Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Rambut

Minyak nabati adalah minyak yang dihasilkan oleh tanaman, baik dari daun, batang, akar, bunga, biji, atau getahnya. Mereka mengandung banyak vitamin maupun sifat-sifat lainnya yang baik untuk tubuh. 

Mereka juga dapat digunakan secara topikal atau penggunaan luar, atau dijadikan tambahan masakan. Salah satu yang dikenal adalah minyak eucalyptus. Minyak dengan aroma pedas ini digunakan secara topikal untuk beragam manfaat, seperti untuk rambut. Berikut manfaat serta cara menggunakan minyak eucalyptus untuk rambut.

Seputar Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus adalah minyak hasil penyulingan atau ekstraksi dari daun pohon Eucalyptus globulus, pohon cemara yang dikenal karena pertumbuhannya yang cepat. Meskipun pohon eucalyptus berasal dari Australia, namun kini mereka sudah tumbuh di seluruh dunia.

Seperti yang tertera pada sebuah studi pada 2016, minyak eucalyptus memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan herbisida. Mereka bermanfaat untuk rambut, yang bisa dioleskan pada rambut dapat merangsang folikel rambut, meningkatkan kesehatan rambut, mempromosikan pertumbuhan rambut, meredakan kulit kepala gatal dan mengobati kutu kepala.

Menggunakan minyak eucalyptus harus hati-hati. Seperti minyak esensial lainnya, minyak eucalyptus juga perlu untuk diencerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

Manfaat minyak eucalyptus untuk rambut

Berikut beberapa kaitan dan manfaat minyak eucalyptus untuk rambut yang didukung dengan beberapa penelitian.

  • Eucalyptus dan pertumbuhan rambut

Sebuah studi pada 2010 menyimpulkan bahwa minyak kayu putih memiliki sifat anti-inflamasi. Meskipun tidak dibuktikan oleh penelitian klinis, para ahli ini memercayai bahwa minyak eucalyptus untuk rambut dapat mengurangi peradangan kulit kepala, sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan rambut.

  • Minyak kayu putih dan ketombe

Sekitar setengah dari populasi orang dewasa diperkirakan mengalami ketombe dan dermatitis seboroik terkait. Sebuah laporan tahun 2012 yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Tropical Disease, menunjukkan bahwa minyak kayu putih memiliki sifat antijamur dan antiseptik yang dapat bertindak sebagai pengobatan anti-ketombe.

  • Minyak kayu putih dan kutu kepala 

Kutu rambut sangat menjijikan serta menganggu karena membuat Anda gatal dan terus menggaruk. Kehadiran mereka pun sangat berdampak buruk pada kulit kepala. Jika Anda terlibat dalam wabah kutu rambut ini, Anda mungkin bisa mempertimbangkan minyak eucalyptus sebagai pengobatannya.

Sebuah studi di Australia pada tahun 2017 menyimpulkan bahwa khasiat, keamanan, dan kemudahan penggunaan minyak eucalyptus; yang dalam larutan Leptospermum petersonii; menjadikannya alternatif yang produktif dalam pengobatan kutu rambut.

Sebelum menggunakan minyak eucalyptus untuk kutu kepala, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter Anda, yang mungkin memiliki saran lain untuk pengobatan dan pastikan Anda tidak memiliki alergi pada minyak ini.

  • Minyak eucalyptus dan piedra

Piedra merupakan salah satu jenis infeksi jamur yang menyebabkan pembentukan nodul pada batang rambut. Piedra juga memiliki dua jenis, yaitu piedra putih dan hitam. Untuk nodul dari piedra putih biasanya ditemukan di rambut wajah dan tubuh. Sedangkan nodul dari piedra hitam biasanya ditemukan di rambut tepatnya di kulit kepala. Minyak eucalyptus, menurut studi pada tahun 2012, terbukti efektif melawan jamur Trichosporon ovoides sebagai penyebab di balik infeksi ini.

Ada cukup banyak penelitian klinis yang dilakukan pada minyak eucalyptus. Beberapa di antaranya menunjukkan adanya manfaat untuk rambut, seperti efeknya pada ketombe, kutu kepala, dan piedra. 

Selain itu, ada pula beberapa klaim tentang minyak eucalyptus, seperti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, tapi belum terbukti secara klinis dan masih memerlukan penelitian lebih mendalam.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan minyak eucalyptus ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda, ingatlah untuk selalu mengencerkannya atau itu akan berbahaya. Jika Anda masih ragu atau khawatir tentang apakah akan menggunakannya atau bagaimana cara menggunakannya, bicarakan dengan dokter atau dokter kulit Anda.

Temukan lebih banyak informasi seputar manfaat minyak eucalyptus di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga dapat berkonsultasi atau berdiskusi secara online dengan dokter seputar topik ini. Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*