Manfaat Geranium Essential Oils untuk Kesehatan

Jika kamu sedang mencari essential oils dengan aroma bunga atau flower scent kamu bisa mencoba geranium oil.

Selain memiliki aroma yang menenangkan, minyak esensial yang satu ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu lho.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari geranium oil, langsung saja simak pembahasannya pada artikel di bawah ini.

Apa itu geranium oil?

Geranium oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang diperoleh melalui destilasi uap bagian batang dan daun tanaman pelargonium graveolens yang berasal dari Afrika Selatan.

Selain di Afrika, tanaman ini juga bisa kita temukan di Eropa dan negara-negara Asia. Jenisnya sendiri ada sangat banyak dan beragam. 

Kebanyakan memiliki bunga berwarna pink dengan aroma bunga yang mirip antara satu varietas dengan varietas lainnya. Ekstrak dari bunga ini biasanya digunakan dalam berbagai produk.

Mulai dari parfum, kosmetik, hingga minyak esensial untuk aroma terapi. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat kandungan dan manfaat dari minyak esensial ini.

Manfaat geranium essential oils 

Berikut beberapa manfaat geranium oil untuk kesehatan, tubuh, hingga kulit kamu:

1. Bantu atasi infeksi

Sebuah penelitian menemukan kalau geranium oil sama efektifnya dengan amoxicillin dalam mengatasi infeksi bakteri tertentu seperti jenis staphylococcus aureus.

Selain antibakteri, minyak esensial ini juga memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. Ini dapat berfungsi mencegah terjadinya infeksi saat adanya luka terbuka pada kulit.

2. Bagus untuk kesehatan mental

Mirip dengan essential oils lain, sebuah uji klinis juga menemukan kalau geranium oil memiliki efek menenangkan yang mampu meredakan masalah kecemasan.

Selain itu, penelitian pada hewan lab menemukan kalau minyak esensial yang satu ini juga memiliki efek anti depresi dan efektif untuk mengurangi stres.

3. Perawatan luka

Selain bisa mencegah terjadinya infeksi saat muncul luka, geranium oil juga dapat membantu proses pemulihan atau penyembuhan luka berkat sifat antibakteri dan antiseptiknya.

Saat luka baru terjadi, minyak ini bisa membantu menghentikan perdarahan ringan. Ini terjadi karena geranium mempercepat koagulasi, dan menyebabkan pembuluh darah berkontraksi.

4. Meningkatkan regenerasi sel

Geranium oil juga mampu meningkatkan proses regenerasi sel. Dengan cara mendorong daur ulang sel-sel mati, dan regenerasi sel baru.

Hal ini membantu dalam pertumbuhan sel-sel tubuh serta gametes, dengan membuat tubuh memetabolisme sesuatu secara efisien.

5. Mengatasi masalah kulit

Minyak esensial yang satu ini juga memiliki manfaat untuk berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, dermatitis, dan kondisi peradangan kulit lainnya.

Sifat antibakteri, antimikroba, dan antiseptik dalam geranium oil diketahui mampu mengurangi masalah jerawat, iritasi kulit, dan infeksi kulit.

Selain itu, sifat antiinflamasinya juga mampu membantu meredakan gejala peradangan yang muncul akibat masalah kulit tersebut.

Cara menggunakan geranium oil

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan minyak esensial ini. Pertama adalah mengencerkannya lalu oles secara topikal, seperti untuk luka dan iritasi kulit.

Selain itu kamu juga bisa menggunakannya dengan diffuser untuk menciptakan aroma ruangan yang menenangkan. Bisa juga meneteskan beberapa tetes geranium oil ke tisu untuk efek aroma terapi.

Nah itu dia beberapa manfaat dari geranium essential oil untuk kesehatan. Kalau kamu lebih suka menggunakan minyak esensial dengan metode apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*