Dari 5 Jenis yang Ada, Mana Hepatitis yang Berbahaya?

Dari 5 Jenis yang Ada, Mana Hepatitis yang Berbahaya?

Hepatitis adalah penyakit yang mengganggu fungsi hati karena peradangan. Biasanya hepatitis menjadi salah satu penyebab kanker hati. Penyakit ini ada 5 tipe, yaitu A, B, C, D, dan E. Dari kelima tipe tersebut, manakah hepatitis yang berbahaya?

Perlu diketahui bahwa hepatitis yang berbahaya adalah jenis dari kronis hepatitis C. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, jenis hepatitis ini juga bisa mengancam nyawa, lho. 

Hepatitis C ini bisa menyebabkan penyakit liver kronis. Virus memang berkembang secara perlahan di dalam tubuh, tapi akan menyebabkan kerusakan signifikan di hati.

Mengenal Tipe Hepatitis

Seperti yang dijelaskan bahwa hepatitis memiliki 5 tipe. Tipe-tipe ini adalah kondisi peradangan yang terjadi pada hati seseorang. 

Ada 5 tipe hepatitis berdasarkan virus pemicunya, yaitu:

  1. Hepatitis A

Hepatitis A adalah salah satu tipe yang paling umum terjadi. Biasanya penyakit ini bisa sembuh dalam jangka pendek dan bersifat sebagai penyakit akut. Hepatitis A ini biasanya disebabkan oleh Hepatitis A Virus (HAV). Penularannya terjadi karena pasien mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus HAV ini. Hepatitis jenis ini bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi.

  1. Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan oleh adanya infeksi Hepatitis B Virus (HBV). Jenis hepatitis ini berpotensi menyebabkan munculnya kanker hati dan sirosis hati yang dapat berujung pada kematian. 

Penularan hepatitis B ini bisa terjadi saat terjadi kontak cairan dengan tubuh pasien yang terkena hepatitis B, seperti melalui darah, semen, atau cairan vagina yang terkontaminasi HBV. Apalagi jika menggunakan jarum suntik bersama-sama secara bergantian, berbagi alat cukur, hingga berhubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi Hepatitis B.

  1. Hepatitis C

Jenis hepatitis yang berbahaya adalah hepatitis C. Sama seperti namanya, jenis ini disebabkan oleh infeksi hepatitis C virus (HCV) yang terjadi saat kontak langsung dengan cairan tubuh pasien. Apalagi jika berbagi jarum suntik dan berhubungan seksual dengan penderita.

Akan tetapi, umumnya penularan terjadi lewat kontak cairan darah. Infeksi hepatitis C ini sifatnya kronis dan kemungkinan sembuh dalam jangka pendek sangat rendah bahkan berisiko menyebabkan kematian. Hingga kini pun belum ditemukan vaksin yang ampuh untuk menangkal virus ini.

  1. Hepatitis D

Jenis ini termasuk hepatitis yang langka terjadi dan ada kaitannya dengan infeksi hepatitis B. Hepatitis D disebabkan oleh infeksi Hepatitis D virus (HDV) yang menular ketika terjadi kontak langsung dengan cairan yang terkontaminasi HDV, seperti kontak darah dengan pasien hepatitis D.

Hepatitis D hanya berkembang jika seseorang mengidap hepatitis B. Sehingga untuk mencegah penyakit ini, seseorang bisa melakukan vaksinasi hepatitis B.

  1. Hepatitis E

Jenis hepatitis E adalah penyakit yang ditularkan melalui infeksi virus Hepatitis E (HEV) yang menular lewat air. Biasanya penderita hepatitis E ini tinggal di wilayah yang memiliki sanitasi yang buruk. Seseorang yang mengonsumsi air yang terkontaminasi feses pasien hepatitis E, maka bisa ikut terinfeksi virus HEV ini.

Jenis hepatitis yang paling berbahaya memang hepatitis C. Namun, Anda tidak bisa menyepelekan jenis hepatitis A dan B. Meskipun hepatitis A bisa sembuh dalam beberapa bulan.

Orang yang terkena hepatitis A biasanya akan menunjukkan gejala seperti demam tinggi dan lebih parah jika dialami oleh anak-anak.

Sedangkan hepatitis B, peluang kesembuhannya lebih besar yakni sekitar 85 persen. Hanya saja kemungkinan 15 persennya masih bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti sirosis atau kanker hati.

Hepatitis D juga bisa berbahaya meskipun langka. Sehingga tidak ada yang bisa Anda sepelekan jika terinfeksi hepatitis. Meskipun jenis hepatitis yang berbahaya atau tidak. Tetap tidak ada yang boleh disepelekan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*