Gunakan Lidah Buaya untuk Jerawat yang Mengganggu

Gunakan Lidah Buaya untuk Jerawat yang Mengganggu

Lidah buaya, atau dikenal pula dengan sebutan aloe vera, merupakan sebuah tanaman dari keluarga sukulen. Tanaman ini tumbuh di alam liar, dan memiliki daun bergerigi tajam yang tebal. Gel bening yang ada di dalam daun lidah buaya biasanya digunakan secara topikal untuk menenangkan kulit yang terbakar atau iritasi, bahkan beberapa orang menggunakan lidah buaya untuk jerawat. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh lidah buaya mungkin menjadi rahasia mengapa sangat efektif untuk menggunakan lidah buaya untuk jerawat. Ada pula anggapan yang menyatakan bahwa mengonsumsi lidah buaya bermanfaat untuk menghidrasi dan memulihkan kulit dari dalam, namun bukti dari klaim tersebut masih sangat kurang dan terbatas. 

Lidah buaya untuk jerawat telah diuji dan dengan hasil yang menjanjikan. Apabila jerawat Anda bersifat ringan atau sedang dan Anda sedang mencari cara alami yang lembut untuk menenangkan kulit, cobalah home remedies lidah buaya seperti berikut ini:

  • Menggunakan lidah buaya murni secara topikal

Anda bisa mendapatkan hasil yang dicari menggunakan lidah buaya untuk jerawat itu sendiri. Seperti yang kita tahu, lidah buaya memiliki sifat anti peradangan, antibakteri, dan antioksidan. Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk membersihkan luka, menghilangkan rasa nyeri, dan menyembuhkan luka bakar. Sedikit orang alergi terhadap lidah buaya, dan mengoleskannya ke kulit memiliki risiko yang sangat kecil (selama Anda tidak memiliki alergi terhadap tanaman ini). Anda bisa membeli produk lidah buaya murni dan mengusapkannya ke wajah sebagai pengganti cleanser. Anda akan meningkatkan aliran darah di wajah dan membunuh bakteri berbahaya. Anda juga dapat mengoleskannya pada jerawat, mendiamkannya semalaman, dan cuci muka di pagi hari untuk mengurangi kemerahan dan iritasi. 

  • Masker wajah lidah buaya, madu, dan kayu manis

Lidah buaya untuk jerawat memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengontrol dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Dua bahan lain yang telah diteliti dan diketahui memiliki efek yang sama adalah madu dan kayu manis. Dengan mengkombinasikan ketiganya, Anda bisa meningkatkan keefektifan bahan-bahan alami tersebut. Mulailah dengan mencampurkan dua sendok makan madu murni dengan 1 sendok makan lidah buaya. Campuran harus mudah untuk dioleskan, dan tidak terlalu encer. Setelah itu, tambahkan seperempat sendok makan kayu manis bubuk. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Bilas menggunakan air hingga bersih. 

  • Masker wajah lemon dan lidah buaya

Masker wajah yang terbuat dari lidah buaya dan sari lemon akan membuat wajah Anda segar dengan pori-pori yang bersih. Selain itu, masker ini juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat mengganggu. Beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa asam buah, yang banyak terkandung di dalam sari lemon, efektif sebagai pembersih dalam merawat jerawat. Untuk masker ini, gunakan lidah buaya untuk jerawat murni sebagai dasarnya, dan tambahkan seperempat sendok teh sari lemon ke dalam 2 sendok makan lidah buaya. Jika Anda membutuhkan masker dalam jumlah banyak, pastikan rasio lidah buaya dan sari lemon adalah 8 banding 1, sehingga masker tidak akan mengiritasi kulit dengan keasaman buah sitrus. Diamkan campuran tersebut selama 5 hingga 10 menit sebelum membilasnya. 

Masker wajah lidah buaya untuk jerawat merupakan alternatif alami untuk mengatasi jerawat ringan dan sedang. Lakukan hal-hal tersebut di atas hingga jerawat Anda hilang. Penting untuk diingat bahwa lidah buaya, atau beberapa bahan lain yang disebutkan di atas, dapat menyebabkan alergi bagi beberapa orang. Pastikan Anda tidak memiliki alergi khusus sebelum mencobanya.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*