Jangan Cemas, Ini Cara Mengatasi Munculnya Benjolan di Penis

Benjolan di Penis

Sangatlah wajar, jika Anda merasa cemas saat menemukan benjolan di penis yang sebelumnya tidak pernah ada. Benjolan di penis bisa ini juga muncul di area selangkangan dan sekitarnya. 

Tetapi sebenarnya Anda tidak perlu terlalu cemas jika muncul benjolan di penis secara tiba-toba. Sebab, kondisi ini umumnya tidak membahayakan kesehatan penderitanya. 

Meski demikian, ada beberapa penyebab dari kondisi ini bisa penyakit yang patut diwaspadai. Beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya benjolan di penis yang perlu Anda khawatirkan jika muncul disertai luka, atau lesi.  

Kondisi munculnya benjolan di penis bisa menimpa anak-anak atau remaja, bukan hanya orang dewasa atau bukan hanya menimpa mereka yang sudah melakukan hubungan seksual. 

Pada anak-anak dan remaja, benjolan ini bisa berwarna putih dan ada di batang penis. Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

1. Hindari Memencet Benjolan

Hal yang pasti, Anda kini bisa duduk tenang menghela napas dan menyingkirkan ketakutan akan benjolan pada penis sebagai kemungkinan kanker.

Kanker penis adalah salah satu jenis kanker kelamin yang paling jarang ditemukan. Jadi kecil kemungkinannya benjolan pada penis Anda menandakan gejala kanker.

Biasanya jerawat, kista, rambut yang tumbuh ke dalam, dan papula tidak akan menimbulkan bahaya. Meski demikian, hindari memencetnya karena dapat menimbulkan infeksi kulit dan meninggalkan bekas luka.

2. Bersihkan dengan Air Hangat 

Anda dapat membersihkan kulit penis yang bermasalah dengan air hangat dan sabun lembut.

Namun, hindari menggosok kulit dengan keras. Sebab, kulit di area genital sangat sensitif dan menggosok kencang dapat menyebabkan masalah seperti ruam atau iritasi.

3. Menjaga Area Selangkangan Tetap Bersih 

Sering-seringlah mencuci area penis dan selangkangan agar tetap bersih. Kebersihan yang buruk dapat menyebabkan penumpukan smegma, zat berminyak, bau, dan iritasi yang diketahui terjadi di bawah kulup.

Jika smegma menumpuk, dapat menyebabkan peradangan pada kulit di sekitarnya. Ini bisa menjadi tidak nyaman dan bisa menjadi penyebab balanitis, suatu kondisi di mana kepala penis menjadi merah dan meradang.

Bahkan dengan penis yang disunat, kebersihan yang kurang dari ideal dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan penis, termasuk balanitis.

4. Konsumsi Makanan Seimbang 

Terlalu banyak merokok dan minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, yang pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan penis Anda.

Saat Anda menemukan benjolan di penis, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan seimbang, seperti bayam dan alpukat.  

5. Konsultasikan ke Dokter  

Jika Anda khawatir tentang kutil dan benjolan di penis Anda, konsultasikan ke dokter atau klinik kesehatan reproduksi. Sebab, meski bisa saja tidak berbahaya, memastikan penyebabnya bisa membuat Anda lebih tenang dan mendapatkan perawatan yang paling sesuai.

Anda juga disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila benjolan di penis muncul disertai dengan kondisi di bawah ini:

  • Apabila benjolan yang muncul berjumlah lebih dari satu dan tidak terasa sakit
  • Benjolan pada penis terasa gatal atau berdarah
  • Ada perubahan aliran urine dari biasanya
  • Apabila Anda berhubungan seks dengan pasangan yang diketahui memiliki infeksi menular seksual atau kutil kelamin

Jangan malu untuk memeriksakan benjolan di penis pada dokter. Lebih baik, kondisi ini diperiksakan sejak awal, sebelum kondisi bertambah parah atau bahkan salah perawatan saat mencoba mengobati sendiri di rumah.

Semoga bermanfaat, ya! 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*