Glomerulonefritis Akut, Apa Penyebab dan Gejalanya?

glomerulonefritis akut

Glomerulus adalah struktur di dalam ginjal yang memiliki fungsi berupa menyaring darah serta membuang komponen yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Komponen yang dibuang tersebut berupa zat elektrolit, cairan berlebih, serta zat lain melalui urine. Peradangan mungkin terjadi pada glomerulus dan memberikan efek buruk bagi tubuh. Peradangan yang terjadi pada glomerulus disebut sebagai glomerulonefritis akut. Kondisi ini dapat menyebabkan ginjal berhenti bekerja. Pada tahapan berikutnya, glomerulonefritis dapat memicu terjadinya gagal ginjal.

Penyebab glomerulonefritis akut

Penyebab terjadinya glomerulonefritis akut bisa bermacam-macam. Akan tetapi, kondisi ini sering kali terjadi akibat infeksi bakteri Streptococcus pada tenggorokan. Penyakit glomerulonefritis akut kemudian muncul akibat respon berlebihan kekebalan tubuh pada infeksi yang terjadi. Selain itu, beberapa kondisi lain juga bisa menyebabkan terjadinya glomerulonefritis akut seperti:

  • Amiloidosis

Penyakit amiloidosis ini merupakan tumpukan kerusakan pada jaringan dan organ tubuh karena protein abnormal.

  • Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan glomerulonefritis akut. Beberapa jenis penyakit autoimun yaitu systemic lupus erythematosus, Goof pasture syndrome, dan HIV.

  • Granulomatosis

Penyakit granulomatosis merupakan peradangan pembuluh darah dan merupakan penyakit langka yang bisa menyebabkan terjadinya glomerulonefritis akut.

Gejala glomerulonefritis akut

Penderita glomerulonefritis akut akan menunjukkan beberapa gejala seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Intensitas buang air kecil yang menurun dibandingkan biasanya
  • Urine berbusa karena proteinuria (kelebihan protein)
  • Urine berwarna gelap atau mengandung darah
  • Pembengkakan karena edema (penumpukan cairan) di area wajah, perut, tangan, atau kaki
  • Batuk karena adanya kelebihan cairan di paru-paru

Cara mengobati glomerulonefritis akut

Penderita glomerulonefritis akut dapat melakukan pengobatan tertentu untuk kesembuhan. Pengobatan bisa berbeda tergantung dari penyebab glomerulonefritis akut yang dialami. Berikut ini beberapa cara mengobati glomerulonefritis akut.

  • Mengendalikan tekanan darah tinggi

Penyakit glomerulonefritis akut yang disebabkan oleh hipertensi bisa diatasi dengan mengontrol tekanan darah di tubuh. Pengendalian tekanan darah tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan obat seperti lisinopril, captopril, dan perindopril.

  • Mengurangi peradangan

Peradangan pada glomerulus dapat dikurangi dengan proses berupa pasmaferesis. Pada proses ini plasma darah akan dihilangkan dan diganti dengan cairan yang tidak mengandung antibodi. Proses dilakukan dengan memasukkan cairan melalui infus ke dalam pembuluh darah.

  • Mengatasi gagal ginjal

Penderita glomerulonefritis akut bisa menyebabkan gagal ginjal. Apabila hal tersebut terjadi, maka penderita perlu melakukan cuci darah hingga transplantasi ginjal sebagai langkah pengobatan.

Cara mencegah glomerulonefritis akut

Untuk melakukan pencegahan terhadap glomerulonefritis akut maka perlu dilakukan pencegahan terhadap penyebabnya. Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya glomerulonefritis akut.

  • Mengendalikan gula darah

Mencegah diabetes perlu dilakukan jika ingin terhindar dari glomerulonefritis akut. Upaya yang dapat dilakukan adalah mengendalikan gula darah pada tubuh.

  • Perilaku hidup sehat

Perilaku hidup sehat merupakan upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit termasuk glomerulonefritis akut. Pastikan Anda istirahat dengan cukup, rutin berolahraga, serta menjaga pola makan.

  • Mencegah berbagai infeksi

Anda juga perlu melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi virus yang menyebabkan penyakit autoimun. Selain itu, apabila Anda terinfeksi bakteri Strepococcus di tenggorokan maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Hubungan seksual aman

Saat berhubungan seksual sebaiknya Anda menggunakan kondom dan menghindari berganti-ganti pasangan seksual.

Apabila Anda mengalami berbagai gejala glomerulonefritis akut , maka segera periksa ke dokter. Konsultasi dengan dokter diperlukan guna memastikan penyebab terjadinya glomerulonefritis akut. Dengan begitu, pengobatan dapat dilakukan dengan menyesuaikan penyebab glomerulonefritis akut yang dialami. Konsultasi dengan dokter juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*