Layanan Rawat Inap & Jam Besuk RS Juwita Bekasi

RS Juwita Bekasi merupakan salah satu rumah sakit yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat, yang pelayanannya terpusat kepada masyarakat secara umum. Melalui website resminya, rumah sakit yang terletak di bilangan Margahayu ini berusaha memberikan pelayanan kesehatan paripurna dan bermutu serta terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai pengejawantahan dari semangatnya itu, RS Juwita memiliki beragam jenis pelayanan. Salah satu yang jadi unggulan mereka adalah layanan rawat inap. Rumah sakit Juwita Bekasi memiliki berbagai macam ruang perawatan untuk menunjang pelayanan rawat inap ini.

Tersedia ruang rawat inap mulai dari ruang isolasi, NICU, hingga ICU. Khusus kelas rawat inap sendiri dimulai dari kelas 3—sebagai tingkatan paling rendah—sampai dengan VIP, yang jadi kelas tertinggi. Di antara itu ada kelas 2 dan kelas 1. Masing-masing tingkatan itu tentunya memiliki spesifikasi tersendiri.

Berdasarkan lansiran dari laman SehatQ, masing-masing kelas rawat inap itu memiliki rincian sebagai berikut:

  • Kelas 1

Ruang rawat inap kelas 1 cukup untuk menampung sampai 5 pasien dalam satu kamar. Di mana tiap-tiap ruang dilengkapi fasilitas mulai dari tempat tidur, AC, sofa, teve lcd, hingga lemari kecil untuk kebutuhan menyimpan sesuatu.

Masing-masing ruangan juga dilengkapi dengan kamar mandi. Dari sumber yang sama, fasilitas rawat inap kelas 1 ini dihargai 600 ribu rupiah per harinya.

  • VIP

Kelas VIP setingkat di atas kelas 1. Fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu berbeda dengan fasilitas kelas 1. Di masing-masing ruangan juga dilengkapi kamar mandi, AC, sofa, teve, dan rak penyimpanan.

Bedanya, di kelas VIP tersedia kulkas dan lemari besar. Kemudian, kapasitas tempat tidur pun lebih sedikit dari kelas 1, yakni tiga orang saja. Dengan demikian, privasi antarpasien, serta ketenangan dan kenyamanan jauh lebih terjaga.

Untuk harga satu malam di ruang rawat inap kelas VIP RS Juwita Bekasi adalah 1 juta 50 ribu rupiah.

  • NICU

NICU adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit atau bisa dipahami sebagai ruang perawatan intensif bagi para bayi baru lahir yang mengalami masalah kesehatan. Harga fasilitas ini di RS Juwita Bekasi adalah 850 ribu rupiah. Adapun fasilitas yang ada di ruang NICU Rumah Sakit Juwita Bekasi telah sesuai dengan standar  yang ada.

***

Salah satu hal yang disoroti dari fasilitas rawat inap yang tersedia di rumah sakit adalah kebijakan jam besuk atau berkunjung mereka. Ini sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan pelayanan atau kualitas dari sebuah rumah sakit.

Namun, unsur ini cukup penting di Indonesia karena berkaitan budaya dan kebiasaan masyarakatnya. Mungkin, sebagian besar orang kita jengkel jika sebuah rumah sakit terlalu ketat dalam menerapkan aturan jam besuk. Sebab, bagi sebagian orang di Indonesia menjenguk kerabat yang tengah di rawat di rumah sakit merupakan sebuah upaya untuk merawat nilai-nilai sosial.

Oleh karenanya, sebuah rumah sakit yang memiliki kebijakan jam besuk atau jam kunjung yang fleksibel jauh lebih disukai. Berkaitan dengan hal tersebut, RS Juwita Bekasi amat terbuka bagi masyarakat yang ingin menjenguk kerabatnya yang tengah di rawat.

Jam besuk atau jam kunjung tersedia setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Namun, waktunya dibagi menjadi dua sesi, yakni siang dan malam. Jam besuk siang dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Sementara jam besuk malam dimulai pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Para penjenguk harus mengetahui informasi ini agar tujuannya datang ke RS Juwita Bekasi untuk menjenguk kerabat tidak berujung kekecewaan karena tak diperbolehkan masuk. Asalkan sesuai dengan kebijakan yang sudah diterapkan, semua pasti boleh menjenguk kerabatnya. Namun, perlu diingat, untuk saat ini, di tengah pandemi Covid-19, mungkin kebijakan tersebut sedikit disesuaikan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*