Ini 10 Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip

Berkedip merupakan gerakan normal yang dilakukan untuk melindungi mata dari benda asing seperti debu dan serbuk sari. Selain itu, berkedip juga menjaga mata tetap lembab. Namun, ketika mata sakit saat berkedip, ada kemungkinan mata mengalami masalah. 

Ketika mata sakit saat berkedip ada kemungkinan mata kita mengalami masalah seperti kornea membengkak, mata tidak memperoleh nutrisi, mata kering, dan mata mengalami infeksi. 

Berikut ini 10 penyebab mata sakit saat berkedip yang wajib kamu ketahui. 

Luka

Mata termasuk organ tubuh yang gampang terluka, karena cukup sensitif. Selain karena benda asing yang masuk, mengucek mata terlalu keras juga bisa menyebabkan luka pada mata. Jika luka pada mata tidak segera diatasi, bisa jadi menyebabkan mata sakit saat berkedip.

Konjungtivitis

Kondisi ini terjadi ketika terjadi peradangan pada selaput bening yang menutupi mata di bagian bawah kelopak mata. 

Pembuluh darah bahkan bisa membengkak dan membuat bagian mata jadi merah dan juga perih. Hal ini juga bisa disebabkan karena infeksi atau alergi pada serbuk bunga. 

Bintitan

Bintitan terjadi ketika folikel bulu mata dan kelenjar minyak di kelopak mata terinfeksi, sehingga menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata dan membuat mata sakit saat berkedip. 

Kebanyakan bintitan terjadi karena bakteri seperti staphylococcus aureus yang bisa menular pada orang lain melalui kontak yang dekat. 

Infeksi saluran mata

Saluran mata bisa mengalami infeksi jika ada bakteri yang tersumbat oleh kotoran. Hal ini bisa membuat nyeri pada bagian sudut mata saat kita berkedip. 

Blepharitis

Blepharitis terjadi ketika tepi kelopak mata bagian atas mengalami peradangan, sehingga membuat kelopak mata perih saat kita berkedip. 

Kondisi ini biasanya disebabkan karena bakteri atau kelenjar yang tersumbat. Bisa jadi karena terkena kondisi kulit tertentu seperti dermatitis seboroik. 

Ulkus kornea

Ulkus kornea merupakan luka yang ada di permukaan mata. Hal ini terjadi karena infeksi atau cedera yang dialami. Infeksi di permukaan mata ini membuat mata sakit saat melakukan kedipan. 

Sinusitis

Sinus merupakan rongga kecil di sekitar mata dan hidung. Ketika bagian sinus meradang karena virus bisa menyebabkan nyeri pada mata saat berkedip. Selain itu, hidung juga tersumbat, nyeri pada wajah, sakit kepala, dan seperti sedang flu. 

Neuritis optik

Neuritis optik terjadi saat saraf optik meradang sehingga mengganggu transmisi informasi visual antara mata dan otak. 

Peradangan ini bisa membuat rasa nyeri saat kelopak mata bergerak dan berkedip. Hal ini biasanya juga membuat pandangan jadi kabur dan sulit melihat warna dengan benar. 

Sindrom mata kering

Sindrom mata kering merupakan kondisi dimana produksi mata air jadi terganggu. Hal ini membuat mata jadi kering dan mengalami iritasi. Mata pun jadi terasa nyeri ketika berkedip. 

Penyakit Graves

Penyakit graves merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan tiroid memproduksi antibodi secara berlebihan, sehingga malah menyerang tubuh. 

Hal ini menyebabkan peradangan di sekitar mata yang membuat mata sakit ketika berkedip. Beberapa gejala dari penyakit graves yakni kecemasan, hiperaktif, gatal, perubahan suasana hati, masalah tidur, dan merasa haus terus-menerus. 

Kapan harus ke dokter?

Ketika mata terus sakit saat berkedip tak kunjung mereda selama 48 jam, sebaiknya segera menemui dokter spesialis mata untuk pengobatan lebih lanjut.

Jika kamu mengalami beberapa gejala berat ini, tak perlu menunggu hingga 48 jam untuk menemui dokter. 

  • Rasa sakit yang sudah tidak bisa ditahan
  • Gangguan penglihatan
  • Rasa sakit saat menyentuh mata
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Muncul lingkaran terang di sekitar mata seperti halo
  • Kesulitan untuk menutup kelopak mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*