Lip care dan Cara Mencegah Bibir Kering

Lip care dan Cara Mencegah Bibir Kering

Bibir pecah-pecah atau kering memang tidak mengenakan. Selain karena sebagai tanda kita kekurangan cairan, kondisi tersebut juga membuat penampilan tidak maksimal. Salah satu cara yang bisa digunakan dan praktis dalam mencegah dan merawat bibir adalah membawa produk lip care ke manapun kita pergi.

Selain lip care, ada cara-cara lain yang bisa kita lakukan agar bibir tidak mengalami pecah-pecah atau kering. Paling tidak, dengan mengetahui metode tersebut kita bisa tahu apa yang harus dilakukan supaya kondisi bibir kita tetap prima dan lembab.

Agar tidak terlalu bertele-tele, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar bibir tetap lembab sehingga terhindar dari kondisi bibir pecah-pecah atau kering.

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah memastikan kita meminum air mineral yang cukup. Sudah menjadi pengetahuan umum, paling tidak dalam sehari kita perlu minum minimal delapan sampai sepuluh gelas. Dalam makanan pun, jangan lupa menyertakan buah dan sayur yang mengandung kadar cairan tinggi dan serat.

Agar bibir tak dehidrasi, kita perlu menghindari situasi di dalam ruangan ber AC terlalu lama. Kalaupun beraktivitas di tempat yang dingin, seperti di kantor, disarankan menutup bibir dengan masker. Perlu diingat, jangan basahi bibir dengan air ludah karena yang akan terjadi adalah penguapan yang cepat dan membuat bibir menjadi kering.

Nah, agar bibir tetap lembab dan terhindar dari pecah-pecah serta kering, kita perlu menggunakan lip care atau produk pelembab bibir lainnya. Utamakan dalam memilih produk, kita pastikan dulu ada atau tidak kandungan tabir surya yang bisa mencegah efek dari ultraviolet. 

Paparan ultraviolet dari sinar matahari tersebut bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Oleh karenanya, sebelum memilih lip care, pastikan dulu produk mengandung tabir surya.

Untuk pembaca sekalian yang menggunakan lipstik dalam aktivitasnya, sangat disarankan setia pada satu produk alias tidak gonta-ganti lipstik. Sebab, tanpa disadari kebiasaan gonta-ganti produk itu malah membuat bibir menjadi kering. 

Jika ingin menggunakan lipstik, sebelum dan sesudahnya dianjurkan menggunakan lip care dulu agar bibir tetap lembab. Ketika ingin menghapus lipstik pada bibir, direkomendasikan juga menggunakan petroleum jelly untuk menghapus lipstik karena bisa melembapkan bibir.

Di sisi lain, memakai petroleum jelly pada permukaan bibir dengan cara dioleskan memang memiliki manfaat dalam melindungi kadar cairan pada permukaan kulit kita. Hal tersebut kemudian yang membantu agar kelembapan bibir tetap terjaga. Di sisi lain, juga bisa membantu proses penyembuhan apabila terjadi luka pada kulit tersebut.

Meski demikian, jika di antara pembaca ada yang bibirnya sensitif, dianjurkan agar menghindari paparan alergen yang contohnya terdapat pada kosmetik atau produk kecantikan yang mengandung pewangi atau bahan kimia tertentu. Jika terpapar, maka malah bisa menimbulkan kambuhnya alergi. 

Ketika di antara pembaca saat ini ada yang sedang mengalami bibir pecah dan tampak ingin terkelupas, sangat disarankan agar jangan menariknya. Hal tersebut malah bisa membuat bibir menjadi terluka dan berdarah.

Dalam situasi tersebut, direkomendasikan lebih baik memakai scrub bibir yang memiliki fungsi mengangkat sel kulit mati. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan pada bibir dan gosok secara perlahan. Setelahnya, bisa memakai produk lip care yang dapat melembabkan bibir. 

Dari penjelasan-penjelasan di atas tentang mencegah bibir dari pecah-pecah dan kering, semua bisa saja tidak berguna kalau kebiasaan merokok tetap dilakukan. Selain itu, tidak rutin meminum air mineral juga membuat bibir mengalami dehidrasi.Selain hal-hal tersebut, sangat disarankan pembaca membawa lip care atau produk lain yang mampu melembabkan bibir ke mana pun berada. Hal itu akan sangat membantu apabila bibir sudah terlanjur kering atau pecah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*