Hal-Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyebab Telinga Berdenging

Pernahkah Anda merasakan telinga berdenging? Denging yang sering muncul di telinga dan bukan berasal dari faktor eksternal disebut dengan Tinnitus. Kondisi ini sangat umum terjadi dan sering dialami seiring bertambahnya usia.

Biasanya, denging yang muncul di telinga disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang mendasarinya. Contohnya seperti gangguan pada fungsi telinga, cedera telinga, atau adanya masalah pada sistem peredaran darah.

Mengapa telinga berdenging?

Penyebab paling umum dari telinga berdenging adalah kerusakan pada telinga tengah atau bagian dalam. Telinga tengah Anda berfungsi untuk menangkap gelombang suara, kemudian mendorongnya ke telinga bagian dalam.

Nantinya, telinga bagian dalam akan mengirimkan impuls listrik ke otak Anda. Setelah otak menerima sinyal, barulah Anda bisa mengenal suara dan mendengarnya.

Ketika telinga bagian dalam atau telinga bagian tengah mengalami kerusakan, gelombang suara dan sinyal tidak bisa tersampaikan dengan baik ke otak. Hal ini akan mempengaruhi munculnya denging di telinga. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kehilangan pendengaran

Telinga bagian dalam Anda ditumbuh oleh sel rambut kecil dan halus. Sel rambut ini akan bergerak ketika menerima gelombang suara. 

Apabila sel rambut bengkok, patah, atau mengalami kerusakan, gelombang suara tidak bisa tersampaikan dengan baik. Ini tidak hanya akan membuat telinga berdenging, tetapi juga kehilangan kemampuan pendengaran.

  • Paparan suara keras

Ketika Anda sering terpapar oleh suara yang keras terus-menerus, Anda lebih berpotensi mendengar denging di telinga. Contohnya jika Anda sering mendengar musik dengan volume keras di kamar. 

Contoh lainnya juga bisa meliputi tuntutan pekerjaan Anda. Bagi orang yang terbiasa bekerja dengan gergaji mesin atau alat berat lainnya, Anda pasti sering terpapar oleh suara mesin yang keras. Ini juga akan menyebabkan munculnya denging. 

  • Efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat, bila dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa menimbulkan efek samping berupa kerusakan telinga. Hal ini memicu denging di telinga yang mungkin sering Anda dengar. 

Umumnya, semakin tinggi dosis obat yang dikonsumsi, semakin tinggi juga risiko Anda untuk mengalami kondisi ini. Beberapa jenis obat yang bisa menimbulkan efek samping ini adalah obat kanker, antibiotik, aspirin, obat diuretik, antidepresan, dan lain sebagainya.

  • Infeksi atau penyumbatan

Terkadang, Anda juga bisa mengalami gangguan berupa infeksi di telinga atau penyumbatan pada saluran telinga. Sumbatan akan memberikan tekanan pada fungsi telinga, membuat Anda mengalami telinga berdenging.

Ada beberapa hal yang bisa memicu penyumbatan saluran telinga. Beberapa di antaranya adalah penumpukan cairan, penumpukan kotoran, adanya benda asing yang masuk ke telinga, dan lain sebagainya. 

  • Cedera kepala atau leher

Fungsi telinga Anda berkaitan erat dengan kepala dan leher Anda. Ketika Anda mengalami cedera di kepala atau leher, fungsi telinga Anda bisa ikut terdampak, membuat Anda mendengar denging di telinga.

Kepala atau leher yang mengalami trauma akibat cedera akan mempengaruhi fungsi telinga bagian dalam, saraf pendengaran, serta fungsi otak lainnya yang berhubungan dengan telinga. 

Apabila Anda mengalami cedera kepala atau leher, denging mungkin hanya akan Anda rasakan di salah satu telinga saja. 

Itulah beberapa hal yang menyebabkan telinga berdenging. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui upaya pengobatan yang paling tepat berdasarkan faktor penyebabnya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*