Manfaat CT Scan di RS Bhakti Rahayu Surabaya

CT scan yang merupakan salah satu layanan di RS Bhakti Rahayu Surabaya, merupakan pemindaian tomografi terkomputerisasi yang menggunakan komputer dan mesin sinar-X yang berputar untuk membuat gambar penampang tubuh. Gambar-gambar hasil CT scan ini akan memberikan informasi yang lebih rinci daripada gambar sinar-X normal. Dengan menggunakan CT scan, maka akan dihasilkan gambaran yang dapat menunjukkan jaringan lunak, pembuluh darah, dan tulang di berbagai bagian tubuh. CT scan juga dapat digunakan untuk memvisualisasikan:

  • kepala
  • bahu
  • tulang belakang
  • jantung
  • perut
  • lutut
  • dada.

Selama CT scan dilakukan, Anda akan diminta untuk berbaring di mesin yang berbentuk seperti terowongan, sementara bagian dalam mesin berputar dan mengambil serangkaian sinar-X dari sudut yang berbeda. Gambar-gambar yang diambil dari CT scan ini kemudian dikirim ke komputer, di mana mereka digabungkan untuk membuat gambar irisan, atau penampang, dari tubuh. Gambar-gambar ini juga dapat digabungkan untuk menghasilkan gambar 3D dari area tubuh tertentu.

Manfaat Melakukan Tes Menggunakan CT Scan

CT scan memiliki banyak kegunaan, tetapi CT scan jauh lebih cocok untuk digunakan sebagai teknik diagnosis penyakit dan mengevaluasi cedera yang terjadi pada tubuh. Teknik pencitraan CT scan ini nantinya dapat membantu dokter untuk:

  • mendiagnosis infeksi, gangguan otot, dan patah tulang
  • menentukan lokasi massa dan tumor (termasuk kanker)
  • memeriksa pembuluh darah dan struktur internal lainnya
  • menilai sejauh mana cedera internal dan pendarahan internal
  • prosedur panduan untuk melakukan suatu tindakan seperti operasi dan biopsi
  • memantau efektivitas perawatan untuk kondisi medis tertentu, termasuk kanker dan penyakit jantung

Prosedur CT Scan

CT scan yang merupakan layanan dari RS Bhakti Rahayu Surabaya ini saat melaksanakan prosedurnya, dokter mungkin akan memberi pewarna khusus yang disebut bahan kontras untuk membantu gambar struktur internal jadi terlihat lebih jelas pada hasil gambar sinar-X. Bahan kontras menghalangi sinar-X dan tampak putih pada gambar, yang memungkinkannya untuk menyorot organ seperti usus, pembuluh darah, atau struktur lain di area yang ingin diperiksa. 

Tergantung pada bagian tubuh yang sedang diperiksa, pada umumnya kemungkinan diperlukan untuk minum cairan yang mengandung kontras. Atau, zat kontras mungkin perlu disuntikkan ke lengan atau diberikan melalui rektum Anda melalui enema. Jika dokter berencana menggunakan bahan atau zat kontras, dokter kemungkinan akan meminta untuk berpuasa selama empat hingga enam jam sebelum melakukan CT scan.

Ketika tiba saatnya untuk melakukan CT scan, Anda akan diminta untuk mengganti pakaian rumah sakit dan melepaskan benda logam yang menempel di badan. Hal ini disebabkan karena logam dapat mengganggu hasil CT scan. Barang-barang yang harus dilepaskan termasuk perhiasan, kacamata, dan gigi palsu. Dokter kemudian akan meminta Anda untuk berbaring telungkup di atas meja yang dimasukkan ke dalam pemindai CT. Petugas medis akan meninggalkan ruang ujian dan masuk ke ruang kontrol di mana mereka dapat melihat dan mendengar Anda. Anda akan dapat berkomunikasi dengan mereka melalui interkom.

Sementara meja perlahan-lahan memindahkan Anda ke pemindai, mesin sinar-X akan berputar di sekitar Anda. Setiap putaran dari mesin CT scan akan menghasilkan banyak gambar irisan tipis tubuh. Anda mungkin mendengar suara klik, dengung, dan deru selama pemindaian melalui CT scan. Meja akan bergerak beberapa milimeter pada satu waktu sampai ujian selesai. Seluruh prosedur CT scan ini dapat memakan waktu mulai dari 20 menit hingga satu jam.

Sangat penting untuk berbaring diam saat gambar CT diambil karena gerakan dapat menghasilkan gambar yang buram. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menahan napas dalam waktu yang singkat selama tes untuk mencegah dada Anda bergerak ke atas dan ke bawah. Jika seorang anak kecil membutuhkan CT scan, dokter biasanya akan merekomendasikan obat penenang untuk mencegah anak bergerak.

Setelah CT scan selesai, gambar akan dikirim ke ahli radiologi untuk diperiksa. Ahli radiologi adalah dokter yang ahli dalam mendiagnosis dan mengobati kondisi menggunakan teknik pencitraan, seperti CT scan dan sinar-X. Kemudian dokter akan menindaklanjuti hasil CT scan Anda. 

Risiko Terkait dengan CT Scan

Risiko CT scan merupakan sangat sedikit. Meskipun CT scan memaparkan lebih banyak sinar-X biasa, risiko kanker yang disebabkan oleh radiasi sangat kecil jika Anda hanya melakukan satu kali pemindaian. Risiko kanker Anda dapat meningkat dari waktu ke waktu jika Anda melakukan beberapa tes pemindaian menggunakan sinar-X atau CT scan. Risiko kanker juga akan meningkat pada anak-anak yang menerima CT scan, terutama pada dada dan perut.

Beberapa orang mungkin akan memiliki reaksi alergi terhadap bahan kontras. Hal ini karena sebagian besar bahan kontras mengandung yodium, jadi jika Anda pernah mengalami reaksi buruk terhadap yodium di masa lalu, pastikan untuk memberi tahu dokter terlebih dahulu sebelum melaksanakan tes menggunakan CT scan. Dokter mungkin akan memberi Anda obat alergi atau steroid untuk melawan potensi efek samping jika muncul reaksi alergi terhadap yodium tetapi harus diberikan kontras.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan tes menggunakan CT scan, Anda bisa mengaksesnya melalui fasilitas kesehatan terdekat, salah satunya yaitu RS Bhakti Rahayu Surabaya yang berlokasi di Jalan Ketintang Madya I No.16, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya Jawa Timur 60232. RS Bhakti Rahayu Surabaya memiliki jam operasional mulai hari Senin hingga Minggu pukul 00.00 sampai 23.59 serta unit gawat darurat 24 jam.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*