Ini 4 Efek Samping Facial Wajah yang Wajib Diketahui

Setiap orang tentu mendambakan kulit wajah yang sehat, cerah, dan tidak punya kerutan. Banyak cara dilakukan untuk menggapai impian ini mereka pun melakukan banyak perawatan, salah satunya facial wajah. Jenis perawatan ini dapat dilakukan di klinik kecantikan, spa, atau salon.

Facial sangat baik untuk membersihkan wajah secara menyeluruh yang tidak mungkin dilakukan di rumah. Prosedur facial wajah idealnya harus dilakukan di bawah pengawasan dokter estetika atau dokter spesialis kulit. 

Dokter atau ahli estetika akan lebih memahami jenis kulit dan tahu apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. 

Sebenarnya selama memilih produk yang tepat dan dilakukan oleh ahlinya, facial wajah lebih banyak keuntungannya dibanding efek sampingnya. Meski begitu, tak ada salahnya kamu mengetahui berbagai kemungkinan negatif yang dapat terjadi kalau kamu melakukan prosedur ini.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah Anda menjalani facial wajah:

1. Iritasi dan Kulit Kering

Tentu semua orang tahu kalau facial wajah akan menggunakan produk kecantikan berbahan kimia keras. Produk ini bisa saja menyebabkan efek samping berupa kulit iritasi, gatal, dan kering. 

Jika Anda mengalami reaksi kulit tersebut setelah melakukan facial wajah, hindari paparan sinar matahari dan polusi agar tidak memperburuk kondisi kulit. Sebaiknya kamu menggunakan tabir surya untuk mencegah iritasi kulit semakin parah.

2. Membuat Kulit Menjadi Kemerahan 

Facial wajah terkadang dapat membuat kulit wajah menjadi Kemerahan pada kulit wajah atau eritema wajah disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah dan meningkatnya aliran darah menuju kulit wajah.

Sementara edema atau pembengkakan pada wajah setelah facial terjadi akibat penumpukan cairan pada jaringan kulit wajah. Biasanya, kedua efek samping facial wajah ini akan mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

3. Dermatitis  

Dermatitis atau disebut juga eksim merupakan kondisi ketika kulit meradang, gatal, dan muncul bentol-bentol disertai ruam juga merupakan efek samping dari facial wajah yang mungkin akan kamu alami. 

Setelah menjalani facial wajah, Anda berisiko mengalami dermatitis, terlebih jika tipe kulit wajah Anda adalah kulit sensitif. Kondisi ini dapat disebabkan oleh iritasi maupun reaksi alergi terhadap bahan perawatan yang digunakan. 

4. Luka

Salah satu prosedur dari facial wajah adalah mencabut kotoran atau komedo dari pori-pori wajah menggunakan jari tangan maupun alat khusus. Hal ini berisiko menyebabkan kerusakan pada kulit wajah, terutama ketika mencabut komedo terlalu kencang.

Terlebih lagi, mendatangi klinik kecantikan dengan ahli dermatologi yang belum memiliki sertifikat tentu bisa memicu efek samping ini.

Jangan Sembarang Facial

Ini artinya, jangan asal melakukan facial di sembarang tempat. Anda juga bisa memilih facial wajah di tempat terpercaya seperti rumah sakit atau klinik kecantikan.

Sebagai referensi, Anda bisa mendatangi RS Mustika Medika yang menyediakan berbagai paket facial wajah seperti hydra facial. Hydra facial merupakan teknologi kecantikan terbaru yang menggunakan mikrodermabrasi, vacum dan serum. 

Teknologi ini merupakan salah satu treatment perawatan kulit yang lebih efektif dibanding menggunakan skin care dan memberikan perawatan secara optimal tanpa rasa sakit. Anda dapat membelinya secara online di Toko SehatQ. 

Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter untuk meminimalkan efek samping dari facial tersebut. Hal ini bertujuan agar dokter dapat memberikan penanganan yang tepat bila Anda mengalami reaksi efek samping atau tidak cocok dengan produk perawatan yang digunakan selama menjalani facial wajah. 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*