Konselor Laktasi

Melahirkan adalah waktu yang dinantikan dan merupakan tanda bahwa seseorang akan menjadi seorang ibu. Menjadi ibu merupakan tanggung jawab yang besar. Pada tahap awal, Anda perlu mengurus segala kebutuhan bayi, terutama tentang hal yang berkaitan dengan menyusui. Jika Anda belum membekali diri dengan pengetahuan mengenai hal ini, maka konselor laktasi dapat membantu Anda untuk membiasakan diri dengan situasi seperti ini.

Konselor laktasi adalah seorang konsultan yang ahli dalam menangani masalah ibu dan anak, dan mereka dapat membantu Anda yang baru menjadi ibu, dan bila Anda belum mengerti apapun tentang bagaimana cara merawat bayi, khususnya jika Anda ingin menyusui anak Anda.

Sebuah tinjauan yang meliputi 16 studi baru diterbitkan. Studi yang dilakukan melibatkan lebih dari 5.000 ibu. Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang meminta bantuan konselor laktasi dapat memicu peningkatan jumlah ibu yang baru mulai menyusui.

Ada baiknya jika Anda baru punya anak dan ingin belajar mengenai cara-cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah yang kerap terjadi. Anda bisa meminta bantuan konselor laktasi jika Anda belum berpengalaman. Berikut adalah beberapa alasan bahwa Anda sebaiknya meminta bantuan kepada konselor laktasi:

  1. Konselor laktasi memiliki informasi yang berguna

Sebagian wanita mungkin telah belajar tentang menyusui sebagai persiapan menjelang kelahiran, dan sebagian wanita masih belajar setelah melahirkan anak. Menyusui juga membutuhkan waktu dan latihan supaya mereka semakin mahir untuk memberikan keperluan untuk bayinya.

Jika Anda pemula dan baru punya anak, Anda dapat menanyakan mengenai informasi yang berkaitan dengan hal ini dengan konselor laktasi. Anda bisa berdiskusi dengan konselor laktasi, baik masalah kecil maupun masalah besar. Konselor laktasi dapat memberikan tips tentang bagaimana cara untuk menangani bayi Anda, terutama pada saat menyusui.

Biasanya, konselor laktasi punya pengalaman bertahun-tahun untuk membantu Anda menyusui. Selain itu, hampir tidak ada masalah yang belum pernah dihadapi oleh para ahli tersebut. Semua masalah yang ada tentunya akan diatasi bersama dengan konselor laktasi.

  • Konselor laktasi dapat membantu proses menyusui

Konselor laktasi dapat membantu Anda agar Anda mempunyai pengalaman terbaik dalam menyusui. Mereka dapat memberikan dukungan penuh ketika Anda perlu arahan tentang menyusui. Mereka juga siap membantu Anda ketika Anda punya anak lagi.

  • Konselor laktasi dapat memberikan solusi selain proses menyusui

Konselor laktasi tidak hanya memberikan informasi yang berhubungan dengan menyusui, namun mereka juga dapat memberikan informasi lain seperti gangguan di bagian payudara, penambahan berat badan bayi yang lambat, dan sebagainya.

Khusus ibu yang sedang menyusui, banyak obat yang tidak tersedia atau disarankan untuk dikonsumsi karena dapat mempengaruhi ASI. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tanyakan masalah ini kepada konselor laktasi mengenai pengobatan secara alami untuk mengatasi masalah yang Anda alami.

Menyusui bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, terutama jika Anda belum berpengalaman. Jika Anda punya masalah seperti ini, Anda tidak perlu menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Anda bisa menanyakan masalah yang Anda alami ke konselor laktasi. Tidak apa-apa jika Anda menanyakan bantuan profesional seperti konselor laktasi. Mereka akan siap membantu Anda dan dapat memberikan pengalaman yang terbaik untuk Anda.

Konselor laktasi dapat membantu Anda dan bayi menyesuaikan diri agar Anda mendapatkan kenyamanan ketika menyusui, dan supaya bayi Anda dapat tumbuh dengan baik. Jika Anda mengalami gangguan di bagian payudara Anda, Anda bisa tanyakan masalah ini ke konselor laktasi. Mungkin saja payudara perlu dioperasi karena penyakit kanker. Meskipun kanker payudara tidak membuat bayi mengalami kanker, masalah tersebut mungkin akan menghambat kualitas ASI sehingga bayi kurang menikmati apa yang dikonsumsi.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*