Ini Jam Makan yang Baik untuk Kesehatan yang Terjaga

jam makan yang baik

Anda meras asudah mengonsumsi makanan bergizi, namun masih kerap bermasalah dengan kondisi kesehatan yang kurang prima? Bisa jadi ada yang salah dengan waktu makan Anda.

Jam makan yang baik bisa sangat berpengaruh ke penyerapan tubuh terhadap nutrisi makanan yang Anda asup maupun bagaimana organ tubuh Anda, khususnya sistem pencernaan, mencernanya. Karena alasan inilah, jam makan yang asal-asalan akan membuat kesehatan Anda pun kerap bermasalah. 

Tidak ada waktu pasti terkait jam makan yang baik. Yang ada hanyalah Anda mesti menyesuaikannya dengan jenis makan serta waktu istirahat Anda. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengerti konsep untuk membuat pola makan dengan waktu yang tepat. 

Berikut ini adalah beberapa tips buat makan dengan jam yang tepat agar kondisi kesehatan Anda lebih terjaga. Bagi Anda yang terbiasa makan sembarangan waktu, mulai sekarang jadikan ulasan di bawah ini sebagai panduan, ya! 

Jam Makan yang Baik untuk Sarapan 

Bagaimana cara Anda sarapan? Menu-menu yang sehat dan simpel sebaiknya Anda terapkan agar Anda tidak malas untuk melakukan kebiasaan makan yang baik satu ini. Namun, jangan lupa pula untuk mempertimbangkan waktu yang tepat untuk melakukan sarapan. 

Ada dua pertimbangan terkait waktu yang perlu Anda pahami mengenai jam makan yang baik untuk sarapan. Pertama adalah kisaran waktu ideal untuk melakukan kegiatan makan pagi ini. Kedua, seberapa lama jeda dari bangun tidur sampai sarapan. 

Mengenai waktu yang pas, jam makan yang baik untuk sarapan disarankan pukul 7—10 pagi. Ini merupakan waktu yang ideal di mana sistem pencernaan sudah usai beristirahat, di sisi lain tidak terlalu siang sehingga berpotensi mengganggu waktu makan berikutnya. 

Anda juga tidak dianjurkan segera sarapan begitu bangun tidur. Ini bisa membuat sistem pencernaan Anda kaget karena mesti bekerja tiba-tiba sehingga menghadirkan gangguan pencernaan yang tidak diharapkan. Disarankan Anda melakukan sarapan minimal 1 jam setelah bangun tidur untuk memastikan saluran pencernaan benar-benar sudah usai beristirahat dan siap bekerja mengolah makanan yang masuk ke tubuh. 

Jam Makan yang Baik untuk Makan Siang 

Pukul 12 siang adalah waktu yang identik untuk melakukan makan siang. Padahal, Anda tidak mesti menerapkan waktu tersebut untuk mulai bersantai di siang hari. Jam makan yang baik untuk makan siang sangat bergantung dari jam berapa Anda melakukan sarapan. 

Makan siang disarankan dilakukan minimal 4 jam setelah Anda sarapan atau paling lama sekitar 5 jam. Artinya ketika Anda sarapan pada pukul 8 pagi, Anda sudah bisa makan siang pukul 12 siang. Namun ketika Anda sarapan pada pukul 10 pagi, makan siang pukul 2 siang pun tidak apa-apa. 

Hanya saja harus diakui, aktivitas yang menyangkut pekerjaan kerap membuat waktu makan siang harus dilakukan antara pukul 12-1 siang. Jika Anda termasuk yang demikian, mulailah untuk mengatur waktu makan pagi yang lebih sesuai agar interval antara jam sarapan dan makan siang tetap sesuai. 

Jam Makan yang Baik untuk Makan Malam 

Jangan terbiasa makan malam terlalu cepat karena bisa membuat Anda kelaparan di tengah malam dan merusak kualitas tidur. Jangan pula terbiasa makan malam terlalu telat karena bisa menyebabkan berbagai gangguan pencernaan sampai beragam potensi penyakit kronis yang meningkat. 

Jam makan yang baik untuk makan malam disarankan tidak lebih dari pukul 7 malam. Ini dengan mempertimbangkan aktivitas metabolisme tubuh yang menjadi lebih lambat setelah melewati waktu tersebut. 

Bukan hanya itu, jam makan yang baik untuk makan malam juga menyangkut soal jeda antara makan malam yang Anda lakukan dengan waktu tidur Anda. Disarankan untuk memberi jeda waktu sekitar 3 jam dari waktu makan malam ke waktu tidur. Ini guna memastikan makanan telah tercerna dengan baik dan meminimalkan risiko terjadinya gangguan pencernaan. 

Pemberian jeda antara makan malam dan waktu tidur ini juga bertujuan kadar gula dari makanan yang Anda asup tidak lagi terlalu tinggi. Dengan demikian, risiko kenaikan berat badan yang signifikan ataupun diabetes bisa diminimalkan.  

Selain ketiga waktu jam makan yang baik di atas, perhatikan pula waktu untuk mengemil. Mengemil yang baik biasanya dilakukan antara makan siang dan makan malam yang interval waktunya lebih panjang. Pastikan Anda mengemil makanan sehat yang membuat Anda tidak terlalu kenyang. 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*