Ini Cara Mengatasi Sakit Telinga pada Anak

Ini Cara Mengatasi Sakit Telinga pada Anak

Sebagai orang tua, tentu Anda tidak tenang melihat anak mengalami masalah dengan kesehatannya, misalnya saat anak mengalami sakit telinga. Tapi, Anda tidak perlu cemas, karena sakit telinga pada anak bisa diatasi. 

Sakit telinga yang dialami oleh anak mungkin sering menjadi alasan utama seorang anak dibawa untuk berobat ke dokter umum. Ada beberapa penyebab kemunculan rasa sakit ini, mulai dari tumbuh gigi, infeksi telinga, sakit tenggorokan, dan penyakit lainnya.

Cara mengatasi sakit telinga pada anak

Selain mendapat perawatan dari dokter, sakit telinga pada anak juga bisa diredakan dengan melakukan berbagai upaya pengobatan di rumah. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan saat bayi mengalami sakit telinga:

  • Kompres dingin atau hangat

Anda bisa mengompres telinga anak yang terasa sakit, baik dengan kompres dingin maupun kompres hangat. Anda bisa menggunakan kompres dengan menggunakan bantal pemanas atau kain lap yang dibasahi dengan air dingin.

Kompres itu bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada telinga. Metode ini aman juga dilakukan pada anak-anak.

Anda hanya perlu meletakkan kompres di atas telinga. Kompreslah secara bergantian, 10 menit dengan kompres hangat lalu 10 menit dengan kompres dingin.

  • Menggunakan rempah-rempah

Dalam hal ini, rempah-rempah yang bisa membantu dalam mengatasi nyeri di telinga adalah jahe dan bawang putih. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu meredakan nyeri telinga. Sementara, bawang putih memiliki efek antibiotik dan pereda nyeri.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jahe di sekitar liang luar daun telinga anak. Jangan masukkan jahe secara langsung ke dalam telinga.

Jika ingin menggunakan bawang putih, Anda bisa merendam bawang putih lalu menghancurkannya ke dalam minyak wijen hangat. Saring bawah putih lalu oleskan ke saluran telinga anak.

  • Minyak zaitun

Percaya atau tidak, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi sakit telinga pada anak. Penggunaan minyak zaitun ini tergolong sebagai cara pengobatan nyeri secara tradisional.

Anda bisa meneteskan beberapa tetes minyak zaitun hangat ke telinga anak. Sebaiknya, jangan sampai minyak ini benar-benar menetes dan mengalir ke dalam telinga anak.

Akan tetapi, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bagaimana efek minyak zaitun terhadap upaya menghilangkan rasa sakit. Jadi, jika tidak dianjurkan oleh dokter, sebaiknya jangan mencoba-coba menggunakan minyak zaitun pada anak Anda.

  • Obat pereda nyeri

Anda juga bisa memberikan obat pereda nyeri pada anak Anda. Obat pereda nyeri itu dapat berupa obat umum yang bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter.

Obat pereda nyeri ini bisa berupa ibuprofen atau acetaminophen. Obat-obatan ini aman dikonsumsi bersamaan ataupun tidak bersamaan dengan antibiotik.

Akan tetapi, karena anak-anak Anda cenderung masih kecil, sebaiknya berhati-hati dalam memilih obat pereda nyeri. Akan lebih baik kalau Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda sebelum memberikan obat pada anak.

  • Tidur tanpa menekan telinga

Anda bisa memandu anak Anda untuk tidur tanpa memberikan tekanan pada telinga. Caranya dengan tidur ke posisi telinga yang tidak sakit. 

Misalnya, jika sakit terasa pada telinga bagian kanan, maka ubahlah posisi tidur berbaring ke arah kiri. Hal ini membantu aliran di dalam telinga untuk meredakan rasa nyeri. 

Langkah-langkah di atas bisa menjadi bentuk pertolongan pertama untuk mengatasi sakit telinga pada anak. Namun, sebaiknya segera bahwa anak ke dokter apabila sakit tak kunjung mereda.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*