Kenali dan Minimalkan Penyebab Rosacea

Rosacea

Rosacea merupakan masalah kulit di mana kulit akan mengalami penebalan, kemerahan, hingga pembuluh darah yang tampak dan berisiko rusak. Penderita penyakit ini bisa dibilang harus menanggung rosacea seumur hidup karena sampai sekarang belum ditemukan metode penyembuhan masalah kulit yang satu ini. 

Namun, gejala rosacea tetap dapat diminimalkan dengan terapi dan kontrol medis yang teratus. Di samping itu, penderita rosacea sebaiknya memahami apa saja yang dapat memicu parahnya masalah kulit ini pada dirinya. 

Pemicu dan penyebab rosacea sangatlah banyak. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering menjadi sumber dari penyakit rosacea yang banyak menyerang perempuan dengan usia di atas 30 tahun ini. 

  1. Makanan Pedas 

Jika Anda memiliki riwayat rosacea, lebih baik Anda mempertimbangkan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang ternyata ampuh untuk menjadi pemicu rosacea semakin parah. Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita rosacea adalah makanan pedas. 

  1. Minuman Panas 

Tidak hanya makanan, minuman pun dapat menjadi penyebab munculnya rosacea pada sesorang. Seseorang yang kerap mengonsumsi minuman panas yang membuat lidah terasa kelu akan lebih mudah menngalami masalah kulit berupa rosacea. Jadi, berhati-hatilah apabila Anda hendak bersantai sore dengan segelas kopi dan teh. Pastikan minuman Anda tidak terlampau panas agar tidak menimbulkan rosacea. 

  1. Suhu Ekstrem 

Suhu yang terlalu ekstrem sangat tidak bersahabat bagi kulit. Bahkan tidak jarang didapati, penyakit rosacea timbul atau menjadi lebih parah ketika penderitanya berasa di ruangan ataupun area yang suhunya ekstrem. Suhu ekstrem yang dimaksud di sini bisa suhu yang terlalu panas ataupun yang terlalu dingin. 

  1. Stres 

Penderita rosacea harus mampu mengontrol tingkat stresnya apabila tidak ingin memperparah rosaceae yang dialami. Tingkat stress sangat berpengaruh dalam membuat gejala rosacea menguat. Bahkan tidak hanya memperparah, terdapat kasus di mana rosacea yang dialami seseorang timbul karena luapan emosi yang tidak terkendali. 

  1. Tungau 

Tungau adalah sejenis bakteri yang bisa menjadi musuh besar bagi kulit. Keberadaan tungau berjenis Demodex di kulit sendiri merupakan awal mula seseorang bisa mengalami rosacea. Salah satu pencegahan yang dapat Anda lakukan agar tidak terkena paparan tungau ini adalah rajin membersihkan tepat tidur ataupun sofa yang ada di rumah Anda. 

  1. Kosmetik 

Hati-hati memilih kosmetik. Jika tidak cocok, kosmetik tersebut bisa membuat Anda terjerumus dalam penyakit rosacea. Pastikan kandungan kosmetik yang Anda pakai tidak mengandung bahan yang rentan membuat masalah kulit. Sedikit bocoran, pastikan kosmetik Anda bebas dari alkohol jika memang tidak mau mengambil risiko terkena berbagai masalah kulit, tidak terkecuali rosacea. 

  1. Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu ternyata dapat menjadi penyebab rosacea. Jenis obat yang bisa menimbulkan masalah kulit ini umumnya berjenis anti hipertensi. Ketika Anda mengonsumsi obat jenis tersebut, pembuluh darah akan melebar sehingga membuatnya lebih terlihat di permukaan kulit dan mengarah ke kondisi rosacea. 

  1. Olahraga

Olahraga memang menyehatkan. Namun, jika Anda terlalu memaksakan diri, bisa jadi olahraga yang biasa Anda lakukan justru menjadi penyebab rosacea. Olahraga yang kerap memicu rosacea adalah jenis olahraga seperti kardio yang mempelebar pembuluh darah. Olahraga yang dilakukan di luar ruangan dan cenderung terkena suhu panas pun lebih mudah memicu rosacea. 

*** 

Penyebab rosacea memang sulit dihindari. Namun, Anda tetap dapat meminimalkan risiko terkena penyakit kulit yang satu ini dengan mencari siasat untuk tidak berhadapan dengan sumber penyakit tersebut.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*