Ini Dia Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Apa kalian pernah mengalami hidung mampet sebelah? Biasanya, ketika hidung mampet, baik terjadi di kedua sisi maupun sebelah sisi, dapat mengganggu aktivitas tidur karena akan menyebabkan sulitnya bernapas. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan hidung mampet. Salah satunya adalah pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di rongga hidung saat mengalami alergi. Namun, ada pula kondisi lainnya yang dapat menyebabkan hidung mampet.

Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, salah satunya menguap wajah.

Kondisi hidung mampet sebelah terkadang disertai dengan gejala lainnya seperti hidung berair, nyeri di daerah sinus, terjadi penumpukan ingus yang menyumbat hidung, dan pembengkakan jaringan dalam hidung. Hidung mampet pun bisa diatasi dengan pengobatan dari rumah. 

Ketika mengalami hidung mampet, disarankan untuk menjaga kelembapan saluran hidung. Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang dapat meredakan hidung mampet sebelah maupun di kedua sisi.

  1. Menghirup uap hangat

Uap hangat bisa dihasilkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. Tetapi harus diingat, ketika menghirup uap hangat harus hati-hati. Hirup uap hangat dengan perlahan dan jangan sampai air mendidih tersebut mengenai kulit hidung. 

Tidak hanya menghirup uap hangat dari air yang sudah dimasak, Anda juga dapat menghirup uap hangat ketika sedang mandi air hangat. Humidifier juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghirup uap hangat dan meredakan hidung mampet.Minu

  1. Minum air putih

Cara lain dalam mengatasi hidung mampet sebelah adalah dengan memperbanyak minum air putih. Minum air putih dikatakan dapat membantu mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tidak kering. Selain air putih, teh hangat, air jahe hangat, dan jus buah segar juga dapat membantu meredakan hidung mampet.

  1. Buang ingus

Salah satu penyebab hidung mampet sebelah adalah pilek. Kondisi ini menyebabkan hidung mengeluarkan ingus atau lendir secara terus menerus maupun sesekali. Untuk mengatas hidung tersumbat karena pilek, sering-sering lah buang ingus secara teratur. 

Cara membuang ingus yang benar adalah dengan menutup salah satu lubang hidung dengan jari, lalu buang ingus melalui lubang satunya secara perlahan. Ingat, jangan menangis terlalu keras karena kuman dapat terdorong ke telinga dan menyebabkan infeksi pada telinga.

  1. Tidur dengan ekstra bantal

Dengan menggunakan ekstra bantal dapat menjaga kepala pada posisi yang lebih tinggi. Hal ini dapat melegakan pernapasan dan meredakan hidung tersumbat.

  1. Membilas hidung dengan air garam

Salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah adalah dengan menyemprotkan air garam steril atau saline ke salah satu lubang hidung dan mengeluarkannya dari lubang hidung lainnya. Membilas hidung dengan menggunakan air garam dikatakan dapat melegakan hidung tersumbat dan membersihkan hidung dari bakteri serta virus.

Cara melakukan bilas hidung dengan air garam cukup gampang. Larutkan air garam dengan mencampur setengah sendok teh garam dengan baking soda secukupnya, kemudian campurkan dalam 1 cangkir air mineral hangat.

Larutan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam alat suntikan untuk mempermudah proses membilas. Tapi sebelumnya, jarum pada suntikan harus dilepas terlebih dahulu. Kemudian, bersandarlah ke wastafel dengan memiringkan kepala, lalu semprotkan lauran dengan suntikan ke salah satu lubang hidup. Biarkan larutan mengalir keluar dari lubang hidung lainnya.

Selama proses ini, tidak diperbolehkan bernapas melalui hidung karena air dapat masuk ke sistem pernapasan. Bernapaslah melalui mulut. Bilas hidung dapat dilakukan selama satu atau dua kali sehari.Meski hidung mampet sebelah bisa ditangani sendiri di rumah, ada baiknya untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini untuk memastikan hidung tidak akan mampet lagi dan mengganggu kenyamanan. Apalagi jika hidung mampet berlangsung lebih dari 10 hari dibarengi dengan gejala demam tinggi, keluar lendir hijau dari dalam hidung, dan rasa sakit di area sinus.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*