Kenali Buahnya Terlebih Dahulu Sebelum Meraih Manfaat Quince

Kenali Buahnya Terlebih Dahulu Sebelum Meraih Manfaat Quince

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin tidak familiar dengan quince atau kwinsi. Amat wajar memang jika pada kenyataannya buah ini terhitung sulit sekali ditemukan di nusantara. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenal buah ini lebih jauh. Sebab konon katanya manfaat quince bagi manusia begitu beragam.

Buah ini berasal dari dari wilayah berbatu dan berkayu di barat daya Asia, Turki, Iran dan semenanjung Laut Tengah. Akan tetapi belakangan quince juga mampu tumbuh dengan baik di bumi bagian utara seperti di Skotlandia. Anda bisa melihat pir untuk mendapat gambaran utuh mengenai fisik quince. Pasalnya, secara kasat mata kedua buah tersebut terlihat sama.

Sebelum mengetahui manfaat quince, ada baiknya mengenal lebih jauh mengenai buah ini terlebih dahulu. Berikut beberapa informasi yang bisa dijadikan sebagai “jalan” untuk mengerti quince lebih detail:

  • Buah dengan sejarah panjang

Ada narasi panjang yang menyertai keberadaan quince. Referensi mengenai buah ini banyak ditemukan dalam teks kuno. Misalnya quince disebut dan diyakini sebagai buah terlarang di Taman Eden. Mitologi Yunani pun mengaitkan quince dengan Aphrodite, si dewi cinta, dan banyak yang percaya bahwa apel emas yang diberikan Paris, pangeran Troya yang masyhur itu, kepadanya tak lain adalah quince. 

Karena itu, quince dikaitkan dengan cinta dan kesuburan, sehingga kebudayaan masyarakat pada zaman tersebut menjadikan quince sebagai bahan pokok untuk kue di pesta pernikahan dan menjadi persembahan kepada pasangan yang baru menikah sebagai tanda komitmen.

  • Kondisi fisik 

Menurut klasifikasi ilmiah, quince masih satu kerabat dengan apel dan pir. Buah-buahan tersebut masuk ke dalam famili Rosaceae. Namun di genusnya, Cydonia, quince berdiri sendiri atau dalam kata lain buah ini merupakan anggota tunggal.

Quince tumbuh di sebuah pohon peluruh kecil. Pohon tersebut dapat tumbuh dengan tinggi mulai dari 5 sampai 8 meter (16 setengah kaki sampai 26 kaki) dan lebar mulai dari 4 sampai 6 meter (13 kaki sampai 19 setengah kaki). Buah quince umumnya berukuran 7 sampai 12 sentimeter (3 sampai 5 inci) panjangnya dan dengan diameter 6 sampai 9 sentimeter (2 sampai 3 setengah inci).

Ketika buah ini masak, ia akan berwarna kuning keemasan. Buah quince dilapisi kulit yang tipis. Akan tetapi berbeda dengan pir maupun apel, ketika sudah matang daging quince justru bertekstur keras. Istimewanya, aroma buah quince begitu menggoda. Kurang lebih quince yang matang memiliki bau harum seperti jeruk beraroma vanilla.

Dengan kondisi buah seperti itu, quince hampir tidak bisa dimakan secara langsung. Seseorang butuh usaha lebih untuk mengolahnya terlebih dahulu menjadi beberapa olahan sebelum dapat benar-benar mengonsumsinya.

  • Seberapa besar manfaat quince?

Diyakini terdapat berbagai manfaat yang tersimpan di dalam pohon, biji, dan buah quince. Buah ini pun telah digunakan sebagai bahan obat tradisional selama beberapa dekade. Manfaat itu diyakini hadir lantaran terdapat beberapa bahan kimia di dalam quince yang berfungsi mengurangi respons sistem kekebalan terhadap zat yang menyebabkan reaksi alergi.

Selain beberapa antioksidan seperti flavonoid, quince juga mengandung serat dan beberapa vitamin dan mineral esensial yang tentunya punya manfaat tersendiri bagi tubuh. Sebuah quince dengan berat sekitar 92 gram setidaknya bisa memberikan:

  • Kalori: 52
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 14 gram
  • Serat: 1,75 gram
  • Vitamin C: 15% dari Nilai Harian (DV)
  • Tiamin (vitamin B1): 1,5% dari DV
  • Vitamin B6: 2% dari DV
  • Tembaga: 13% dari DV
  • Besi: 3,6% dari DV
  • Kalium: 4% dari DV
  • Magnesium: 2% dari DV 

Dari daftar itu dapat dipahami bahwa quince memasok vitamin C dan tembaga dalam jumlah sedang , ditambah sejumlah kecil vitamin B, zat besi, kalium, dan magnesium.

Semua senyawa yang dikandungnya tersebut dipercaya bisa membawa berbagai manfaat bagi tubuh, seperti mengatasi morning sickness pada ibu hamil; meredakan masalah pencernaan mulai dari maag sampai gejala asam lambung; hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Sayangnya manfaat quince tersebut belum didukung oleh penelitian atau studi yang komprehensif. Artinya, kita belum dapat benar-benar memastikan akan manfaat-manfaat tersebut. Kendati demikian, kenyataan tersebut seharusnya tidak membuat seseorang urung mengonsumsi buah ini. Toh, biar bagaimanapun mengonsumsi buah—apa saja, termasuk quince—secara rutin bisa meningkatkan kesehatan seseorang.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*