembapan dapat membantu untuk mengurangi kerusakan. Minyak kelapa menjadi salah satu bahan yang membantu kulit mempertahankan kelembapan, seperti yang dikatakan oleh kata dokter kulit bersertifikat Dr. Beth Goldstein melansir dari Healthline.

Lipid lemak esensial utama tersedia dalam minyak kelapa, ini dapat membantu mengatasi retakan dan kehilangan air di lapisan atas kulit. Lipid ini juga dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit, membuatnya terasa kenyal dan terhidrasi sebagai hasilnya.

  • Mengandung asam lemak

Sama seperti namanya, minyak kelapa mengandung lemak yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan asam laurat di minyak kelapa dikenal karena efek positifnya pada kesehatan kulit yang menunjukkan aktivitas antivirus dan antijamur.

Karena sifat antivirus ini, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa asam laurat berpotensi berguna dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan acne vulgaris (jerawat). Kandungan lain, yaitu asam linoleate yang berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembapan.

  • Menjinakkan peradangan yang terkait dengan kondisi kulit tertentu

Dalam bentuknya yang paling murni; tidak mengandung aditif atau bahan kimia yang keras; minyak kelapa dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi kulit seperti eksim.

Menurut sebuah artikel dari National Eczema Foundation, minyak kelapa menembus kulit dengan cepat dan berguna dalam meningkatkan elastisitas kulit serta mengurangi rasa gatal akibat kondisi kulit tersebut.

Dalam sebuah studi pada tahun 2019, menjelaskan sifat emolien pada minyak kelapa yang berdampak positif pada kondisi kulit dermatitis dan xerosis ringan hingga sedang atau pada kulit yang sangat kering.

Minyak kelapa terbukti memiliki efek anti-inflamasi sekaligus menghilangkan rasa sakit. Minyak ini dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan status antioksidan. Di mana antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang dapat berkontribusi pada peradangan.

  • Membantu dalam penyembuhan luka

Sebuah penelitian pada hewan menyebut bahwa, minyak kelapa yang dioleskan ke kulit mempengaruhi penyembuhan luka karena dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen, protein penting yang membantu penyembuhan luka.

Dalam penelitian lainnya, minyak kelapa yang dikombinasikan dengan antibiotik, saat dioleskan ke kulit efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Sifat antimikroba minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi, salah satu faktor risiko utama yang mempersulit proses penyembuhan.

Manfaat minyak kelapa amat banyak dan dapat digunakan pada berbagai hal, salah satunya pada kulit. Untuk kulit sendiri, minyak kelapa bermanfaat untuk mengatasi kulit kering hingga mengurangi peradangan. 

Temukan lebih banyak manfaat minyak kelapa lainnya di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter mengenai minyak kelapa di aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*