Ini Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Ketenangan Batin

Ini Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Ketenangan Batin

Banyak orang yang merasa bahwa seiring dengan bertambahnya usia, semakin sulit untuk bisa mendapatkan ketenangan batin. Hal ini disebabkan oleh berbagai kejadian dalam kehidupan yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengendalikan stres. 

Memiliki perasaan stres terus menerus pasti melelahkan. Bahkan, kalau tidak diatasi dengan baik, stres bisa berkembang menjadi depresi atau gejala kesehatan mental lainnya. Karena itu, menjaga ketenangan batin bisa menjadi salah satu untuk mengatasi diri Anda dari stres yang berkepanjangan. 

Hal-hal yang mempengaruhi ketenangan batin

Sebagian besar orang beranggapan bahwa kebahagiaan ditentukan oleh lingkungan yang mereka jalani. Rasa tenang dan bahagia didapatkan apabila lingkungan di sekitar juga tenang dan bahagia. 

Hal ini terjadi karena umumnya manusia mendasarkan kesejahteraannya pada hal-hal seperti: 

  • Kekayaan material

Tidak sedikit orang yang bekerja susah payah demi mendapatkan uang untuk memenuhi kepuasan materialnya. Hal-hal yang termasuk dalam kekayaan material antara lain mobil, rumah, pakaian, penghasilan, dan lain sebagainya. 

  • Orang lain di sekitar

Terkadang, melihat orang lain juga bisa menentukan ketenangan mental Anda. Anda mendasarkan rasa bahagia atas pandangan orang lain tentang Anda, cara orang lain memperlakukan Anda, serta penghargaan yang Anda dapatkan dari orang lain. 

  • Status dan kedudukan

Beberapa orang juga memimpikan status atau jabatan yang tinggi demi bisa mencapai kebahagiaan. Hal ini berhubungan dengan posisi di tempat kerja, ketenaran atau popularitas, prestasi yang pernah didapat, dan lain sebagainya. 

Selain faktor-faktor eksternal di atas, ketenangan batin Anda juga sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi lain yang terjadi pada Anda, seperti lamanya waktu yang Anda dapatkan untuk beristirahat setiap harinya, cuaca, kondisi politik di negara tempat Anda tinggal, dan lain sebagainya. 

Cara memperoleh ketenangan batin

Sebenarnya, Anda tidak harus mendasarkan ketenangan diri Anda pada faktor-faktor eksternal seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Anda tetap bisa menjaga ketenangan batin Anda dengan melakukan hal-hal sebagai berikut: 

  • Membatasi penggunaan media sosial

Di era digital seperti saat ini, kegiatan di media sosial memiliki pengaruh yang sama pentingnya dengan kegiatan di kehidupan nyata. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa media sosial cenderung memicu seseorang untuk membandingkan dirinya dengan orang lain, membuat mereka lebih mudah merasa cemas dan kurang percaya diri.

Hal ini bisa membuat Anda sulit mendapatkan ketenangan batin. Bila Anda terus merasa cemas dan stres melihat konten-konten di media sosial, sebaiknya batasi penggunaannya demi kesehatan mental Anda sendiri. 

  • Menulis jurnal pribadi

Menulis jurnal atau diary bisa membantu untuk menenangkan pikiran. Segala pikiran dan perasaan yang membebani Anda bisa diluapkan melalui jurnal tersebut. Ini akan sangat efektif, khususnya bila Anda tidak memiliki orang lain yang bisa dipercaya untuk menjadi pendengar atas masalah-masalah Anda.

Selain itu, menulis jurnal membantu Anda dalam melihat suatu situasi dari sudut pandang yang berbeda.

  • Meditasi

Semakin hari, meditasi semakin populer karena terbukti bisa memberikan ketenangan pikiran. Meditasi juga sudah menjadi bagian dari olahraga yoga. Dengan meditasi, Anda dilatih untuk memaafkan, melepaskan, dan mengurangi emosi negatif.

Anda bisa melatih diri untuk melakukan meditasi dengan mengikuti kelas yoga ataupun belajar dari panduan meditasi online yang bisa Anda dapatkan di internet. Meditasi setidaknya 10 menit dalam sehari saja sudah cukup untuk menenangkan diri Anda.

Dengan mengendalikan pikiran dan perasaan, Anda bisa mencapai ketenangan batin yang lebih maksimal. Anda tidak perlu menunggu adanya perubahan pada lingkungan Anda untuk bisa mencapai ketenangan tersebut.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*