Jangan Salah Sangka, Pahami Manfaat Anak Bermain Kotor

Jangan Salah Sangka, Pahami Manfaat Anak Bermain Kotor

Sebagai orang tua, Anda mungkin selalu berusaha untuk menjaga kebersihan tubuh anak Anda. Oleh sebab itu, ketika anak bermain dengan sesuatu yang kotor, Anda akan berusaha mencegah mereka. Padahal, sebenarnya ada manfaat anak bermain kotor bagi kesehatan anak.

Agar anak mendapatkan manfaat dari bermain kotor, Anda sebagai orang tua perlu memberikan arahan pendukung. Hal ini dilakukan agar anak tetap memahami pentingnya menjaga kebersihan diri.

Manfaat anak bermain kotor

Banyak orang tua salah mengira bahwa bermain kotor justru sesuatu yang buruk. Namun, sebenarnya ada beberapa manfaat anak bermain kotor, seperti:

  • Meningkatkan kemampuan indra

Ketika bermain kotor, anak Anda akan merasakan berbagai hal yang melibatkan indra mereka. Mereka akan merasakan tekstur lumpur yang kotor pada telapak kaki, serta mencium aroma sampah yang kotor.

Anak juga akan mengenali warna dari hal-hal yang kotor. Hal ini secara tidak langsung melatih indra-indra anak Anda menjadi lebih aktif. 

  • Menguatkan otot

Anda mungkin tidak menduga bahwa bermain kotor juga bisa menguatkan otot anak Anda. Dalam permainan yang kotor dan berantakan, anak secara tidak langsung dilatih untuk menggunakan otot mereka. 

Hal ini membuat otot anak semakin terbangun dan berkembang dengan positif. Contohnya ketika bermain di lumpur, untuk bisa keluar dari genangan lumpur, anak memerlukan kekuatan otot tubuh untuk bisa terbebas dari lumpur. 

Di sinilah kemampuan otot anak Anda akan terlatih. Dengan begitu, otot-otot tubuh mereka akan berkembang dengan lebih baik.

  • Melatih keterampilan sosial dan emosional

Penelitian telah membuktikan bahwa sarana terbaik bagi anak untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional adalah melalui permainan. Ketika bermain kotor, kondisi emosional anak juga akan terlatih.

Sebagai contoh, anak Anda bermain dengan adonan kue sampai adonan itu berantakan dan membuat kekotoran dimana-mana. Tapi, mereka akan sangat berfokus pada adonan tersebut. Hal ini berkontribusi dalam melatih anak untuk mengendalikan diri sendiri.

Selain itu, bermain kotor juga bisa membantu untuk memperbaiki suasana hati anak yang sedang buruk.

  • Mendukung anak untuk berpikir

Melatih kemampuan berpikir adalah hal yang penting, karena akan berdampak pada ketermapilan kognitif anak Anda. Manfaat anak bermain kotor lainnya yang bisa Anda rasakan adalah kemampuan berpikir anak yang semakin berkembang.

Ketika bermain kotor, pikiran anak Anda akan dipenuhi dengan pertanyaan “Bagaimana jika?”. Karena pertanyaan itu, anak akan terdorong untuk mencoba mempraktekkan sendiri kegiatan yang berhubungan dengan sesuatu yang kotor. 

Setelah mempratekkan, anak Anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan dalam benak mereka. Akhirnya, mereka pun mendapat suatu pengetahuan yang baru dan menjadi lebih baik dalam berpikir.

  • Koordinasi tangan dan mata

Ketika bermain dengan sesuatu yang kotor, koordinasi tangan dan mata anak Anda akan terlatih. Terkadang, permainan yang kotor mendorong anak untuk meningkatkan konsentrasi mereka. 

Contohnya ketika anak bermain dengan clay atau lilin mainan. Saat akan membentuk suatu objek, mereka harus berkonsentrasi dan mengoordinasikan tangan serta mata mereka. 

Inilah yang menjadi salah satu manfaat anak bermain kotor. Mereka juga dituntut untuk menggunakan pikiran ketika bermain.

Melihat anak bermain dengan sesuatu yang kotor dan berantakan mungkin mengkhawatirkan Anda. Namun, Anda perlu membebaskan anak untuk memainkannya. 

Karena, dari poin-poin yang telah disebutkan di atas, Anda bisa melihat bahwa ada banyak manfaat anak bermain kotor. Jadi, sesekali biarkanlah anak bermain dengan sesuatu yang kotor untuk melatih kemampuan mereka sendiri.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*