Khasiat Madu: Baik untuk Tubuh

khasiat madu untuk kesehatan

Setiap orang perlu menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari gangguan seperti sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda perlu mengkonsumsi obat. Selain obat, Anda juga dapat menggunakan bahan alami sebagai pilihan lain untuk mengatasi masalah tersebut. Contoh bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah madu. Khasiat madu baik untuk tubuh.

Mengapa Madu Bermanfaat Bagi Tubuh?

Madu dapat Anda konsumsi untuk mencegah tenggorokan yang disertai dengan batuk. Madu dapat dikonsumsi baik anak-anak yang berusia di atas satu tahun maupun dewasa. Madu tidak hanya merupakan pilihan umum untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, namun juga sering digunakan dalam sebuah penelitian.

Secara alami, madu yang mentah mengandung antiseptik yang disebut sebagai hidrogen peroksida. Kandungan tersebut dapat memberikan efek antijamur dan antibakteri pada tubuh manusia. Efektivitas yang ada pada kandungan tersebut juga bergantung pada kualitas yang dijual di pasaran.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa khasiat madu dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Menurut sebuah studi yang ditampilkan melalui jurnal Molecule, madu memiliki efek yang baik pada tubuh manusia karena memiliki karakteristik berikut:

  • Memiliki sifat antioksidan.
  • Memiliki sifat antijamur.
  • Memiliki sifat antivirus.
  • Memiliki efek anti peradangan.
  • Memiliki kemampuan untuk mencegah mikroba.
  • Melindungi tubuh dari risiko kanker.
  • Menjaga kondisi tubuh supaya terhindar dari risiko diabetes.

Madu mentah yang tidak terpasteurisasi mengandung polen lebah. Menurut sebuah studi yang ditampilkan melalui jurnal Evidence Based Complement Alternative Medicine, polen lebah memiliki karakteristik berikut:

  • Memiliki efek antioksidan.
  • Memiliki efek antiradang.
  • Memiliki efek antijamur.
  • Memiliki efek antibakteri.
  • Memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri.

Selain sifat di atas, polen madu juga mengandung sumber yang bermanfaat berupa vitamin A, vitamin C, kalsium, natrium, dan magnesium.

Perbandingan Antara Madu Mentah dengan Madu Biasa

Anda mungkin merasa bingung untuk memilih madu mentah atau madu biasa yang telah dipasteurisasi. Kedua madu tersebut memiliki perbedaan. Walaupun membutuhkan penelitian lebih lanjut, para peneliti menyatakan bahwa madu yang dipasteurisasi mengandung zat-zat yang dapat memberikan lebih sedikit manfaat dibandingkan dengan madu mentah.

Madu yang dipasteurisasi telah diuji melalui suhu tinggi. Proses tersebut dapat meningkatkan warna dan tekstur madu tersebut. Tidak hanya itu, proses tersebut juga dapat membunuh jamur yang berbahaya, menghilangkan kristalisasi, serta memperpanjang umur untuk menyimpan madu.

Di sisi lain, madu yang dipasteurisasi juga dapat mengurangi nutrisi yang bermanfaat. Madu tersebut memiliki gula tambahan dan zat-zat aditif yang pada umumnya ada pada pengawet.

Walaupun kedua pilihan madu tersebut memiliki kelemahan, kedua madu tersebut aman untuk dikonsumsi. Namun, Anda sebaiknya pilih madu mentah, karena madu tersebut memiliki nutrisi yang lebih baik.

Bahan Lain yang Dapat Dicampurkan dengan Madu

Anda dapat mencampurkan madu dengan takaran dua sendok makan ke dalam gelas air hangat. Madu dapat Anda konsumsi di pagi hari untuk membantu Anda melakukan aktivitas sesuai kebutuhan Anda.

Selain dengan air hangat, Anda dapat mencampurkan madu dengan bahan-bahan lain seperti perasan lemon yang dicampurkan ke dalam cangkir teh.

Efek Samping Madu

Sama seperti bahan lain, Anda perlu pahami bahwa madu juga dapat menimbulkan efek samping seperti mual dan muntah. Walaupun jarang, madu juga dapat membuat sebagian orang mengalami kondisi yang lebih serius.

Bahan Alami Lain untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Jika Anda tidak dapat mengkonsumsi madu karena alergi terhadap bahan tersebut, Anda disarankan untuk menggunakan bahan lain seperti teh chamomile dan akar licorice untuk meredakan sakit tenggorokan.

Kesimpulan

Khasiat madu dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Madu juga merupakan bahan alami yang sangat direkomendasikan oleh para peneliti dan Anda bisa mencampurkan madu dengan bahan lain untuk menambah selera minuman Anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*