Klinik Rumah Sehat Cikeas, Hadirkan Layanan Kesehatan di Rumah Anda!

Klinik Rumah Sehat Cikeas

Di masa pandemi virus corona ini, hampir semua orang membatasi untuk keluar rumah. Pun, mereka disarankan untuk tinggal di rumah saja jika memang tidak ada kepentingan yang mendesak untuk keluar rumah. 

Lalu, bagaimana jika mereka mengalami sakit atau mengalami beberapa gejala suatu penyakit? Apakah mereka harus langsung ke rumah sakit atau bisa menggunakan layanan klinik atau rumah sakit seperti layanan kesehatan di rumah Anda yang dilakukan oleh Klinik Rumah Sehat Cikeas. Yuk, cari tahu lebih jelas!

Layanan home service

Di tengah pandemi seperti ini, layanan home service atau home care adalah salah satu cara yang dilakukan beberapa klinik, laboratorium ataupun rumah sakit besar untuk melakukan layanan, pun demikian dengan Klinik Rumah Sehat Cikeas

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang menawarkan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung dan mendapatkan resep dokter untuk tindak lanjutnya. Namun, sayangnya layanan chat dokter ini mungkin hanya sebatas penyakit ringan saja, karena jika sedang ke berat disarankan untuk tetap mengunjungi rumah sakit. 

Klinik Rumah Sehat Cikeas menawarkan beberapa layanan kesehatan yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Homecare dokter umum, yang meliputi pemeriksaan fisik, rawat luka dan beberapa tindakan lain yang terkait dengan dokter umum.
  • Homecare keperawatan, yang meliputi pelayanan kesehatan seperti rawat luka, pasang infus, nebulizer, dan lain-lain. 
  • Homecare bidan, yang meliputi layanan kesehatan Ibu pasca melahirkan, perawatan bayi baru lahir dan sejenisnya. 
  • Tes Covid-19, termasuk rapid test antibody, rapid antigen, swab PCR, suntik vitamin C hingga melakukan vaksin (seperti vaksin influenza). 

Namun, jika Anda ingin mendatangi klinik secara langsung bisa mendapatkan beberapa perawatan seperti, poli gigi, umum, kebidanan, hingga khitan atau sunat. 

Tren telemedicine di masa pandemic

Telemedicine adalah kemampuan penyedia layanan kesehatan (baik klinik, dokter, rumah sakit) untuk bertemu atau melakukan konsultasi dengan pasien dari jarak jauh melalui telepon atau video. Cara ini semakin populer dilakukan selama masa pandemi Covid-19, baik di beberapa negara termasuk Indonesia. 

Nah, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan telemedicine, meliputi:

  • Akses mudah ke spesialis. Tidak semua orang memiliki hubungan atau mengenal  dengan dokter spesialis. Namun, dengan telemedicine Anda bisa mendapatkan akses sepanjang waktu dengan semua jenis dokter spesialis. 
  • Biaya lebih rendah. Biaya dokter dan terapis tidaklah murah, terlebih bagi beberapa orang yang kurang mampu. Melakukan janji telemedicine biasanya lebih murah dibandingkan kunjungan langsung. 
  • Akses medis bagi orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Tidak memiliki asuransi kesehatan adalah kendala untuk memeriksakan diri ke dokter, terlebih lagi dokter spesialis yang biasanya tergolong mahal. Nah, telemedicine biasanya menyediakan pembayaran tunai dengan harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan kunjungan langsung ke rumah sakit. 
  • Akses medi lebih mudah. Bagi Anda yang tinggal di daerah pelosok dan sulit menjangkau rumah sakit, ini adalah salah satu cara yang paling mudah dan cepat ke perawatan medis. 
  • Mengurangi paparan virus dan lain-lain. Jadwal konsultasi yang begitu antri dapat berkontribusi pada penyebaran Covid-19, flu dan virus lainnya. layanan kesehatan ini membuat Anda tetap di rumah sehingga menghindari paparan virus dan kuman di luaran. 

Kekurangan telemedicine

  • Sulitnya dokter mengambil sampel darah atau urin untuk orang dengan kondisi kronis yang minum obat.  
  • Dokter tidak dapat menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung atau pernapasan Anda, mengukur tekanan darah, atau mengecek alat vital lainnya. 
  • Dokter hanya mengandalkan penilaian visual, yang mungkin lebih sulit dilakukan secara virtual.
  • Tes lain, seperti mammogram, pap smear, sonogram, glaucoma harus dilakukan secara langusung. 

Kesimpulannya, jika Anda ingin menggunakan layanan kesehatan di rumah karena khawatir jika berada di luar rumah dan berada di sekitaran lokasi Klinik Rumah Sehat Cikeas, disarankan untuk menggunakan layanan home care mereka. Selain dapat menghindari virus atau bakteri di luar rumah, layanan ini pun terbilang cukup aman selama masa pandemic. 

Pun demikian dengan layanan telemedicine yang kini sedang marak. Namun, jika Anda menderita penyakit kronis yang membutuhkan tes lainnya, disarankan untuk tetap ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.  

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*