Jenis Keputihan Saat Hamil Ini Perlu diwaspadai

Mengalami keputihan pada masa kehamilan merupakan kondisi yang normal. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh.  Keputihan saat hamil disebabkan peningkatan kadar estrogen dan aliran darah ke vagina. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vagina serta bakteri normal dari vagina dan sel-sel mati dari dinding vagina. Namun, terdapat beberapa jenis keputihan saat hamil yang harus Anda perhatikan. Apakah keputihan tersebut tergolong normal atau tidak.

Keputihan normal saat hamil ditandai dengan keluarnya cairan jernih atau putih dan tanpa bau. Jika keputihan yang Anda alami lebih banyak dari biasanya, tidak perlu khawatir. Selama berwarna bening atau putih susu dan tidak berbau menyengat, keputihan tersebut masih termasuk keputihan normal. 

Ada beberapa jenis keputihan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Satu di antara tandanya adalah bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Hal seperti ini patut diwaspadai karena bisa jadi pertanda hal serius dan perlu penanganan khusus. 

Jika keputihan mengalami perubahan warna menjadi kuning, hijau, atau abu-abu, berbau tajam, dan disertai dengan gatal atau bengkak pada area vagina. Keputihan seperti ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya gangguan kehamilan atau gejala infeksi, termasuk infeksi menular seksual. Ketahui arti berbagai warna keputihan yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang berbeda:

  • Bening atau Putih Susu

Keputihan yang berwarna putih susu atau bening, bertekstur tipis, sebagian besar tidak berbau selama kehamilan biasanya menunjukkan leukorea, atau pengeluaran normal dan sehat, terutama jika baunya ringan. Namun, setiap perubahan dalam kuantitas atau konsistensi dapat memicu masalah.

  • Putih dan Kental

Keputihan yang kental dan putih atau tidak putih, menyerupai keju cottage, dapat mengindikasikan infeksi jamur. Infeksi jamur sering terjadi, dan tubuh sangat rentan terhadapnya selama kehamilan. Gejala lain termasuk gatal, sensasi terbakar, dan buang air kecil yang menyakitkan atau sakit saat berhubungan seksual.

  • Hijau atau Kuning

Jenis keputihan saat hamil yang berwarna hijau atau kuning biasanya menunjukkan infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia atau trikomoniasis. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), IMS dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan yang dapat memengaruhi wanita dan anak. 

Komplikasi ini kadang-kadang tidak muncul sampai bertahun-tahun setelah kelahiran, tetapi mereka dapat mempengaruhi sistem saraf dan perkembangan anak dan menyebabkan infertilitas pada wanita.

  • Abu-abu

Keputihan abu-abu dapat mengindikasikan infeksi vagina yang disebut bacterial vaginosis (BV), terutama jika juga memiliki bau amis yang menjadi lebih kuat setelah hubungan seksual. BV adalah hasil dari ketidakseimbangan bakteri di vagina.

  • Coklat

Keputihan biasanya berwarna coklat karena darah lama meninggalkan tubuh, yang bisa menjadi gejala awal kehamilan. Keputihan selama kehamilan umumnya tidak memprihatinkan. Namun, wanita hamil yang mengalami keputihan coklat gelap harus menghubungi dokter.

  • Merah Muda

Keputihan berwarna merah muda selama kehamilan itu adalah hal yang tidak normal. Kondisi ini sering terjadi selama awal kehamilan atau pada minggu-minggu terakhir saat tubuh bersiap untuk persalinan. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi sebelum keguguran atau selama kehamilan ektopik.

Itulah jenis keputihan saat hamil yang mungkin perlu Anda ketahui. Keputihan saat hamil termasuk hal yang normal, namun apabila terjadi perubahan warna dan timbul keluhan yang mengganggu hal itu wajib diwaspadai. Jika memang jenis keputihan saat hamil bersifat normal Anda dapat menggunakan pantyliner yaitu alas seperti pembalut yang dapat menyerap kelebihan cairan vagina demi kenyamanan. Namun jika Anda mulai merasa terganggu dengan keputihan yang Anda alami, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*