Ini Manfaat dan Bahaya Tidak Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Mungkin sebelum melakukan olahraga, Anda sudah terbiasa melakukan pemanasan agar otot tubuh siap dilatih. Namun, masih banyak yang tidak melakukan pendinginan setelah olahraga. Padahal keduanya sama-sama penting untuk dilakukan.

Kenapa Pendinginan Setelah Olahraga Itu Penting?

Pendinginan atau cooling down penting dilakukan karena tidak hanya untuk mencegah cedera, tetapi juga bis amembantu mengatasi rasa nyeri yang muncul setelah berolahraga.

Gerakan dan kecepatan saat berolahraga akan membuat otot-otot tubuh menjadi hangat. Itulah fungsi pendinginan, yaitu untuk menjaga agar otot tidak robek atau terluka saat sedang hangat dengan cara meningkatkan rentang gerak otot. Rutin melakukan pendinginan juga dapat mengurangi rasa nyeri yang biasanya muncul usai berolahraga.

Berikut manfaat melakukan pendinginan setelah olahraga yang perlu Anda ketahui.

  1. Melatih Fleksibilitas Otot

Pendinginan dapat melatih dan meningkatkan fleksibilitas otot. Fleksibilitas otot ini memang perlu dilatih jika Anda memang rutin berolahraga.

Pendinginan ini juga penting dilakukan untuk mengurangi kekakuan otot. Sebab, seiring bertambahnya usia, otot dan persendian juga semakin kaku dan tidak lagi fleksibel sehingga perlu dilatih dengan rutin pendinginan.

  • Mengurangi Kelelahan Otot

Ketika Anda berolahraga, di otot akan terbentuk asam laktat yang sering menyebabkan otot terasa nyeri dan kelelahan. Melakukan pendinginan setelah olahraga akan membuat otot perispaan  penurunan suhu menuju aktivitas normal, sehingga rasa nyerinya pun lebih cepat pulih.

  • Mencegah Stres Pikiran dan Badan

Pendinginan juga akan berpengaruh baik tidak hanya bagi otot, tetapi juga pikiran Anda. Melakukan peregangan tuuh dengan mengatur napas secara baik setelah melakukan olahraga, akan membuat tubuh, pikiran, dan perasaan Anda menjadi satu.

  • Mengontrol Pernapasan dan Mengembalikan Detak Jantung

Setelah melakukan olahraga, pernapasan serta detak jantung mengalami peningkatan dan lebih cepat. Melakukan pendinginan dapat membantu menormalkan detak jantung Anda kembali seperti sebelumnya. Begitu juga dengan pernapasan. Pendinginan akan membantu napas Anda kembali pada ritme sebelumnya secara bertahap.

  • Menghindari Pusing

Ketika melakukan aktivitas berat seperti olahraga, aliran darah di otot-otot besar tubuh akan dihentikan secara tiba-tiba. Sehingga penting untuk melakukan pendinginan agar membantu menghindarkan Anda dari rasa pusing bahkan pingsan.

Bahaya Tidak Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Setelah memang disarankan untuk melakukan pendinginan. Bukan tanpa alasan. Pasalnya, semua sistem di tubuh Anda masih aktif bekerja keras saat Anda secara tiba-tiba berhenti berolahraga. Sehingga akan memunculkan berbagai dampak negatif jika tahap pendinginan dilewatkan.

Tubuh yang awalnya bergerak banyak lalu tiba-tiba melambat, maka otot akan kesulitan mengalirkan darah yang mengandung karbondioksida kembali menuju jantung. Sehingga mungkin saja darah terjebak dan berkumpul di otot.

Darah yang terjebak di otot ataupun katup pembuluh balik dapat menyebabkan kepala pusing, berkunang-kunang, bahkan pingsan.

Melupakan pendinginan setelah olahraga juga memicu terjadinya cedera. Otot yang belum pulih setelah berolahraga akan rentan mengalami cedera.

Ada juga kasus di mana olahraga tanpa melakukan pendinginan dapat memperburuk kondisi nyeri yang muncul 1-2 hari setelah berolahraga (DOMS) Rasa nyeri ini biasanya terjadi karena adanya robekan kecil pada otot.

Hindari Hal Ini Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, Anda memang dianjurkan untuk melakukan pendinginan. Namun, jangan makan terlalu banyak atau hindarilah kalori dari makanan olahan yang tidak sehat setelah berolahraga. Tidak masalah makan, asal jangan terlalu banyak mengkonsumsi kalori seusai berolahraga.

Hindari juga untuk berolahraga berlebihan karena bisa membuat otot tegang dan cedera. Memaksakan tubuh berolahraga secara berlebihan akan menimbulkan rasa mual. Latih juga pernapasan agar tidak menyebabkan pusing ketika berolahraga atau pun setelahnya.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*