Ini Penyebab Penebalan Kulit dan Kapalan

Tahukah Andah bahwa kebiasaan-kebiasaan yang terlihat kecil bisa memicu dampak yang besar bagi kesehatan? Contohnya, kebiasaan Anda yang tidak memakai kaus kaki saat ingin menggunakan sepatu bisa menyebabkan penebalan kulit seperti kapalan.

Kondisi ini memang terlihat remeh, namun penebalan kulit seperti ini nisa membuat Anda merasa tidak nyaman, bahkan akan terasa nyeri jika kondisinya sudah parah. Penebalan kulit sebetulnya bertujuan baik, yaitu untuk melindungi kulit sensitive dari gesekan atau tekanan yang mungkin bisa melukai tubuh. Hanya saja, penebalan kulit yang tidak terkontrol harus ditangani supaya kondisinya tidak semakin parah dan mengganggu aktivitas Anda.

Penebalan kulit bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Namun, biasanya penebalan kulit ini terbentuk pada bagian yang sering terjadi gesekan atau mengalami tekanan, misalnya telapak kaki, siku atau telapak tangan. Berikut kebiasaan yang bisa menyebabkan penebalan kulit atau kapalan:

  1. Memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki: Ketika memakai sepatu sempit bisa membuat area kaki yang berada dalam sepatu menjadi tertekan dan akhirnya terjadi kapalan, sementara itu, sepatu yang terlalu besar juga akan memicu lebih banyak gesekan antara kaki dan bagian dalam sepatu.
  2. Tidak menggunakan kaus kaki: Walapun terlihat sepele, namun kebiasaan ini dapat memicu Kaplan karena memperbesar peluang terjadinya gesekan antara kaki dan sepatu. Risiko yang sama juga terjadi saat Anda memakai kaus kaki yang tidak sesuai dengan ukuran kaki.
  3. Tidak menggunakan alas kaki: Saat terlalu sering berjalan atau berlari tanpa memakai alas kaki akan membuat telapak kaki Anda mudah mengalami kapalan alias penebalan kulit. Selain itu, kulit di area telapak kaki Anda juga bisa pecah-pecah.
  4. Kebiasaan lain: memainkan alat musik, bersepeda, atau menulis juga bisa membuat kulit menebal. Orang yang sering melakukan ragam aktivitas tersebut sebaiknya menggunakan alas pelindung tangan jika tidak ingin mengalami penebalan kulit
  5. Faktor usia: seriring bertambahnya usia, jaringan lemak pada kulit akan semakin berkurang sehingga kapalan lebih mudah terbentuk

Selain faktor diatas, orang yang menderita kelainan tertentu, seperti bunion (benjolan tulang yang abnormal pada jempol kaki), hammertoe (tulang bengkok di ruas jari kaki sehingga membuat jari tersebut bernbentuk seperti cakar), atau osteofit (tulang yang tumbuh di sekitar persendian) berpotensi mengalami penebalan kulit.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*